Pengertian Gateway Dan Fungsinya Secara Jelas

Inilah pengertian gateway dan fungsinya secara jelas – apakah yang dimaksud dengan gateway pada jaringan komputer? jika kamu belum mengetahuinya, inilah penjelasannya.

A. Apa Pengertian Gateway?

Gateway adalah (gerbang jaringan) sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun lebih jaringan komputer yang memakai protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya tidak sama atau berbeda.

Itulah definisi gateway tersebut yang utama, karena seiring dengan merebaknya dan berkembangnya internet, pengertian gateway sering kali bergeser. Sering sekali pemula menyamakan gateway dengan router yang sebenarnya itu tidaklah benar.

pengertian gateway
sumber: pixabay.com

B. Apa Fungsi Gateway?

Salah satu contoh penggunaan gateway yaitu pada email, sehingga pertukaran email bisa dilakukan pada sistem yang berbeda. Fungsi Gateway digunakan untuk menghubungkan 2 (dua) jenis jaringan komputer yang arsitekturnya berbeda atau didak sama. Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, Local Area Network (LAN) dengan Wide AreaNetwork (WAN). (Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya)

Salah satu fungsi utama dari gateway yaitu melakukan protocol converting, supaya dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat saling berkomunikasi. Sebuah gateway jaringan adalah sistem internetworking yang menghubungkan 2 (dua) jaringan bersama-sama dan bisa dikonfigurasi dalam aplikasi (perangkat lunak), hardware (perangkat keras) ataupun keduanya. Jaringan gateway bisa beroperasi pada setiap tingkat dari model lapisan OSI (Open System Interconnection).

C. Apa itu Model OSI?

Model OSI adalah suatu dekripsi abstrak mengenai desain lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif Open Systems Interconnection atau disingkat OSI. Model ini disebut dengan model Tujuh Lapisan OSI (OSI seven layer model), lapisan tersubut diantaranya: physical layer (Lapisan fisik), data link layer (Lapisan koneksi data), network layer (Lapisan jaringan), transport layer (lapisan transpor), session layer (lapisan sesi), presentation layer (Lapisan presentasi), dan application layer (lapisan aplikasi). (Baca Juga: Pengertian Protokol Pada Jaringan Komputer)

Itulah artikel yang membahas mengenai definisi atau pengertian gateway, dan semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat dan bisa di pahami dan terimakasih karena sudah membacanya…

Bagikan Ke: