Pengertian Kesempatan Kerja dan Contohnya

Bagi kalian yang ingin mempelajari tentang pengertian kesempatan kerja, contoh, dan jenis-jenisnya, kalian tepat sekali telah membuka artikel ini, karena di artikel ini kita akan memberikan penjelasan lengkap tentang kesempatan kerja.

A. Apakah Pengertian Kesempatan Kerja ?

Kesempatan kerja adalah keadaan yang menggambarkan ketersediaan lapangan kerja untuk para pencari kerja. Jadi kesempatan kerja merupakan jumlah lapangan kerja yang tersedia untuk orang-orang yang sedang mencari kerja. Atau dapat juga dikatakan ketersediaan lapangan kerja untuk yang memerlukan pekerjaan.

Secara umum kesempatan kerja merupakan keadaan yang menggambarkkan seberapa jumlah total dari angkatan kerja yang mampu diserap serta ikut aktif dalam perekonomian. Kesempatan kerja juga dapat dikatakan sebagai jumlah penduduk yang sedang bekerja ataupun yang mendapatkan pekerjaan, jika semakin banyak orang yang bekerja makan kesempatan kerjanya cukup luas atau banyak.

pengertian kesempatan kerja
sumber: pixabay.com

Dapat dibilang kesepmatan kerja sangat erat kaitannya dengan kemampuan pemerintah untuk menciptakan investasi yang aman dan nyaman serta kualitas dari seumber daya manusia dalam membuat lapangan kerja. Peningkatan pada bidang investasi dapat memperluas lapangan kerja sehingga lapangan kerja menjadi lebih banyak, sebab jika investasi meningkat maka akan meningkatkan jumlah produksi barang maupun jasa.

Jadi dengan lapangan kerja yang luas maka akan menyerap sumber daya manusia yang membutuhkan pekerjaan lebih banyak lagi. Jika jumlah dari kesempatan kerja dan angkatan kerja seimbang maka akan menurunkan jumlah pengangguran.

Baca Juga: Pengertian Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja.

Baca Juga: Pengertian Karir dan Contohnya.

B. Jenis-Jenis Kesempatan Kerja dan Contohnya

Kesempatan kerja dapat menjadi suatu partisipasi seseorang dalam artian memikul beban pembangunan maupun dalam menerima kembali hasi dari pembangunan tersebut. Kesempatan kerja dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam, diantaranya sebagi berikut ini:

1. Kesempatan kerja permanen.

Merupakan kesempatan kerja yang memungkinkan orang yang bekerja secara terus menerus sampai pensiun atau sampai tidak lagi mampu untuk bekerja, misalnya seperti seseorang yang bekerja di instansi pemerintahan atau di instansi swasta yang dimana memiliki jaminan sosial hingga tua. Contohnya seperti: PNS, Polri, TNI dan lain-lain.

2. Kesempatan kerja temporer.

Merupakan kesempatan kerja yang memungkinkan orang yang bekerja dalam waktu yang singkat, lalu menganggur dan mencari pekerjaan yang baru lagi. Contohnya seperti: pegawai swasta yang dimana pekerjaannya tergantung pesanan, atau pegawai pabrik yang terikat oleh kontrak dengan jangka waktu tertentu untuk bekerja.

C. Informasi Yang Perlu di Perhatikan Untuk Para Pencari Pekerjaan

Adapun beberapa informasi yang perlu di perhatikan oleh para pencari kerja, diantaranya kriteria-kriteria yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan pada suatu perusahaan:

1. Jenis usaha dan gambaran dari perusahaan serta dari mana lowongan keja itu ada.

Perusahaan tersebut melakukan jenis usaha apa, bagi para pencari kerja harus memperhatikan gambaran kegiatan ari perusahaan yang dicarinya. Misalnya seperti perusahaan yang bergerak pada bidang produksi barang, produksi jasa, distribusi dan lain-lain.

2. Apakah cocok dengan pendidikan atau latar belakang para pencari kerja.

Pekerjaan yang dicari usahakan harus sesuai dengan pendidikan, kemampuan atau latar belakang para pencari kerja karena pekerjaan yang cocok dapat berpengaruh pada produktivitas kerja.

3. Lingkungan kerja.

Para pekerja harus mencari lingkungan kerja yang sesuai dengan pendidikan, kepribadian, dan sikap yang dimanan nantinya akan berpengaruh pada produktivitas kerja.

4. Tingkatan gaji atau upah kerja.

Gaji atau upah kerja harus yang sesuai dengan pengorbanan yang sudah diberikan para pekerja. Standar gaji atau upah minimum harus sesuai karena berkaitan dengan kelangsungan hidup para pekerja.

5. Masa depan perusahaan.

Masa depan perusahaan juga harus di perhatikan oleh para pencari kerja, karena prospek masa depan perusahaan sangat penting untuk para pekerja nantinya. Para pekerja bekerja bukan hanya untuk jangka pendek tapi untuk jangka panjang.

6. Keuntungan lainnya.

Dan yang tidak kalah penting lainnya, para pencari kerja harus memperhatikan keuntungan lain yang didapatkan dari perusahaan tersebut misalnya seperti bonus, asuransi dan lain-lain.

Sekian artikel tentang pengertian kesempatan kerja, dan semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman kepada kalian, jika ada kesalahan mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: