Pengertian Open Source dan Contohnya: Lengkap Kelebihan serta Kekurangannya

Memahami tentang pengertian open source beserta kelebihan, kerurangan, dan contohnya sebagai satu jenis lisensi software. Salah satu lisensi perangkat lunak komputer yaitu bersifat open source atau sumber terbuka yang beredar secara bebas dan bisa di dapatkan secara gratis dari internet atau pengembangnya.

Jelaskan Pengertian Open source!

Definisi open source adalah istilah yang sering digunakan untuk software yang membebaskan source code-nya (kode program) bisa di lihat oleh user, selain itu user juga bisa memperbaiki hingga mengembangkan software tersebut secara bebas.

Sebagian besar software yang bersifat open soure bisa di dapatkan secara gratis melalui pengmbangnya atau melalui internet. Bagi sebagian orang yang menyukai kode pemerograman tentunya software jenis ini banyak digemari karena bisa ikut mengembangkan.

pengertian open source adalah
Gambar: blog.ironbastion.com.au

Kelebihan Open Source

1. Hemat biaya bahkan Berisfat Gratis

Umumnya sifat software tersebutbisa di dapatkan secara gratis, jadi user bisa menggunakannya tanpa perlu membayar lisensi. Selain itu bisa di dapatkan bebas di Intenet atau lewat pengmbangnya.

2. Bisa dikembangkan banyak orang

Karena develovernya membebaskan source code-nya, user yang mengerti kode program dapat ikut berpartisipasi untuk mengembangkannya sehingga software tersebut menjadi lebih baik lagi. Lalu jika sudah di perbaiki atau dikembangkan software tersebut bisa di publikasikan kembali sehingga bisa digunakan banyak orang. Karena yang mengembangaknnya bisa siapa saja di seluruh dunia dari open source ini banyak melahirkan develover handal.

3. Memiliki Pilihan Yang Banyak

Banyaknya pilihan menjadi kelebihan open source selanjutnya, misalnya kamu ingin menggunakan sistem operasi berbasis linux, tentu linux sendiri memiliki berbagai macam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu, seperti linuk ubuntu, SuSE, Mint, dan sebaginya.

Kekurangan Open Source

1. Sedikit Yang Menggunakan

Pada jenis perangkat lunak tertentu misalnya seperti sistem operasi linux yang masih jarang digunakan khusnya di Indonesia, karena umumnya masyarakat lebi mengenal sistem operasi Windows. Bagi sebagian orang yang baru menggunakan linux akan merasa kesulitan di awal-awal hal ini disebabkan karena belum terbiasa.

2. Kurang Dikenal

Sulitnya dukungan dan dana promosi menjadikan perangkat lunak bersifat sumber terbuka ini membutuhkan waktu yang lama untuk dikenal masyarakat, oleh karena itu masih terdengar asing bagi sebagian orang.

Gambar: bedahinformatika.blogspot.com

Contoh Software Open source

1. Linux

Merupakan sistem operasi komputer yang cukup populer bersifat open source, dikembangkan banyak orang, memiliki berbagai jenis pilihan, dan beberapa jenisnya bisa digunakan untuk sistem operasi server salah satunya linux debian. Baca Juga: Pengertian Linux dan Contohnya

2. XAMPP

Merupakan paket software yang berguna untuk membuat atau mengembangkan web, termasuk dengan apache dan MySQL database di dalamnya.

3. Mozzila Firefox

Disebut juga sebagai web browser, berguna untuk menjelajahi halaman web di internet dan bisa didapatkan secara gratis. Baca Juga: Pengertian Web Browser dan Contohnya

4. OpenOffice

Merupakan software perkantoran menyerupai microsoft office, fungsinya hampir sama untuk mengelola kata, data, tabel, hingga database. Tentunya OpenOffice bisa di dapatkan dengan lisensi gratis.

5. FileZilla

Contoh open source selanjutnya yaitu Filezilla yang berguna untuk mentransfer file menggunakan protokol FTP pada jringan komputer atau internet.

6. VLC Media Player

Dikembangkan oleh VideoLan merupakan software yang berguna untuk memutar file multimedia seperti video. VLC media player bisa digunakan oleh berbagai operating sistem komputer bahkan ada untuk android.

7. GIMP

Merupakan perangkat lunak yang berguna untuk memanipulasi grafis. GIMP bersifat sumber terbuka sering digunakan untuk membuat grafik logo mengubah resolusi foto, mengubah warna, dan sebagainya.

8. LibreOffice

LibreOffice adalah perngkat lunak yang dikebangkan oleh TDF (The Document Foundation) fungsinya sama seperti microfot office. LibreOffice bisa menjadi alternatif atau pilihan sebagai aplikasi perkantoran karena stabil untuk digunakan dan tetunya gratis.

Akhir kata… itulah pembahasan tentang pengertian open source yang dilengkapi kelebihan, kekurangan dan beberapa contohnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat, terimakasih.