Pengertian Geologi Dan Aplikasinya Lengkap

Berikut ini definisi atau pengertian geologi, jenis-jenis, dan aplikasi ilmunya yang sangat penting dimana penjelasannay dapat kamu baca secara lengkap dan pelajari di artikel ini.

A. Apa Yang Dimaksud Geologi?

Geologi adalah, kata geologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Geos” yang artinya bumi dan “Logos” yang artinya ilmu. Jadi dapat diartikan geologi yaitu suatu ilmu yang mempelajari material bumi secara menyeluruh, misalnya seperti: asal mula, struktur, penyusun kerak bumi, berbagai macam proses yang sedang berlangsung setelah pembentukannya, maupun yang sedang berlangsung, sampai dengan keadaan dari bumi saat ini.

Atau definisi geologi adalah suatu ilmu pengetahuan kebumian yang mempelajari semua tentang planet bumi beserta isinya. Yaitu kelompok ilmu yang mengupas mengenai berbagai sifat dan bahan yang membentuk planet bumi, strukturnya, maupun proses yang sedang berjalan didalam dan diatas permukaan planet bumi.Ilmu geologi mempelajari dari benda yang ukurannya sangat kecil seperti atom, sampai benda yang ukurannya besar seperti samudra, benua, pulau, pegunungan dan lain-lain.

pengertian geologi
sumber: pixabay.com

B. Apa Itu Geologist?

Orang yang ahli di bidang geologi disebut dengan geologist, dia bertugas untuk melakukan penelitian untuk mengungkap misteri-misteri yang masih belum terpecahkan yang menyelimuti proses-proses yang berkaitan dengan material-material yang membentuk planet bumi ini, gerakan-gerakan maupun perubahan yang terjadi misalnya seperti gempa bumi, meletusnya gunung berapi, serta mencari dan menemukan bahan tambang yang bisa diambil di dalam perut bumi seperti minyak bumi, gas, dan bahan tambang lainnya. Tugas dari seorang ahli geologi juga mempelajari berbagai sifat bencana alam diantaranya seperti banjir, longsor, gempa bumi, gunung berapi dan lain sebagainya. Ahli geologi juga dapat meramalkan atau memperkirakan bagaimana cara untuk menghindari bencana alam tersebut.

Baca Juga: Pengertian Geografi dan Menurut Para Ahli.

C. Pengertian Geologi Fisik dan Geologi Dinamis

Geologi dibagi menjadi 2 macam yaitu geologi fisik dan geologi dinamis. Berikut di bawah ini penjelasannya:

1. Physical Geology

Geologi fisik adalah ilmu yang menkhususkan untuk mempelajari berbagai sifat fisik dari planet bumi, misalnya seperti susunan dan komposisi dari material-material yang membentuk bumi, selaput udara yang menyelubungi bumi, khususnya bagian yang melekat dan berinteraksi dengan planet bumi, lalu selaput air atau disebut dengan hidosfir, serta berbagai proses yang bekerja diatas permukaan planet bumi yang di picu oleh energi matahari dan tarikan gaya berat planet bumi. Proses tersebut dapat disebut dengan pelapukan, pengikisan, pemindahan serta pengendapan. Itulah definisi dari geologi fisik.

2. Geologi Dinamis

Geologi dinamis adalah ilmu geologi yang mempelajari serta membahas mengenai sifat-sifat dinamika bumi. Sisi ini berkaitan dengan berbagai perubahan yang ada pada bagian bumi, diakibatkan oleh gaya yang dipicu energi yang bersumber dari perut bumi, misalnya seperti kegiatan magma yang dapat menghasilkan vulkanisme, gerak litosfir yang diakibatkan oleh adanya arus konveksi, gempa bumi dan gerak pembentukan cekungan pengendapan dan juga pegunungan. Itulah definisi dari geologi dinamis.

Baca Juga: Siklus Batuan dan Gambaran Polanya

D. Aplikasi atau Contoh Penerapan Ilmu Geologi

Aplikasi dari ilmu geologi merupakan hal yang penting pada beberapa bidang yang lainnya. Pemanfaatan ilmu geologi ini semakin berkembang dan semakin di perlukan saat ini, dan berikut ini contoh bidang yang memerlukan aplikasi dari ilmu geologi:

  • Petroleoum geology (Perminyakan) yaitu digunakan untuk mengetahui jebakan-jebakan minyak bumi dan gas bumi.
  • Miming geology (Pertambangan) yaitu untuk mengetahui proses pembentukan endapan mineral yang sifatnya ekonarris, yang sangat diperlukan oleh manusia.
  • Hydrogeology (Hidrologi) yaitu untuk mempelajari tentang kejadian pemanfaatan air tanah.
  • Environment geology (Geologi lingkungan) yaitu geologi sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi interaksi antar manusia dengan lingkungannya.
  • Engineering geology (Geologi tekhnik) yaitu untuk mempelajari hubungan antar ilmu geologi dengan berbagai problem ketekhnikan.

Demikian artikel yang membahas tentang pengertian geologi dan aplikasi ilmunya, semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan kamu, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: