Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku beserta Contohnya

Berikut ini pembahasan pengertian kata baku dan kata tidak baku, dilengkapi dengan fungsi dan beberapa contohnya. Apa itu kata baku dan tidak baku? Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah kata baku dan tidak baku baik itu di sekolah, lingkungan masyarakat dan lain-lain. Artikel ini dibuat bagi siapa saja yang ingin memahami tentang definisi kata baku maupun kata tidak baku, yang artikelnya dapat kamu baca di bawah ini.

Apa Pengertian Kata Baku?

Kata baku adalah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang telah di tentukan, Atau kata baku merupakan kata yang sudah benar dengan aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama dari bahasa baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku umumnya sering digunakan pada kalimat yang resmi, baik itu dalam suatu tulisan maupun dalam pengungkapan kata-kata.

Kata-kata baku yaitu kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang sudah di tentukan sebelumnya dan suatu kata bisa disebut dengan kata tidak baku jika kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. ketidakbakuan suatu kata bukan hanya ditimbulkan oleh salah penulisan saja, akan tetapi bisa juga disebabkan oleh pengucapan yang salah dan penyusunan suatu kalimat yang tidak benar. Biasanya kata tidak baku selalu muncul dalam percakapan kita sehari-hari. BACA: Pengertian Gaya Bahasa atau Majas

Fungsi Kata Baku

Kata baku berfungsi untuk membuat surat atau laporan yang bersifat resmi, selain itu penggunaan kata baku juga membuat bahsa yang disampaikan mudah dimengerti semua orang, dan penggunaan kata baku membuat orang lebih berwibawa terutama saat menyempaikan sesuatu.

pengertian kata baku
pixabay.com

Kata baku juga sering digunakan untuk:

1. Membuat karya ilmiah

Karya ilmiah merupakan laporan hasil penelitian yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah, dalam penulisannyapun harus mengunakan kata baku dan disusun secara sistematis.

2. Membuat surat lamaran pekerjaan

Surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan, bisanya di tujukan kepada bagian HRD. Tnetunya untuk membuat surat lamaran pekerjaan harus menggunakan kata baku supaya mencerimankan kesopanan.

3. Membuat surat dinas, surat edaran dan surat resmi lainnya

Surat dinas biasanya dikeluarkan oleh suatu instansi dengan tujuan untuk pemberitahuan, pernyataan, hingga permintaan kepada pihak terkait. Selain menggunakan kata bagu, surat dinas harus memiliki kop surat, nomersurat, hal atau tujuan, hingga tandatangan.

4. Saat berpidato dan rapat dinas

Sealin dalam hal surat menyurat, kata baku juga harus digunakan saat berpidato terutama di acara resmi. Selain supaya terlihat sopan, isi pidatonyapun akan lebih mudah di pahami.

5. Musyawarah atau diskusi

Musyawarah atau diskusi merupakan kegiatan untuk mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan. Didalam diskusi biasanya selalu mengeluarkan pendapat, tentunya dalam berpendapat harus mengungkapkan dengan kata-kata yang baku.

BACA: Pengertian Surat Edaran dan Contohnya

Pengertian Kata Tidak Baku

Kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering digunakan saat percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur. Adapun faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya kata tidak baku, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Yang menggunakan bahasa tidak mengetahui bentuk penulisan dari kata yang dia maksud.
  • Yang menggunakan bahasa tidak memperbaiki kesalahan dari penggunaan suatu kata, itulah yang menyebabkan kata tidak baku selalu ada.
  • Yang menggunakan bahasa sudah terpengaruh oleh orang-orang yang terbiasa menggunakan kata yang tidak baku.
  • Dan yang terakhir, yang menggunakan bahasa sudah terbiasa memakai kata tidak baku.

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

1. Contoh Kata Baku

Misalnya seperti: aktif, pasif, apotek, efektif, karena, foto, biosfer, bus, objek, november, praktik, negeri, teknik, daftar, nasihat dan lain-lain. Kalimatnya: Pada hari ini saya akan keluar kota.

2. Contoh Kata Tidak Baku

Misalnya seperti: aktip, pasip, apotik, efektip, karna, poto, biosfir, bis, obyek, nopember, praktek, negri, tekhnik, nasehat dan lain-lain. Kalimatnya: Saya akan keluar kota pada hari ini.

Itulah di atas artikel yang membahas pengertian kata baku dan kata tidak baku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada kekurangan ataupun kesalahan mohon dimaafkan, serta terimakasih telah membaca artikel ini.