Pengertian Manajemen Pendidikan dan Fungsinya serta Ruang Lingkupnya

Pembahasan tentang pengertian manajemen pendidikan secara umum dilengkapi fungsinya, dan ruang lingkupnya. Singkatnya Manajemen pendidikan adalah suatu proses dari perencanaan, penorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha pendidikan supaya dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Jelaskan Pengertian Manajemen Pendidikan!

Atau definisi manajemen pendidikan yang lainnya yaitu merupakan suatu bentuk kerjasama antar pihak-pihak pendidikan demi pencapai target pendidikan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Yang menjadi tujuan umum dalam manajemen pendidikan adalah melaksanakan pembentukan kepribadian pelajar yang berdasarkan dengan tujuan dari pendidikan nasional dan tingkat perkembangan maupun perbaikan untuk usia pendidikan.

pengertian manajemen pendidikan
pixabay.com

4 Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

1. Ruang Lingkup Berdasarkan Wilayah Kerja

Jika di tinjauan dari wilayah kerjanya maka ruang lingkup manajemen pendidikan dapat dibedakan menjadi:

a. Manajemen pendidikan seluruh negara

Manajemen pendidikan seluruh negara adalah majejemen pendidikan untuk tingkat nasional ini ditangani bukan hanya dengan pelaksanaan pelatihan pendidikan di dalam sekolah saja, akan tetapi pendidikan luar sekolah juga, penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian, maupun pendidikan yang meliputi kebudayaan dan kesenian secara nasional.

b. Menejemen pendidikan Provinsi

Menejemen pendidikan dalam satu provinsi adalah ruang lingkupnya yang meliputi wilayah kerja satu sebaras provinsi saja, yang dimana pelaksanaannya dibantu oleh petugas manajemen pendidikan yang berada di kabupaten dan di kecamatan.

c. Menejemen pendidikan Kabupaten

Manajemen pendidikan dalam satu kabupaten atau kota adalah ruang lingkupnya hanya meliputi wilayah kerja satu kabupaten ataupun satu kota saja.

d. Menejemen pendidikan satuan unit kerja

Manajemen pendidikan satu unit kerja adalah Manajemen ini hanya di titik beratkan pada satu unit kerja yang langsung dalam menangani pekerjaan mendidik.

e. Manajemen Pendidikan Kelas

Manajemen kelas adalah sebagai suatu kesatuan kegiatan yang terkecil dalam manajemen pendidikan yang menjadi inti dari semua jenis manajemen pendidikan.

BACA: Pengertian Manajemen dan Menurut Para Ahli

2. Ruang Lingkup Menurut Objek Garapan

Jika ditinjau berdasarkan objek garapan, dapat meliputi:

  • Manajemen siswa.
  • Manajemen personil-personil sekolah.
  • Manajemen kurikulum.
  • Manajemen prasarana atau material.
  • Manajemen ketata usahaan sekolah atau tata laksana pendidikan.
  • Manajemen anggaran.
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan,
  • Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen kominikasi pendidikan.

3. Menurut Fungsi atau Urutan Kegiatannya

  • Merencanakan.
  • Mengorganisasikan.
  • Mengarahkan.
  • Mengkoordinasikan.
  • Mengkomunikasikan.
  • Mengawasai ataupun mengevaluasi.

4. Menurut Pelaksana

Jika dalam liungkungan kelas guru itu sebagai administator. Guru haruslah melaksanakan kegiatan-kegiatan manajemen, dengan pengertian bahwa manajemen yaitu pengelolaan, maka guru bertindak sebagai seorang manajer di kelas yang di pimpinnya.

4 Fungsi Manajemen Manajemen Pendidikan

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan dilakukan untuk menentukan target dari tujuan organisasi ataupun bisa juga perusahaan secara keseluruhan dan untuk memikirkan cara terbaik untuk mencapai tujuan yang di tetapkan. atau definisi dari planning ini sebagai proses dalam menyusun tujuan maupun sasaran organisasi yang memperlihatkan cara-cara pencapaian target atau tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya.

BACA: Pengertian Perencanaan (Planning)

2. Pengorganisasian (organizing)

Yaitu membagi-bagi kegiatan yang asalnya besar menjadi bagian-bagian kegiatan kecil. pengorganisasia dapat memmudahsan seorang manajer dalam melakukan pengawasan. Dengan melakukan pengorganisasian akan lebih efisien dan efektif dalam mencapai target atau tujuan suatu organisasi.

3. Pelaksanaan (actuating)

Yaitu suatu proses penggerakan tenaga kerja untuk melakukan kegiatan pencapaian tujuan sehingga dapat terwujud efisiensi proses dan efektivitas dari hasil kerja. Fungsi ini dapat memotivasi tenaga pekerja untuk bekerja secara sungguh-sungguh agar tujuan dari organisasi atau perusahaan dapat tercapai secara efektif.

4. Pengendalian (controlling)

Dapat di artikan sebagai keseluruhan upaya pengamatan pelaksanaan kegiatan operasional untuk menjamin bahwa seluruh kegiatan tersebut telah sesuai dengan rencana yang dirumuskan sebelumnya.

Pengawasan didalam manajemen yaitu merupakan fungsi yang terakhir dalam sistem manajemen khususnya manajemen pendidikan. Atau aktivitas dalam menilai kinerja berdasarkan rencana yang telah dirumuskan sebelumnya untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika memang diperlukan.

Demikian artikel mengenai pengertian manajemen pendidikan, semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, cukup sekian dan terimakasih…