Pengertian Gelombang Elektromagnetik dan Contohnya serta Sifatnya

Sekilah pengertian gelombang elektromagnetik dilengkapi contohnya, karater atau sifatnya yang dapat dipahami secara sederhana – Setiap hari kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya gelombang elektromagnetik terutama saat menggunakan perangkat elektronik. Meski tak dapat dilihat, gelombang ini manfaatnya banyak kita rasakan.

A. Jelaskan definisi Gelombang Elektromagnetik!

Pengertian gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang yang mampu merambat tanpa membutuhkan media/medium, gelombang ini termasuk jenis gelombang transversal, dan ditemukan oleh Heinrich Hertz. Jadi gelombang elektromagnetik dalam perambatannya tidak memerlukan medium, banyak sumber yang menyebutkan keceptan rambatnya layaknya cahaya, jadi dapat disimpulkan cahaya termasuk kedalam jenis gelombang elektromagnetik.

Contoh gelombang elektromagnetik yang sering kita temukan misalnya yang berasal dari alam semesta seperti sinar ultra violet, radioaktif, pemancar sinyal, dan sebagainya, dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan betapa cepat rambatannya tanpa membutuhkan medium. Sedangkan yang dimaksud Gelombang Transversal adalah jenis gelombang yang partikelnya bergerak tegak lurus terhadap jalur rambatnya.

pegertian gelombang elektormagnetik
gambar: pixabay.com

B. Karakter Apa Yang Bisa Diukur Pada Gelombang Elektromagnetik?

1. Panjang Gelombang

Panjang gelombangnya yaitu jarak antara puncak antara satu gelombang dengan gelombang selanjutanya.

2. Frekwensi

Definisi Frekwensi adalah sumlah gelombang dari suatu titik ke titik lainnya dalam waktu tertentu, frekwensi ini dapat dipengaruhi oleh cepat lambatnya rambatan gelombang.

3. Amplitudo

Amplitudo dalam berbagai bidang memiliki arti yang berbeda, tapi secara umum bisa diartikan jarak terjauh dalam gelombang yang di ukur dari titik keseimbangan gelombang.

4. Kecepatan

Maksudnya merupakan kecepatan yang dimiliki oleh gelombang elektomaknetik untuk mencapai jarak tertentu ketika perambatannya.

C. Contoh Gelombang Elektormagnetik

1. Radio dan televisi

Gelombang radio dapat merambat melalui udara tanpa terhalang oleh benda sehingga bisa dilakukan komunikasi jarak jauh. Pada perangkat radio atau televisi analog mengguanakAn teknik tErtentu sepeti modulasi frekwensi, amplitude, dan sebagainya dengan bantuan satelit sehingga bisa di terima oleh perangkat tv atau radio. Baca Juga: Pengertian Radio dan Gelombang Radio

2. Microwave

Microwave murapak alat yang sering digunakan untuk memasak makan, cara kerjanya memanfaatkan energi yang dimiliki gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Gelombang yang dikeluarkan akan dipantulkan oleh logam didalmnya dan terserap oleh makanan, sehingga panas.

3. Cahaya

Cahaya yang Tampak merupakan contoh gelombang elektromagnetik yang dapat terlihat oleh mata, karena dengan cahaya juga mata kita dapat melihat. Cahaya terdiri dari berbagai warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, dan nila. Baca Juga: Pengertian Cahaya dan Sifatnya serta Contohnya

4. Telepon Seluler

Banyak perangkat komunikasi yang memanfaatkan gelmbang elektomagnetik atau sebagian orang menyebutnya Signal, sinyal seperti pada handphone yang memanfaat kan gelombang elektromagnetik berfekwensi tinggi untuk berkomunikasi.

5. Perangkat Yang Menggunakan Infrared

Sinar infrared dapat mentransmisikan data misalnya pada remot televisi yang sebagain besar menggunakan infrared dapat digunakan untuk memindahkan chanel, atau pada alat lensa kamera tertentu yang memiliki infrared sehingga dapat melihat dalam kegelapan.

6. Teknologi Radar

Radar dapat menampilkan posisi suatu penda karena dapat menerima gelombnang yang dipancarkan lalu ditampilkan dengan layar.

D. Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik.

  • Perubahan dari medan listrik dan magnet pada saat bersamaan dan terjadi terus menerus.
  • Besaran medan listrik berbanding lurus dengan medan magnet.
  • Medan magnet dan medan listrik posisinya saling tegak lurus dan tegal lurus juga sesuai arah rambatan gelombang yang dihasilkannya.
  • Dapat merambat tanpa medium atau perantara fisik.
  • Dapat merapat dalm ruang hampa sekalipun.
  • Sifat-Sifat yang dimiliki Gelombang Elektromagnetik termasuk kedalam gelombang transversal.
  • Dapat mengalami pemantulan, peristiwa polaris, pembiasan, hingga pelenturan.

Jadi pengertian gelombang elektromagnetik adalah jenis gelombang yang mampu merambat tanpa membutuhkan media/medium dan termasuk transversal. Contohnya sinyal radio, sinyal televisi, dan cahaya tampak.

Akhir kata, itulah penjelasan yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Jika di temukan kesalahan mohon maaf, dan terimakasih.