Pengertian Dial-up Dan Contohnya Paling Jelas

Pembahsan tentang pengertian dial-up, contoh, dan perangkat yang digunakannya pada jaringan komputer. Dunia teknologi informasi semakin kesini semakin berkembang pesat, dapat dibilang saat ini rata-rata orang membutuhkan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatan atau rutinitasnya sehari-hari. Salah satu produk dari dunia IT yaitu Dial-up. Apa itu dial-up? Oke… pada kesempatan kali ini kita akan belejar bersama-sama mempelajarinya di artikel ini.

Jelakan Pengertian Dial-Up!

Dial-up adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon.

Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya. BACA: Pengertian Modem dan Fungsinya.

Sedangkan yang diamksud dengan dial-up networking adalah suatu perangkat protokol dan juga perangkat lunak (softwere) yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP (Internet Service Provider). Apakah itu ISP? Singkatnya ISP merupakan penyedia layanan supaya kita dapat mengakses atau terhubung ke jaringan internet. BACA: Pengertian ISP (Internet Service Provider)

pengertian dial-up
Ilustrasi skema Dial-Up

Dial-up networking merupakan salah satu jenis koneksi antara komputer dengan jaringan internet yang sering digunakan. Skitar akhir tahun 2000-an lebih dari satu per empat milyar pengguna komputer melakukan koneksi dial-up ke jaringan internet. Dapat disimpulkan ini merupakan 4 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan metode lainnya, misalnya seperti modem kabel, IDSN dsb. Adapun beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dial-up networking, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pada dial-up networking menggunakan modem sebagai interfacenya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
  • Dengan cara melakukan dial-up modem pada saat ini termasuk salah satu cara yang murah dalam mengakses jaringan internet dan yang paling banyak digunakan, tapi kelemahannya yaitu kecepatan yang rata-rata lambat jadi jika mengakses website yang mempunyai konten yang besar membutuhkan waktu yang lumayan lama.
  • Bisanya dial-up networking melakukan komunikasi dengan ISP menggunakan standar point-to-poit protokol saat menakses jaringan internet.
  • Dan kecepatan maksimal saat men-download file ataupun data dalam dial-up networking ini sangat terbatas, hal ini terletak pada bandwith sistem telepon dan kualitas salurannya.

BACA: Pengertian Internet dan Intranet

Perangkat Yang Digunakan Pada Koneksi Dial-Up

Tentunya dalam melakukan koneksi dial-up membutuhkan berbagai macam perangkat, baik itu hardware dan softwere, yang diantaranya seperti dibawah ini:

  • Dari segi hardwere diantaranya seperti PC atau Komputer, saluran telepon dan modem.
  • Sedangkan sari segi softwere biasanya pada bagian perangkat ini sudah disediakan oleh ISP.
  • Dan username dan kata sandi untuk melakukan login (jika memang ada) biasanya sudah disediakan oleh pihak ISP tempat berlangganan serta hanya kata sandi saja yang dapat diganti, tujuannya untuk masalah keamanan.

Dalam melakukan koneksi dial-up, komputer melalui perangkat modem akan melakukan pemanggilan telepon ke penyedia jasa internet atau ISP lalu akan terhubung dan komputer-pun dapat mengakses jaringan internet. Selanjutnya jika ingin mengakhiri koneksi dapat dilakukan dengan cara memutuskan hubungan telepon atau disconnect.

Contoh Koneksi Internet Menggunakan Dial-Up

Inilah beberapa contoh koneksi internet dial-up, misalnya seperti menggunakan line telepon tertentu, koneksi dengan menggunakan handphone yang memiliki fasilitas modem dan bisa juga menggunakan modem USB (Universal Serial Bus).

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dial-up yang dilengkapi dengan contohnya dan semoga dapat kamu pahami serta mohan maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan, terimakasih telah berkunjung.

Bagikan Ke: