Pengertian Latar dan Macamnya Pada Karya Sastra

Pengertian latar dan macamnya atau jenis-jenisnya yang sering kita temukan dalam berbagai karya sastra terutama cerita.

Mungkin bagi yang tau, sudah tidak asing lagi dengan apa itu Latar. Artikel ini sengaja ditulis bagi yang belum mengetahui arti latar, untuk itu bagi yang belum mengetahuinya dapat dibaca di artikel ini.

 Apa Pengertian Latar?

Definisi Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Atau definisi latar yang lainnya adalah unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu serta suasana yang terjadi pada suatu peristiwa didalam karya sastra.

bisa juga arti latar yaitu semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berhubungan dengan ruang, waktu dan juga suasana. Latar diantaranya meliputi penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu berlakunya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, serta emosional si pelaku/tokoh. BACA: Pengertian Unsur Intrinsik

pengertian latar
sumber: pixabay.com

Macam-Macam Latar

Jenis atau macam-macam latar diantaranya dibagi menjadi 4 seperti latar waktu, tempat, susana, hingga alat.

1. Latar waktu

Yaitu saat dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, dimasa depan, dan lain sebagainya.

2. Latar tempat

Yaitu dimana tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, di lautan, didalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan lain sebagainya.

3. Latar suasana

Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku malakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

4. Latar alat

Yaitu peralatan apa saja yang diperlukan atau dipakai si pelaku dalam suatu cerita. Seperti misalnya: Tombak, pistol, pedang, buku, pulpen, dan lain sebagainya.

BACA: Pengertian Unsur Ekstrinsik.

Fungsi Latar

Fungsi dari latar sendiri yaitu untuk memberikan suatu gambaran yang jelas supaya peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra benar-benar terjadi atau memberikan informasi yang jelas mengenai situasi didalam sebuah cerita.

Demikianlah artikel mengenai definisi atau pengertian latar, dan semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat banyak untuk kamu yang telah membacanya.

Bagikan Ke: