Pengertian Manajemen Waktu dan Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen waktu secara umum dan menurut para ahli, dilengkapi juga prinsip serta manfaatnya untuk kehidupan kita. Terdapat berbagai jenis manajemen salah satunya yang berhubungan dengan waktu yang tujuan utamanya supaya bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Pengertian Manajemen Waktu Secara Umum

Manajemen waktu adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) produktivitas waktu. Sebab waktu menjadi salah satu sumber daya untuk melakukan pekerjaan dan merupakan sumber daya yang harus dikelola secara efektif maupun efisien.

Efektifitas dapat terlihat dari tercapainya target atau tujuan manajemen waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dan kata efisien tidak lain mengandung 2 (dua) makna, yaitu makna pengurangan waktu yang ditentukan dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang telah ada.

Bisa juga pengertian definisi manajemen waktu adalah suatu cara untuk mengatur dan memanfaatkan setiap bagian dari waktu untuk melakukan aktivitas tertentu yang sudah ditargetkan atau ditentukan dalam jangka waktu tertentu dan aktivitas tersebut haruslah diselesaikan.

pengertian manajemen waktu
pixabay.com

Manajemen waktu yang baik yaitu dengan membuat data pekerjaan atau aktivitas dan menentukan skala dari setiap aktivitas tersebut. Perlu kita ketahui bahwa setiap aktivitas pasti semuanya penting akan tetapi dari data aktivitas pekerjaan tersebut pasti ada yang paling penting, misalnya seperti pekerjaan yang mendesak yang umumnya berkaitan dengan pekerjaan deadline. Letakan-lah pekerjaan yang terpenting di daftar data paling atas untuk segera di kerjakan baru setelah itu di ikuti dengan daftar aktivitas pekerjaan yang lainnya.

Manajemen waktu ini dapat memberikan hasil yang lebih baik jika dilakukan dengan sungguh-sungguh tentunya dengan disiplin. Dan komitmen yang tinggi dari individu sagat dibutuhkan untuk mematuhi dan menjalankan manajeman waktu yang sudah di tentukan, misalnya oleh perusahaan atau tempat bekerja dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

BACA: Pengertian Manajemen Strategi, Fungsi, dan Manfaatnya

Pengertan Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Menurut Atkinson: Manajemen waktu didefinisikan sebagai suatu jenis ketrampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seorang individu yang dilakukan secara terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik – baiknya.

Menurut Forsyth: Manajemen waktu adalah cara bagaimana membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi juga produktifitas.

Menurut Akram: Mengartikan bahwa manajemen waktu yaitu memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk melakukan hal penting yang sudah tercatat di dalam tabel kerja.

Menurut Widyastuti: Arti manajemen waktu yaitu kemampuan dalam memprioritaskan, menjadwalkan, dan mmenjalankan tanggung jawab individu demi kepuasan dari individu tersebut.

3 Prinsip Manajemen Waktu

Supaya bisa mengatur waktu dengan baik, maka diperlukan pemahaman mengenai prinsip dasar manajemen waktu supaya dapat berhasil dalam merencanakan maupun menjelankannya.

1. Sedikan waktu untuk perencanaan

Sediakanlah waktu untuk perencanaan untuk menetapkan prioritas pekerjaan atau aktivitas mana yang harus di dahulukan, perencanaan ini dilakukan dengan mengurutkan tugas dari yang terpenting.

2. Segera selesaikan tugas prioritas

Segera selesaikan tugas yang memang memiliki prioritas tinggi dengan cepat dan pastikanpekerjaan tersebut selesai sebelum memulai pekerjaan lainnya.

3. Prioritaskan Sisa Tugas

Utamakan kembali untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tersisa berdasarkan informasi yang sudah di buat.

Pentingnya Manajemen Waktu

Kenapa manajemen waktu sangatlah penting? karena waktu itu sangat berharga dan watu yang berlalu tak dapat di ulang lagi, inilah alasannya:

  • Dapat membantu kita untuk bekerja secara lebih efektif dan efesien dengan skala prioritas.
  • Dapat menjauhkan kita dari depresi, stress karena dengan menerapkan manajemen waktu kita dapat mengontrol setiap pekerjaan atau tugas dan tanggal waktunya.
  • Dan membuat kita lebih produktif.

BACA: Pengertian Manajemen Strategi

Manfaat Manajemen Waktu

Sistem manajemen waktu yang sesuai dengan kebutuhan bisa membantu kita dalam menyelesaikan tugas pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Apapun prioritasnya, mempelajari bagaimana cara mengatur waktu akan membantu kita dalam mencapai target atau tujuan yang sudah di tetapkan sebelumnya, inilah beberapa apa lasan mengapa kita harus me-manage waktu:

  • Dapat membantu kita membuat prioritas. Seperti misalnya, manakah yang harus di dahulukan membayar uang sekolah atau membeli handphone baru.
  • Dapat mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda tugas atau pekerjaan.
  • Dapat membantu menghindari tabrakan waktu atau bentrok. Seperti misalnya, menghindari 2 (dua) kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan secara bersamaan.
  • Dan dapat membantu mengevaluasi perkembangan atau kemajuan kita dalam menyelesaikan tugas atau perkerjaan.

Akhir kata, Demikian pembahasan tentang pengertian manajemen waktu, semoga artikel ini dapat kamu pahami dan bermanfaat menambah pengetahuan. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, terimakasih.

Bagikan Ke: