Pengertian Manajer dan Tugasnya serta Tingkatannya

Sekilas tentang pengertian manajer dilengkapi beberapa tugasnya dan tingkatan manajer pada suatu perusahaan – Sering sekali kita mendengar istilah manajer yang memimpin maupun mengelola suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya.

A. Jelaskan Pengertian Manajer!

Manajer adalah orang yang mempunyai pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan jiwa pemimpin yang baik dan diakui oleh organisasi untuk mengelola hingga mengatur organisasi untuk mencapai tujuannya. Manajer sering diartikan juga sebagai orang yang mampu mempimpin dan mengarahkan orang lain yang menjadi bawahannya untuk mencapai target perusahaan.

Manajer merupakan jabatan yang tinggi, olehs ebab itu gajinyapun tinggi, maka untuk menempati posisinya tidak sembarangan orang karena harus berpengalaman, memiliki keterampilan hingga mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik sebab tanggung jawabnyapun sangat berat berkaitan langsung maju mundurnya organisasi atau perusahaan.

pengertian manajer adalah
gambar: pixabay.com

B. Tugas Manajer

1. Memimpin Organisasi

Tugas yang pertama yaitu memimpin organisasi atau perusahaan, tentunya dalam hal ini merupakan tugas yang berat karena harus memiliki jiwa leadership yang baik yang di dapatkan dari berbagai pengalaman.

2. Mengatur dan mengendalikan

Tugas manajer selanjutnya harus bisa mengatur atau mengendalikan para bawahannya supaya tujuan perusahaan bisa tercapai.

3. Mengatasi Masalah

Dalam organisasi atau perusahaan sering muncul berbagai konflik atau masalah baik itu dari internal maupun eksternal, maka seorang menejer harus mampu menyelesaikan masalah yang muncul secara baik.

4. Mengawasi

Seorang manajer harus mampu mangawasi jalannya suatu perkerjaan pada organisasi, pengawsan itu penting supaya aktivitas kerja tetap berada di jalur yang tepat sesuai keinginan. Baca Juga: Pengertian Pengawasan dan Fungsinya

5. Meningkatkan tanggung jawab

Manajer harus mampu menanamkan rasa tanggung jawab baik pada dirinya maupun kepada para bawahannya, selain itu harus bisa memotivasi juga sehingga menimbulkan semangat kerja.

6. Mengevaluasi kegiatan

Supaya kegiatan yang berjalan semakin membaik lagi maka harus mampu melakukan evaluasi secara berkala terhadap hasil kerja para bawahannya.

7. Betanggung jawab pada atasannya

Tugas manajer selanjutnya harus mempertanggung jawabkan hasil kerjanya maupun hasil kerja bawahannya kepada seorang direktur atau manajer lain yang lebih tinggi di atasnya.

8. Merencanakan

Kadang manajer harus mampu merencanakan atau membuat strategi untuk mencapai tujuan perusahaan, dan mengembangkan aktivitas kerja. Baca Juga: Pengertian Perencanaan (Planning)

C. Tingkatan-Tingkatan Manajer

Adapun pada beberapa organisasi, manajer seringkali dikelompokan kedalam beberapa kategori seperti manajer puncak atau top management, manajer tingkat mengah atau middle management dan manajer lini pertama atau first-line management. Berikut di bagian bawah ini penjelasannya:

1. Manejemen lini pertama (first line management).

Manajer lini pertama merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan mengawasi pegaawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor. Itulah penjelasan mengenai manajer lini pertama.

2. Manajer tingkat menengah (middle management).

Manajer tingkat menengah ini berada diantara manajer lini pertama (first line management) dan manajer puncak (top management), tugasnya sebagai penghubung antar keduanya. Adapun jabatan yang termasuk kedalam manajer tingkat menengah ini diantaranya seperti manajer proyek, manajer pabrik, manajer divisi atau kepala bagian. Itulah penjelasan mengenai manajer tingkat menengah.

3. Manajer puncak (top management).

Manajer puncak bertugas untuk merencanakan kegiatan maupun strategi organisasi atau perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan instilah executive officer, contoh dari manajer puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO). Dan itulah penjelasan mengenai manajer puncak.

Jadi dapat diambil kesimpulan manajer ialah seseorang yang mampu mengendalikan dan memimpin organisasi atau perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian manajer dan beberapa tugas manajer, apakah sekarang kamu sudah mengetahui dan memahami apa itu manajer? Semoga artikel atau tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang telah membacanya…