Pengertian Kantor Dan Fungsinya Secara Umum

Mari kita pelajari bersama-sama tentang pengertian kantor, fungsi, unsur-unsur, dan ciri-cirinya secara umum di ringkasan artikel ini – Saat ini siapa sih… yang tidak mengenal istilah Kantor. Dari masyarakat kalangan bawah samapai kalangan atas mereka pasti banyak sudah mengenal atau mengetahui istilah ini. Akan tetapi mungkin masih ada beberapa diantara teman-teman yang tidak mengetahui apa itu definisi kantor yang sebenarnya dan juga fungsinya. Untuk itu bagi teman-teman yang belum atau kurang mengetahui apa itu kantor kami akan memberikan penjelasannya.

A. Penjelasan Kantor 

Apa pengertian kantor ? Yang dimaksud dengan Kantor adalah jika secara etimologis istilah Kantor berasal dari bahasa Belanda yaitu Kantoor yang artinya ruangan tempat bekerja, tempat instansi dan lain-lain. Lalu jika dalam bahasa Inggris berasal dari kata Office yang artinya tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja ataupun posisi. Pengertian tentang kantor dibagi kedalam dua bagian yang diantaranya arti secara dinamis dan secara statis.

Arti kantor secara dinamis yaitu merupakan proses-proses dalam penyelenggaraan kegiatan seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan maupun pendistribusian data. Jadi jika dalam arti sempit imerupakan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan administrasi atau tata usaha.

pengertian kantor
sumber: pixabay.com

Sedangkan arti kantor secara statis yaitu merupakan tempat kerja, kamar kerja, ruang kerja, biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data.

Dari penjelasan-penjelasan di atas tersebut, jadi kantor dapat diartikan sebagai bagian organisasi yang menjadi pusat bagi kegiatan administrasi dan pengendalian kegiatan pengolahan data atau informasi.

Tujuan kantor yaitu untuk memberikan sistem pelayanan yang berupa komunikasi dan penyimpanan data serta tempat berkumpulnya orang-orang yang mengerjakan sesuatu untuk mencapai target atau tujuan yang telah di tentukan sebelumnya.

Sedangkan Fungsi Kantor diantaranya yaitu untuk menerima informasi, merekam informasi, mengatur informasi, memberikan informasi dan untuk melindungi aset atau harta.

B. Unsur-Unsur Kantor

Adapun unsur-unsur dari kantor, yang diantaranya terdiri dari:

  • Gedung yang terdiri dari bangunan, ruangan-ruangan dan juga perlengkapan lainnya.
  • Personil yang diantaranya terdiri dari seluruh orang yang ada hubungannya dengan organisasi yang terdapat di kantor, misalnya seperti: pimpinan, karyawan dan lain-lain.
  • Peralatan yang terdiri dari alat atau mesin-mesin yang ada di kantor.

Baca Juga: Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya.

Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran.

C. Beberapa Ciri-Ciri Kantor

Adapun ciri-ciri dari kantor, yang diantaranya terdiri dari:

  • Sebagai alat untuk menyambung pancaindra dan juga ingatan pimpinan organisasi.
  • Membantu pimpinan dalam merumuskan pekerjaan, metode kerja maupun penyederhanaan sistem manajemen.
  • Membantu administrasi atau tata usaha dalam mencapai targetnya.

Hanya itulah penjelasan tentang pengertian kantor yang dilengkapi dengan fungsinya. Jika menurut teman-teman masih terdapat kekurangan pada artikel ini, tambahkan atau lengkapi saja oleh teman-teman sendiri dan semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat bagi yang telah membacanya…

Bagikan Ke: