Pengertian Giro Singkat dan Jelas Dengan Contohnya

Berikut ini pengertian giro, contoh, dan karakteristik rekeningnya yang dikeluarkan oleh bank. Bagi yang ingin memahami tentang giro secara lengkap berikut kami berikan penjelsannya secara singkat dan mudah di pahami.

Jelaskan Pengertian Giro!

Definisi Giro adalah suatu produk bank dalam rangka menghimpun dana pihak ketiga, biasanya suku bunga giro terbilang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tabungan dan deposito. Hal tersebut dikarenakan simpanan giro dapat sewaktu-waktu diambil atau ditarik sampai ke batas akhir limit yang sudah ditentukan oleh pihak bank, dan nasabah giro atau giran biasanya ialah sebuah badan hukum yang membutuhkan kemudahan dalam lalu lintas pembayaran dalam menjalankan kegiatan usahanya sehari-hari. Atau definisi giro yang lainnya adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat setiap saat dengan menggunakan cek atau surat perintah pembayaran lain atau dengan cara pemindahbukuan.

Pengertian dan Contoh Biyet Giro

Bilyet Giro merupakan suatu surat perintah untuk pemindah bukuan yaitu dari nasabah suatu Bank kepada Bank yang bersangkutan. Untuk memindahkan sejumlah uang yang berasal dari rekeningnya ke pada rekening penerima yang namanya sudah tercantum atau disebutkan dalam bilyet giro, pada Bank yang sama/Bank lain. Bilyet Giro merupakan surat yang berharga, dimana orang yang diberikan giro tersebut tidak dapat menguangkan giro tersebut di bank, akan tetapi harus disetorkan terlebih dulu ke dalam rekeningnya. itulah definisi biyet giro. BACA: Pengertian Bank Sentral dan Bank

pengertian giro
Contoh biyet giro(ferdinandwisnu.wordpress.com)

Berbagai Macam Pemegang Rekening Giro

Pemageng rekening giro tidah hanya lembaga atau badan tertentu saja, rekening giro dapat dibuka oleh nasabah yang bermacam-macam, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Perorangan atau rumah tangga.
  • Lembaga yayasan.
  • Badan usaha.
  • Badan pemerintah.
  • Perbankan.
  • Dan lembaga keuangan.

Karakteristik Rekening Giro

Mengingat bahwa sifat dari rekening giro dapat ditarik sewaktu-waktu, maka pengendapannya di bank juga sangatlah fluktuatif sehingga sangat sulit dianggarkan oleh bank dalam rangka pemanfaatannya untuk investasi. Jadi, suku bunga yang diberikan kepada pemegang rekening giro relatif paling rendah jika dibandingkan dengan produk dana perbankan yang lainnya. Lalu sasaran dari investasi yang paling memungkinkan yang bersumber dana giro hanya sebatas penanaman dana jangka pendek saja. Adapun karakteristik dari giro dapat disederhanakan dengan pendekatan sebagaimana dibawah ini:

  • Jika dilihat dari segi masa pengendapan atau maturity-nya rekening giro memiliki sifat fluktuatif dan juga cenderung jangkanya pendek.
  • Jika dilihat dari segi administratif rekening giro ini cenderung menyita waktu, sarana maupun biaya, intinya cukup rumit.
  • Jika dilihat dari segi biaya dana, rekening giro mempunyai biaya dana yang tergolong relatif murah.
  • Dilihat dari segi penempatan dana atau biaya, dana dari rekening giro ini hanya dapat digunakan untuk penempatan dana jangka pendek saja.

Itulah tulisan yang membahas tentang pengertian giro, jika terdapat kesalahan perbaiki saja oleh kamu sendiri dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat..

Bagikan Ke: