Pengertian Surat Edaran dan Contohnya serta Bagian-Bagiannya

Berikut ini pengertian surat edaran yang dilengkapi dengan, fungsi, contoh serta bagian-bagiannya – Apa kamu pernah melihat atau membaca surat edaran? Mungkin kamu sudah sering melihat dan membacanya, surat ini sering di tujukan untuk pemberitahuan resmi kepada seriap anggota organisasi atau masyarakat umum.

Definisi Surat Edaran

Pengertian surat edaran adalah surat yang isinya menyangkut pemberitahuan secara resmi di dalam instansi, lembaga, atau organisasi. Bisa juga arti surat edaran yaitu suatu surat pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan untuk pihak tertentu.

Surat ini berisikan penjelasan mengenai suatu hal, misalnya seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan, dan lain-lain. Biasa juga surat ini ditujukan untuk kalangan umum, akan tetapi di dalam ruang lingkup tertentu misal di sekolah atau kampus untuk siswa-siswanya.

pengertian surat edaran
pxhere.com

Contoh Surat Edaran

Contohnya surat edaran yang sering di temukan misalnya surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk para pegawai dan lain-lain. Surat edaran termasuk ke dalam surat resmi karena memakai bahasa resmi, singkat, jelas, padat, dan mencerminkan ciri dari organisasi yang membuatnya.

beberapa contoh dari surat edaran
Contoh Surat Edaran

Fungsi Surat Edaran

Salah satu fungsinya yaitu untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia. Surat edaran juga berfungsi untuk pemeberitahuan yang resmi bagi orang yang bersangkutan dimana isinya harus di taati.

BACA: Pengertian Surat Dinas dan Fungsinya

Macam atau Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran diantaranya ada 2 (dua) macam yaitu surat edaran yang terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas, berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Surat Edaran Terbatas

Surat edaran terbatas adalah surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotanya saja. Misal surat edaran dari koperasi kepada para anggotanya, surat dari ketua OSIS untuk anggota OSIS, atau surat ketua karang taruna untuk anggotanya, dan lain-lain.

2. Surat Edaran Tidak Terbatas

Surat edaran tidak terbatas adalah jenis surat yang ditujukan kepada masyarakat luas atau kepada semua orang, sehingga siapa saja bisa mengetahui isinya.

BACA: Pengertian Surat Niaga dan Jenisnya

Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun bagain-bagian dari surat edaran, yang diantaranya seperti di bawah ini:

1. Kepala surat

Pada bagain ini terdapat kop surat yang terdiri dari Logo organisasi, Nama, nomer telepon, email, dan lain-lain. Kop surat biasanya di gunakan untuk menunjukan surat tersebut formal atau non-formal. Pada bagian ini juga biasanya kata “Surat Edaran” ditulis dengan huruf kapital dan di tulis menggunakan garis bawah.

Di bagian kiri bawah di tulis nomer surat, sifat surat (misalnya penting), perihal dan alamat yang dituju akan tetapi ada juga yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah kata “surat edaran”. Dan pada bagian kanan ditulis tanggal, bulan dan taun kapan surat tersebut dibuat. Kadang-kadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.

2. Isi Surat

Bagian Isi merupakan pengumuman atau informasi apa yang ingin disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat, dan penutup.

3. Kaki surat

Pada bagian akhir ini berisikan nama jabatan yang mengesahkan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel (organisasi, instansi atau lembaga) dan tembusan jika memang ada.

Mungkin hanya itulah penjelasan mengenai definisi atau pengertian surat edaran yang dapat saya berikan, jika terdapat kekurangan lengkapi saja oleh kamu sendiri dan terimakasih telah membaca tulisan ini.

Bagikan Ke: