Pengertian Fotosintesis dan Prosesnya: Manfaat serta Reaksi Kimia

Mempelajari tentang pengertian fotosintesis, proses fotosintesis, manfaatnya, dan reaksi kimianya pada tumbuhan hijau. Tumbuhan itu tidak berpindah tempat, tumbuhan hijau bisa memproduksi makanannya sendiri jadi dapat disebut sebagai produsen dan selalu menggantungkan diri terhadap apa yang didapatkannya dari lingkungan tempat dia tumbuh.

Tumbuhan menproduksi makanannya dengan cara berfotosintesis. Melakukan proses Fotosintesis merupakan fungsi utama dari daun. Proses fotosintesis sangatlah penting untuk kehidupan di bumi ini sebab hampir semua makhluk hidup sangat membutuhkan hasil dari fotosintesis. Salah satu hasil dari fotosintesis yaitu Oksigen, kita tahu bahwa oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk kelangsungan hidupnya.

Pengertian Fotosintesis Pada Tanaman Hijau

Yang dimaksud dengan Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan menggunakan Air (H2O), Karbon Dioksida (CO2), lalu dengan bantuan energi cahaya matahari sehingga menghasilkan zat makanan berupa Gulkosa (C6H12O6) dan Oksigen (O2). Bisa juga definisi Fotosintesis yaitu suatu proses mengolah atau pembentukan bahan organik seperti karbohidrat yang berasal dari air dan karbondioksida dengan bantuan energi cahaya matahari.

Proses fotosintesis terjadi  pada siang hari dan dapat dilakukan oleh tumbuhan hijau, alga, hingga bakteri yang memiliki zat hijau daun atau dikenal dengan istilah Klorofil. Kenapa terjadi pada siang hari? karena untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan membutuhkan energi cahaya matahari.

Tumbuhan hijau dapat menyerap energi cahaya matahari karena memiliki pigmen yang disebut dengan klorofil, pigmen inilah yang memberikan warna hijau pada daun tumbuhan. Klorofil ada dalam organ yang disebut dengan kloroplas. Umumnya energi dari fotosintesis dihasilkan pada daun, tapi bisa juga terjadi pada bagian tumbuhan lain yang memiliki zat hijau.

BACA: Alat Pernapasan Pada Tumbuhan: Bagian dan Fungsinya

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Tumbuhan yang memiliki klorofil bersifat autotrof, jadi dapat menproduksi makanannya sendiri secara langsung dari senyawa yang bersifat organik. Tumbuhan hijau akan menyerap karbondioksida, air, lalu dengan bantuan energi cahaya matahari untuk menghasilkan zat gula dan Oksigen. Berikut di bawah ini gambar yang menjelaskan tentang proses fotosintesis:

pengertian fotosintesis
needpix.com

Reaksi Kimia Sotosintesis

Tumbuhan akan menyerap Karobon Diokasida di udara dan Air di dalam tanah, selanjutnya dengan bantuan cahaya matahari maka akan menghaslikan zat gula dan mengeluarkan gas Oksigen. Berikut gambar reaksi kimia fotosintesis yang lengkap:

menghasilkan zat gula dan juga oksigen.
Proses kimia pada fotosintesis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis, diantaranya seperti di bawah ini:

1. Ketersediaan air

Kekurangan kadar air dapat menyebabkan daun layu dan stomata pada daun menutup, sehingga akan menyebabkan penyerapan karbondioksida berkurang.

2. Konsentrasi karbondioksida

Konsentrasi karbondioksida-pun dapat mempengaruhi proses fotosintesis, karena semakin tinggi Konsentrasi karbondioksida maka akan semakin meningkatkan laju dari fotosintesis.

3. Intensitas cahaya matahari

Intensitas cahaya matahari dapat berpengaruh pada proses fotosintesis, karena energi cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam melakukan proses ini. Karena semakin tinggi intensistas cahaya matahari maka akan semakin banyak energi yang dibentuk sehingga dapat mempercepat proses fotosintesis. Tapi jika intensitas cahaya terlalu tinggi dapat menyebabkan rusaknya klorofil pada tumbuhan.

Fungsi atau Manfaat Fotosintesis

Fungsi utama dari fotosintesis yaitu untuk menproduksi zat makanan yang berupa gulkosa atau gula. Karena gulkosa menjadi bahan yang paling utama dalam pembuatan zat makanan lainnya seperti lemak dan protein pada tumbuhan. Zat tersebut nantinya akan menjadi makanan untuk manusia dan hewan.

Fungsi lain dari fotosintesis yaitu dapat membersihkan udara dari pencemaran dengan cara mengurangi kadar karbondioksidan di udara karena karbondioksida adalah bahan yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau untuk melakukan forosintesis. Dan sebagai hasilnya selain zat makanan akan dihasilkan juga Oksigen yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan di muka bumi.

BACA: Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara.

Kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis selama hidupnya membuat sisa-sisa tumbuhan yang hidup di masa lampau tertimbun oleh tanah selama berjuta-juta tahun dan akan menjadi batubara yang dapat digunakan oleh manusia sebagai sumber energi.

Ahir kata, demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian fotosintesis, jika ada kekurangan ataupun kesalahan dalam artikel ini mohon dimaafkan dan kalau memang artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk sharenya ke teman kamu yang lain, terimaksih.

Bagikan Ke: