Pengertian Ketahanan Nasional Secara Ringkas Dan Jelas

Pembahasan tentang pengertian ketahanan nasional, asas, sifat, dan cara-cara menjaganya – ketahanan nasional sangat penting untuk suatu negara khususnya Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini mari kita pelajari bersama-sama.

A. Apa Pengertian Ketahanan Nasional ?

Yang dimaksud dengan ketahanan nasional adalah keuletan dan ketangguhan yang dapat mengembangkan ketahanan atau kekuatan nasional dalam menghadapi berbagai macam hambatan, tantangan dan ancaman yang berasal dari luar maupun dari dalam.

Atau definisi dari ketahanan nasional yaitu kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan maupun dibina secara berkelanjutan. Hal tersebut dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan juga negara dengan keuletan serta ketangguhan sehingga mampu mengembangkan kekuatan nasional.

Ketahanan nasional sangatlah penting bagi suatu bangsa dan negara khususnya negara kita Indonesia. Karena setiap bangsa memiliki cita-citanya masing-masing. Dalam prosesnya pasti suatu bangsa akan mengahadapi berbagai macam persoalan, tantangan dan hambatan yang perlu diatasi. Jadi suatu bangsa harus memiliki keuletan, kekuatan dan ketangguhan untuk menghadapinya.

pengertian ketahanan nasional
sumber: pixabay.com

B. Asas Ketahanan Nasional Negara Indonesia

Asas ketahanan nasional Indonesia yaitu tata laku yang didasari dengan nilai-nilai hukum, tersusun di dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan wawasan nasional. Yang penjelasannya dibawah ini:

1. Asas kesejahteraan & keamanan.

Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan akan tetapi tidak dapat dipisahkan. Kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan masyarakat yang mendasar dan esensial, baik itu secara perorangan maupun kelompok di dalam kehidupan yang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu kesejahteraan dan keamanan keduanya harus sama-sama tidak boleh diabaikan, karena merupakan parameter tingkat dari ketahanan nasional bangsa dan negara.

2. Asas komprehensif integral / menyeluruh terpadu.

Jadi ketahanan nasional mencakup ketahanan semua aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, terpadu, serasi dan selaras dari semua aspek dalam kehidupan yang bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Asas mawas ke dalam & mawas ke luar.

Ketahanan nasional sudah pasti akan berinteraksi dengan lingkungan eksternal atau luar. Sehingga pada proses interaksi ini akan menimbulkan dampak yang baik dan dampak yang tidak baik bagi kehidupan bangsa, jadi diperlukan sikap mawas ke dalam dan keluar. Mawas ke dalam tujuannya untuk menumbuhkan hakikat, sifat maupun kondisi kehidupan nasional. Sedangkan mawas ke luar bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus berperan dalam menghadapi dan mengatasi dampak yang berasal dari luar negri.

4. Asas kekeluargaan.

Asas kekeluargaan di dalamnya mengandung keadilan, kebersamaan, kearifan, kesamaan, gotong-rotong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan yang bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

C. Sifat Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional memiliki sifat yang berasal dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan juga asas-asasnya, yang diantaranya:

1. Mandiri.

Kemandirian menjadi salah satu syarat supaya dapat menjalin kerja sama dengan negara-negara lain. Tujuannya supaya bisa mendapatkan hal-hal yang dianggap saling menguntungkan satu sama-lain di dalam perkembangan global.

2. Dinamis.

Sesuatu yang ada di dunia selalau berubah-ubah, jadi ketahanan nasional-pun tidak tetap tapi dapat berubah-ubah bisa meningkat maupun menurun. Oleh sebab itu usaha untuk meningkatkan ketahanan nasional harus selalau diutamakan, dengan tujuan untuk mengembangkan kondisi kehidupan nasional supaya lebih baik lagi.

3. Wibawa.

Semakin tinggi tingkat ketahanan nasional, maka akan semakin tinggi juga kewibawaan nasional. Sehingga akan semakin tinggi daya tangkal yang dimiliki bangsa Indonesia terhadap dampak negatif yang berasal dari dalam negri maupun dari luar negri.

4. Konsultasi & kerjasama.

Konsep ketahanan nasional memiliki sikap yang konsultatif, kerjasama, saling menghargai, saling menghormati dan mengandalkan pada kekuatan moral maupun pada kepribadian bangsa.

Baca Juga: Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial.

Baca Juga: Pengertian Negara dan Unsur-Unsurnya.

D. Menjaga Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional dipengaruhi oleh kestabilan bidang ekonomi, sosial-budaya, politik maupun keamanan nasional. Kestabilan dan kekuatan perekonomian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ketahanan nasional. Kekuatan pada bidang perekonomian dapat terbentuk dengan adanya sistem maupun pelaksanaan yang baik, pada sektor moneter dan riil dalam bentuk kebijakan yang dapat membangun. Tingkat pendidikan pada masyarakat-pun sangat diperlukan untuk kekuatan perekonomian. Karena pendidikan pada masyarakat dapat mencerdaskan bangsa, oleh karena itu pendidikan merupakan salah satu faktor yang penting supaya masyarakat memiliki daya tahan dalam menghadapi setiap permasalahan dan memiliki kemampuan untuk slalu berusaha kita menghadapihambatan dan tantangan.

Kestabilan politik sangat dibutuhkan untuk menciptakan ketahanan nasional. Oleh sebab itu dukungan yang kuat dari pemerintah, pemerintah yang bersih dan demokrasi yang sehat sangat diperlukan untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Lalu sistem pertahanan dan keamanan nasional yang kuat, dijalankan dengan baik dan benar dengan keberpihakan pada kepentingan seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk memberi rasa aman, sehingga masyarakat dapat menjalankan kegiatan ekonomi yang nantinya dapat mewujudkan ketahanan nasional.

Dan dengan ideologi yang jelas dan kuat, maka bangsa akan memiliki tujuan yang sama dalam menjaga ketahanan nasional. Ideologi yang dimaksud disini yaitu ideologi Pancasila.

Demikian tulisan tentang pengertian ketahanan nasional, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat. Jika kamu menemukan kesalahan dalam tulisan ini mohon dimaafkan dan kami ucapkan banyak terimakasih karena sudah membaca tulisan ini.

Bagikan Ke: