Pengertian Ekonomi Internasional dan Ruang Lingkupnya

Kamu harus mengatahui pengertian ekonomi internasional, ruang lingkupnya, dan faktor yang mempengaruhi suatu negara melakukan kegiatan perekonomian secara internasional. Salah satu perekonomian yang sering di bahas yaitu perekonomian internasional yang memiliki ruang lingkup sangat luar karena mengangkut juga kerjasama dengan negara lain.

Jelaskan definisi Ekonomi Internasionl!

Pengertian Ekonomi Internasional adalah suatu cabang ilmu yang berasal dari ilmu ekonomi, didalamnya mempelajari dan menganalisis mengenai transaksi serta permasalahan ekonomi secara internasional (eksport dan inport) meliputi perdagangan, keuangan atau moneter, organisasi ekonomi hingga kerjasama antara negara.

Arti ekonomi internasional yang lainnya adalah suatu ilmu yang membahas mengenai akibat saling ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia, baik itu dari segi perdagangan maupun dari segi pasar kredit Internasional.

Maka didalam ekonomi internasional permasalahan utama yang di hadapi umumnya sama dengan ekonomi yang lain, yaitu masalah mengenai kelangkaan barang maupun masalah pilihan barang, yang diartikan produk ialah barang maupun jasa yang dihasilkan dan dibutuhkan oleh manusia.

pengertian ekonomi internasional
pixabay.com

Faktor yang Mendorong Suatu Negara Melakukan Ekonomi Internasional

Adapun faktor yang mendorong suatu negara melakukan ekonomi internasional salah satunya dalam perdagangan internasional, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Untuk dapat memenuhi kebutuhan produk maupun jasa dalam negeri.
  • Mempunyai keinginan untuk dapat memperoleh keuntungan, dengan tujuan meningkatkan pendapatan negara.
  • Memiliki kemampuan berbeda dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) untuk mengelola sumber daya.
  • Memiliki produk atau barang yang lebih dalam negri sehinnga perlu pasar baru untuk menjualnya.
  • Perpedaan keadaan dari sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, adat istiadat maupun jumlah penduduk yang dapat menyebabkan adanya perbedaan antara hasil produksi dan adanya keterbatasan dari produksi.
  • Terjadinya globalisasi, karena tidak ada negara di dunia ini yang mampu hidup sendiri tanpa bantuan dari negara lain.
  • Mempunyai kesamaan slera terhadap suatu barang atau jasa.
  • Adanya keinginan untuk membuka kerjasama hubungan diplomatik dengan negara lain.

Baca Juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Faktornya

Tujuan dan Ruang Lingkup Ekonomi Internasional

1. Tujuan

Tujuan dari ekonomi ini adalah untuk dapat mencapai atau meningkatkan kemakmuran yang lebih baik untuk manusia. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mengadakan berbagai macam kegiatan, misalnya kegiatan di bidang perdagangan (eksport dan inport), perkreditan, perasuransian, invertasi dan di bidang yang lainnya.  Perbedaan dalam sifat maupun cara antara perdagangan internasional dengan perdadangan didalam negri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Perbedaan dalam hukum peraturan menganai jual-beli, uang, peraturan bea, dan lain-lain.
  • Perbedaan dalam adat-istiadat, kegemaran, kebiasaan, musim dan perbedaan ¬†kondisi pasar.
  • Perbedaan karena keadaan politik, sosial-budaya, ekonomi dan kultural.

Baca Juga: Pengertian Perdagangan Internasional

2. Ruang Lingkup

Ruang lingkup ekonomi internasional:

  • Teori dan kebijakan keuangan atau yang disebut moneter International.
  • Teori dan kebijakan yang meliputi perdagangan International.
  • Organisasi maupun kerjasama ekonomi International.
  • Perusahaan dan bisnis International.

Jadi dapat disimpulkan yang dimaksud ekonomi internasional yaitu perekonomian yang ruang lingkupnya secara global, jadi permasalahan ekonominya juga secara secara global, misalnya seperti eksport dan inport produk ke luar negri.

Demikian pembahasan tentang pengertian ekonomi internasional dan ruang lingkupnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca dan mempelajarinya, jika ada kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, cukup sian dan terimakasih.