Pengertian Makalah dan Sistematikanya: Ciri-Ciri serta Manfaat

Artikel tentang pengertian makalah yang dilengkapi dengan jenis-jenis, manfaat, dan sistematika penulisan makalah secara umum. Bagi kalian yang selalu diberikan tugas membuat sebuah makalah di sekolah atau di kampus, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis karya tulis ini. Tapi apakah kalian sudah mengetahui dengan benar arti makalah dan bagaimana cara atau sistematika penulisannya?

Definisi Makalah

Pengertian makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang membahas tema tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup permasalahan. Bisa juga arti makalah yaitu sebagai karya tulis yang membahas suatu permasalahan hasil dari kajian pustaka atau kajian di lapangan.

Makalah umumnya selalu membahas permasalahan dengan cara menganalisis dengan objektif dan biasanya makalah selalu di buat oleh para pelajar atau mahasiswa di dalam pendidikan sebagai salah satu jenis tugasnya.

pengertian makalah
pixabay.com

Ciri-Ciri Makalah

Adapun ciri-ciri dari makalah yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi.
  • Mendemostrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan tentang pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  • Dan untuk mendemontrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Jenis-Jenis Makalah

Setelah membahasa pengertian makalah dan cirinya, adapun bedasarkan sifatnya makalah di bagi menjadi 3 tiga jenis:

1. Makalah induktif

Merupakan makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan data-data empiris yang sifatnya objektif, berdasarkan apa yang sudah didapatkan di lapangan dan tetap relevan dengan permasalahan yang dibahas.

2. Makalah deduktif

Merupakan makalah yang didasarkan pada kajian-kajian yang teoritis dan juga relevan dengan permasalahan yang dibahasnya.

3. Makalah campuran

Merupakan makalah gabungan antara makalah induktif dan deduktif. Jadi makalah ini ditulis berdasarkan kajian-kajian teoritis dan data-data empiris. Adapun beberapa jenis makalah campuran diantaranya seperti:

a. Makalah ilmiah

Merupakan makalah yang membahas permasalahan hasil dari studi ilmiah dan biasanya isi makalah ini berdasarkan pendapat penulis yang bersifat subjektif.

BACA: Pengertian Metode Ilmiah dan Langkah-Langkahnya

b. Makalah kerja

Merupakan makalah yang bisanya ditulis berdasarkan dari suatu penelitian dan dapat memungkinkan penulis makalah akan berargumentasi dari masalah yang dibahas yang didapatkannya dari proses penelitian, sehingga pendapat atau opininya slalu bersifat subjektif.

c. Makalah kajian

Merupakan makalah yang ditulis sebagai sarana untuk memecahkan suatu permasalahan yang sifatnya kontroversial (yang dapat menimbulkan perdebatan).

d. Makalah tanggapan

Merupakan makalah yang biasanya ditulis sebagai reaksi terhadap suatu bacaan dan biasanya makalah ini sering ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas kuliahnya.

e. Makalah posisi

Makalah yang ditulis atas permintaan dari suatu pihak, yang biasanya berfungsi sebagai alternatif pemecahan permasalahan yang kontroversial dan juga prosedur-prosedur penulisan dari makalah ini dilakukan secara ilmiah.

f. Makalah analisis

Makalah analisis adalah jenis makalah yang di susun secara objektif dan juga empiris, dimana isinya berasal dari hasil observasi atau suatu percobaan.

Tahapan-Tahapan Menyusun atau Menulis Makalah

1. Persiapan

Mengumpulkan dan membaca buku atau artikel untuk memilih dan menentukan tema. Membaca materi-materi untuk memperluas ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan tema yang sudah di pilih dan kerangka makalah akan dikembangkan.

2. Penulisan

Mengembangkan kerangka makalah yang sudah di buat menjadi sebuah makalah, isinya berupa hasil dari penelitian atau inti pembahasan.

3. Revisi atau pemeriksaan

Melakukan pemeriksaan terhadap isi makalah dan penggunaan kata, kalimat, tanda baca, dan lain-lain. Revisi dan pemeriksaan dilakukan supaya isi makalah isinya mudah di pahami pembaca dan terhindar dari kesalahan.

cara menulis makalah
pixabay.com

Sistematika Penulisan Makalah

1. Cover (Sampul)

Pada bagian ini biasanya terdiri dari judul, logo (logo perusahaan, sekolah atau kampus) data penulis, jurusan, fakultas, kota perusahaan atau kampus dan tahun dibutnya makalah tersebut.

2. Kata Pengantar

Pada bagian ini biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Tuhan atau Allah SWT. Kata pengantar dapat berupa gambaran sedikit mengenai makalah, ungkapan rasa terimakasih kepada berbagai pihak dan biasanya diakhiri harapan penuis mengenai makalah yang ditulisnya.

3. Daftar Isi

Pada bagian ini merupakan daftar dari halaman judul-judul atau bab-bab pada makalah, daftar isi memudahkan pembaca dalam memahami struktur isi makalah.

4. Bab I Pendahuluan

Pada bagian ini umumnya berisi tentang pendahluan tentang gambaran secara umum makalah yang ditulis, mengenai permasalahan yang dibahas, serta latar yang membelakangi mengapa mengambil atau menentukan tema tersebut. Umumnya pada BAB I PENDAHULUAN ini memiliki struktur sebagai berikut:

  • Latar belakang, yaitu merupakan latar yang membelakangi kenapa mengambil tema tersebut yang dimulai dari pembahasan umum hingga ke pembahasan khusus.
  • Rumusan masalah, yaitu rumusan-rumusan mengenai masalah apa yang dibahas pada makalah yang disusun.
  • Maksud dan Tujuan, yaitu maksud maupun tujuan mengapa makalah tersebut disusun.

5. Bab II Pembahasan

Lalu pada bagian ini penulis harus membahas permasalahan secara tuntas seperti yang ditulis pada BAB I PENDAHULUAN. Dapat dibilang pada bagian ini merupakan isi yang sebenarnya dari makalah. Dalam pembahasannya harus memperkuat dengan fakta-fakta sehingga tulisan pada makalah dapat dipercaya kebenarannya. Dilengkapi juga dengan teori maupun kajian dari refrensi para penulis buku, junal dll. yang nantinya dapat mendukung gagasan yang disampaikan dalam isi makalah.

6. Bab III Penutup

Sedangkan pada bagian ini biasanya penulis akan membuat kesimpulan dari isi atau pembahasan yang sudah dilakukan pada bagian BAB II PEMBAHASAN dan biasanya juga dilengkapi dengan saran.

7. Daftar Pustaka

Bagian ini berisi daftar sumber bacaan atau refrensi yang diambil oleh penulis untuk menyusun makalahnya. Biasanya refrensi tersebut diambil dari buku, jurnal, internet dan lain-lain. Tentunya cara penulisan dafar pustaka tidak sembarangan tapi ada aturannya.

BACA: Pengertian Daftar Pustaka dan Cara Penulisannya

8. Lampiran

Bagian terakhir yaitu lampiran, merupakan lampiran data-data pendukung dalam menyusun makalah. Dapat berupa hasil bimbingan, foto kegiatan di lapangan, dan lain-lain. Bagian ini tidak selalu diwajibkan untuk dicantumkan.

Manfaat Makalah

Beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dalam menyusun suatu makalah:

  • Kita dapat belajar untuk memahami masalah yang ada dan mencari solusinya.
  • Dapat membuka pikiran untuk memahami permasalahan yang akan di carikan solusinya.
  • Dapat menerapkan wawasan atau ilmu pengetahuan yang sudah di pelajari untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan.

Mungkin hanya itulah artikel yang berjudul tentang pengertian makalah, semoga dapat dipahami dan bermanfaat dalam menambah wawasan, cukup Sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: