Pengertian Perusahaan Asuransi dan Contohnya serta Jenis-Jenisnya

Berikut tentang pengertian perusahaan asuransi adalah: dilengkapi contohnya, dan jenis-jenisnya yang ada saat ini – Banyak sekali penjelasan-penjelasan tentang perusahaan asuransi di internet, jika kamu lihat secara sepintas kelihatannya tidak sama mungkin itu disebabkan dari sudut pandang masing-masing yang mengartikannya, akan tetapi semua inti atau maksud dari penjelasan pasti semuanya sama.

A. Jelaskan Pengertian Perusahaan Asuransi!

Apa itu perusahaan asuransi? Yang dimaksud dengan perusahaan asuransi adalah lembaga yang menyediakan berbagai polis asuransi untuk melindungi seseorang atau nasabahnya dari berbagai macam resiko kerugian dengan cara membayar premi secara teratur, perusahaan asuransi bekerja dengan cara menyatukan resiko dari sejumlah pemegang polis asuransi. Contoh perusahaan asuransi misalnya seperti: Allianz, AIA Financial, AXA Mandiri, Manulife, Prudential, Sinarmas, dan lain-lain.

B. Apa Pengertian Polis Asuransi?

Apa itu polis asuransi? Yang dimaksud dengan polis asuransi adalah suatu perjanjian asuransi ataupun pertanggungan yang sifatnya konsensual atau terdapat kesepakatan. Polis asuransi ini harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian, dan pada akta yang dibuat secara tertulis tersebutlah yang dinamakan sebagai Polis asuransi. Jadi polis asuransi yaitu suatu tanda bukti tertulis kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi).

pengertian perusahaan asuransi
Gambar: Pixabay.com

C. Jenis-Jenis Asuransi

1. Asuransi jiwa

Asuransi ini dapat memberikan keuntungan finansial kepada orang yang ditunjuk atas kematian pihak tertanggung (nasabah). Perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa, akan membayar setelah pihak tertanggung meninggal dunia, adapun sebagian perusahaan asuransi yang dapat memungkinkan pihak tertanggung dapat mengklaim dana sebelum dia meninggal dunia. Baca Secara Lengkap: Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan suatu produk asuransi yang ditujukan khusus untuk menangani masalah-masalah kesehatan saja yang dapat diakibatkan oleh penyakit, dan menanggung proses perawatan kepada pihak tertanggung. Biasanya asuransi ini untuk melindungi pihak tertanggung untuk menanggung resiko cedera, sakit, cacat maupun kematian yang disebabkan kecelakaan. Asuransi kesehatan bisa dibeli untuk diri sendiri maupun untuk orang lain atau untuk anggota keluarga. Baca Secara Lengkap: Pengertian Asuransi Kesehatan dan Manfaatnya

3. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan misalnya seperti orang tua yang menasuransikan pendidikan bagi anak-anaknya, dan biaya yang harus dibayar oleh pihak tertanggung tergantung pada jenis pendidikan yang ingin didapatkan nantinya, dan asuransi ini merupakan solusi yang baik bagi masa depan.

4. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan adalah asuransi yang paling populer saat ini misalnya seperti asuransi kendaraan mobil, asuransi kendaraan yaitu asuransi terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kendaraan pihak tertanggung dan asuransi ini juga dapat membayar bagi kehilangan maupun kerusakan kendaraan tertanggung.

5. Asuransi Hari Tua

Sering disebut juga jaminan hari tua yang memberikan perlindungan kepada peserta sauransi saat usia tua atau saat sudah pensiun dari pekerjaan. Dengan memberi polis asuransi saat hari tua dapat mempersiapkan dana untuk hari tua, dan besaran premi bisa dipilih sesuai yang disediakan perusahaan asuransi.

6. Asuransi Kecelakaan

Banyak yang mengikuti asuransi kecelakaan karena pekerjaannya yang sangat beresiko, sebagian besar asuaransi ini sudah di sediakan perusahaan tempat bekerja. Sehingga dapat memberikan perlindungan deri resiko kecelakaan yang tidak di inginkan.

Demikian pembahasan atau artikel tentang pengertian perusahaan asuransi, jika memang terdapat kekurangan atau kesalahan pada tulisan ini mohon di maafkan dan semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang telah membacanya.