Pengertian Asuransi Kesehatan Dan Manfaatnya

Seputar pengertian asuransi kesehatan dan manfaat yang bisa kita dapatkan – Jaman sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa asuransi, salah satu jenis produk asuransi yaitu asuransi kesehatan, tapi apakah kamu sudah mengetahui apa itu definisi asuransi kesehatan? Nah… jika kamu belum mengetahui atau memahaminya mari kita pelajari bersama-sama di artikel ini.

A. Apa Pengertian Asuransi Kesehatan ?

Asuransi kesehatan adalah suatu produk asuransi yang dapat memberikan jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis ketika pemegang polis mengalami sakit atau gangguan kesehatan atau kecelakaan yang membuatnya masuk rumah sakit, secara umum ada 2 (dua) jenis perawatan yang ditawarkan pihak perusahaan asuransi, diantaranya rawat inap dan rawat jalan.

B. Apa Pengertian Polis Asuransi?

Polis asuransi  adalah suatu perjanjian asuransi ataupun pertanggungan yang bersifat konsensual (yaitu adanya kesepakatan), perjanjian harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian tersebut. Pada akta yang dibuat secara tertulis tersebut dinamakan sebagai polis. Jadi yang dimaksud polis yaitu tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis, itulah yang dimaksud dengan polis.

pengertian asuransi kesehatan
sumber: pixabay.com

C. Beberapa Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat yang didapatkan dari asuransi kesehatan yaitu biaya yang ada hubungannya dengan kesehatan seperti misalnya: biaya dokter, biaya obat, biaya rawat inap maupun biaya rawat jalan, akan di tanggung oleh pihak perusahaan asuransi dan besar uang pertanggunggan tersebut disesuaikan dengan isi dari informasi asuransi yang sebelumnya pernah di beritahukan pada saat perjanjian yang tertulis atau tertera di dalam polis. (Baca Juga Tentang: Pengertian Asuransi Jiwa dan Manfaatnya)

D. Definisi Asuransi Dilihat Dari Sudut Finansial dan Sosial

Definisi asuransi jika dilihat dari sudut finansial yaitu sebuah alat yang berguna untuk mengurangi resiko yang berkaitan dengan perekonomian, dengan cara menggabungkan unit yang terkena resiko yang serupa atau sama, dalam jumlah yang besar supaya probabilitas kerugian bisa di prediksi dan jika kerugian yang diprediksi terjadi,maka akan dibagi secara proposional oleh semua pihak yang tergabung itu.

Sedangkan dari sudut sosial asuransi dapat di artikan sebagai organisasi sosial yang menerima pemindahan resiko dan mengumpulkan dana yang berasal dari angotanya untuk membayar kerugian yang mungkin dapat terjadi pada masing – masing anggota, dan setiap kerugian anggota di tanggung bersama.

Akhir kata, demikian artikel yang membahas tentang pengertian asuransi kesehatan dan manfaatnya. Semoga pembahasan ringkas ini dapat memberikan pencerahan mengenai dunia asuransi…