Pengertian Pasar Input dan Contohnya Serta Cirinya

Sekilas mengenai pengertian pasar input, ciri-ciri, dan contohnya. Apakah yang dimaksud pasar input dan apa saja contohnya? Bagi yang ingin memahaminya secara lengkap, berikut di atikel ini kami berikan pembahasannya.

Jelaskan Pengertian Pasar Input!

Pasar Input adalah suatu pasar yang dimana tempat berinteraksinya permintaan dan penawaran input atau sumber daya produksi. Atau definisi lainnya dari pasar input yaitu pasar yang menyediakan faktor-faktor produksi, yang terdiri dari pasar sumber daya alam, modal, tenaga kerja dan pasar kewirausahaan.

4 Ciri-Ciri Pasar Input

Inilah beberapa  ciri pasar input, diantaranya:

  • Pasar ini wujudnya kegiatan, tidak berwujud fisik.
  • Di pasar ini permintaan dan penawaran dilakukan dalam jumlah yang besar.
  • Jenis dari penawaran dan permintaan sesuai dengan produksi yang dihasilkan.
  • Penawaran faktor produksi dapat berupa monopoli sementara permintaan sifatnya kolektif.
pengertian pasar input
pixabay.com

Macam-Macam Contoh Pasar Input

1. Tanah atau Sumber Daya Alam

Semua kekayaan alam yang terkandung didalam tanah, lautan dan juga udara, atau yang sering disebut dengan sumber daya alam. Jumlah tanah adalah tetap ataupun penawarannya tetap, maka kurva dari penawaran tanah sifatnya inelastis sempurna (yaitu berbentuk garis lurus), sedangkan permintaan akan tanah semakin bertambah, sehingga harga tanah akan semakin terus meningkat. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya permintaan tanah:

  • Kualitas dari tanah yang disebabkan oleh kesuburan tanah tersebut, pengairannya, lalu adanya fasilitas listrik, jalan dan sarana yang lainnya.
  • Letaknya strategis terutama untuk perusahaan atau industri.
  • Banyaknya permintaan tanah yang digunakan untuk pembangunan pabrik, bangunan rumah, perumahan dan perkebunan.

2. Pasar Tenaga Kerja

Pasar ini merupakan aktivitas dari pelaku yang bertujuan untuk mempertemukan para pencari kerja dengan para pengguna tenaga kerja. Sifat dari pasar ini ditentukan oleh para pelaku tersebut. Pelaku-pelaku dalam pasar tenaga kerja ini diantaranya penjual tenaga kerja, pembeli tenaga kerja serta penyelenggara atau pengelola bursa kerja. BACA: Pengertian Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja

3. Pasar Modal

Pasar ini adalah tempat jual-beli dana dan juga inventasi jangka panjang. Permintaan modal berasal dari pengusaha dan penawaran berasal dari pemilik modal. Dan balas jasa yang diterima oleh pemilik modal yaitu bunga. Tinggi rendahnya tingkat bunga modal dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  • Faktor permintaan dan penawaran modal di dalam masyarakat
  • Faktor kemunginan resiko hilangnya modal yang dipinjam.
  • Kondisi dari perekonomian.
  • Campur tangan dari pemerintah dalam penetapan tingkatan bunga.

4. Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah inisiatif untuk mengkoordinir faktor produksi gunanya untuk mencapai efisiensi yang maksimal, orangnya sering disebut dengan wirausaha. Dalam menjalankan suatu uasha selain faktor tadi di atas dibutuhkan juga orang yang mampu memimpin dan yang mampu menjalankan usaha dengan cukup baik.

Seorang pengusaha ialah orang yang bisa memanfaatkan faktor -faktor produksi tersebut, supaya dapat mengendalikan perusahaan dengan baik, mampu menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, dapat memperoleh keuntungan dan juga berani dalam menghadapi resiko. BACA: Pengertian Wirausaha Dan Keuntungannya

Akhir kata, Itulah pembahasan tentang pengertian pasar input dan beberapa contohnya, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu…

Bagikan Ke: