Pengertian Kernel Pada Sistem Operasi, Jenis, dan Kategorinya

Sekilas pengertian kernel pada sistem operasi komputer yang menjadi inti dari suatu sistem operasi tersebut dan kernel ini memiliki berbagai fungsi pada sebuah komputer, untuk memahaminya mari kita bahas bersama-sama di artikel ini.

Apa Pengertian Kernel Sistem Operasi Komputer?

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi komputer, tugasnya yaitu melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.

Definisi kernel yang lainnya adalah suatu perangkat lunak yang membuat komunikasi atau mediator antara aplikasi dan perangkat keras (hardware), yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output dan masih banyak lagi fungsi tambahan yang lainnya.

Jadi intinya Pengertian kernel adalah suatu perangkat lunak sebagai penghubung antara software dan hardwere. Itulah beberapa penjelasan tentang kernel semoga dapat memberikan pencerahan atau dapat di pahami.

pengertian kernel
pixabay.com

3 Fungsi Kernel

Berfungsi melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.

Karena akses terhadap perangkat keras (hardware) terbatas, sedangkan terdapat lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga mempunyai tugas untuk mengatur kapan serta berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal ini dinamakan dengan multiplexing.

Fungsi kernel selanjutnya untuk membantu mengeksekusi aplikasi dan mendukungnya dengan fitur abstraksi perangkat keras (hardware).

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Jenisnya

4 Kategori Kernel

Di bawah ini penjelasan mengenai 4 kategori kernel:

1. Monolitik

Kernel monolitik yaitu kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

2. Microkernel

Kernel Microkernel adalah kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut dengan server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.

3. Kernel Hybrid

Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah kernel yang persis atau mirip dengan microkernel, akan tetapi ia juga memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya.

4. Exokernel

Kernel Exokernel adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardwere) secara langsung atau hampir-hampir langsung.

Desain kernel dalam sistem operasi linux, yang mana yang digunakan? Sistem operasi seperti Linux dan Unix menggunakan kernel monolitik, dimana pada kernel dikenal dengan desain monolitik mempunyai desain yang sangat efisien, meskipun sulit dalam pembuatannya. Baca Juga: Pengertian Linux dan Contohnya

demikian Itulah mengenai pengertian kernel yang dilengkapi dengan fungsi, dan kategorinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan, terimakasih.