Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya: Manfaat dan Jenisnya

Sekilas mengenai pengertian struktur organisasi beserta fungsi, manfaatnya, dan jenisnya pada suatu perusahaan. Organisasi sendiri merupakan kelompok orang yang dipersatukan dan memiliki tugas masing-masing untuk mencapai tujuan tertentu.

A. Jelaskan Pengertian Struktur Organisasi!

Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah susunan komponen atau unit kerja pada suatu organisasi, dalam struktur organisasi tersebut ada pembagian kerja, fungsi setiap unit, serta kegiatan yang sudah di dikoordinasikan. Struktur organisasi juga bisa memberikan gambaran mengenai tugas, alur perintah atasan, hingga tujuan saat menyempaikan laporan hasil kerja.

Bosa juga arti struktur organisasi merupakan hubungan antara unit kerja, dan setiap unit memiliki ketergantungan antara satu sama lain. Sehingga jika ada unit yang mengalami masalah maka akan berpengaruh pada unit lainnya ini lah yang dimaksut ketergantungan antar satu sama lain. Misal unit keuangan akan mengalami masalah jika unit penagihan bermasalah, atau sebaliknya.

pengertian Struktur organisasi
Gambar: Pixabay.com

B. Fungsi Struktur Organisasi

Berikut uraian mengeni fungsi atau manfaat struktur organisasi pada berbagai lembaga atau perusahaan:

1. Jelasnya Tanggung Jawab

Setiap unit atau anggota harus bertanggung jawab mengenai tugasnya masing-masing yang telah di tentukan, jadi tangung jawab unit A tidak sama dengan unit B. Setiap anggota pada organisasi harus bertanggung jawab kepada pimpinannya yang mengkoordinasi dan memiliki kewenangan.

2. Jelasnya Kedudukan Anggota

Fungsi struktur organisasi selanjutnya dapat memberikan kejelasan mengenai kedudukan setiap anggota Jadi anggota yang memiliki kewenangan bisa dengan mudah memberikan koordinasi dan membagi tugas ke anggota lainnya, misalnya struktur tersebut memberikan kejelasan mengenai mana atasan dan mana bawahannya.

3. Kejelasan Mengenai Jalur Hubungan

Dalam melakukan pekerjaan dan tanggung jawab setiap anggota maka diperlukan kejelasan mengenai hubungan atau keterkaitan yang tergambar pada struktur jadi menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih efektif dan bisa memberikan keuntungan satu sama lain. Misal admin penjualan memiliki tanggung jawab mengenai kelancaran pemerosesan pesanan kepada supervisor admin, lalu supervisor admin memiliki tanggun jawab kepada manajer mengenai kelancaran segala administrasi.

4. Kejelasan Uraian Tugas

Dapat memebrikan gambaran mengenai uraian tugas setiap anggota, dengan struktur organisasi yang baik seorang manajer dapat melakukan pengawasan kepada unit-unit tertentu, lalu bawahannya dapat fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya.

C. Manfaat Struktur Organisasi

1. Komunikasi Anggota Meningkat

Secara tidak langsung dapat meningktkan komunikasi antar anggota sehingga menjadi lebih baik, Misal atasan memberikan tugas kepada setiap bawahannya maka tidak perlu repot-rebot koordinasi lagi karena setiap anggota sudah tau tanggungjawabnya masing-masing dan terhindar dari duplikasi pekerjaan.

2. Efisiensi Operasional Semkain Meningkat

Karena setiap angota sudah jelas tanggung jawabnya maka pekerjaan yang diberikan dapat lebih mudah dikerjakan sehingga meningkatkan sistem operasional yang lebih efesien.

3. Mencegah konflik internal

Setiap pekerjaan di manapun pasti tidak akan pernah lepas dari konflik, tapi dengan tugas dan tanggung jawab setiap anggota sudah jelas konfilk antar anggota dapat di kurangi bahkan di cegah.

Baca Juga: Pengertian Organisasi dan Unsur-Unsurnya

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Peranannya Pada Organisasi

D. Jenis-Jenis Struktur Organisasi

1. Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah struktur yang paling umum di temukan dan di buat oleh suatu organisasi atau perusahaan. Pembagian yang digambarkan biasanya berdasarkan fungsinya, misal bagian admin, bagian marketing, bagian pengiriman, dan sebagainya.

2. Struktur Organisasi Divisional

Struktur ini sering digunakan oleh perusahaan menengah ke atas. Dalam strukturnya dilakukan pengelompokan berdasarkan persamaan, seperti persamaa: produk, pelayanan, pemasaran, dan sebagainya.

3. Struktur Organisasi Matrixs

Merupakan gabungan antara struktur fungsional dan struktur divisional. Biasanya membagi peranan antara anggota seperti si A mengerjakan apa, si B mengerjakan apa. Dalam gambarannya di pimpin oleh direktur dan di bagian bawahnya di disi oleh para manajer yang terbagi menjadi beberapa kelompok, misal manajer keuangan, manajer penjualan, manajer admin, dan sebagainya, lalu di bawah manajer ada bagian lainnya.

D. Kesimpulan

Jadi pengertian struktur organisasi adalah suatu gambaran mengenai susunan dan hubungan setiap anggota yang ada pada sebuah organisasi dalam menjalankan tugas operasionalnya dengan maksud untuk mencapai tujuan. Dengan begitu dapat memberikan gambaran tugas setiap anggota sekaligus hubungannya dengan anggota lainnya.

Struktur organisasi juga dapat memberikan penjelasan kepada orang yang berada di luar organisasi mengenai hubungan antar anggota, tugas, wewenang, hingga jabatan setiap anggota organisasi.