Pengertian Grafik dan Contohnya dilengkapi Jenis-Jenisnya

Inilah pengertian grafik dan contoh grafik serta jenis-jenisnya yang dapat kamu pahami di pembahasan kali ini. Grafik adalah suatu visualisasi tabel, yang dimana tabel tersebut berupa angka-angka yang dapat disajikan ataupun dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar.

Jelaskan Pengertian Grafik!

Definisi grafik adalah suatu kombinasi antara angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan satu media untuk memberi konsep maupun ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan maklumat.

Ada juga pengertian Grafik yang lainnya yaitu merupakan suatu rangka untuk membentuk Objek visualisasi tabel. Tabel yang terdiri dari angka-angka dapat disajikan atau dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar, bisa dalam berbentuk garis, lingkaran, batang dll.

Adapun definisi yang lainnya yaitu gambaran dari pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis ataupun gambar. Grafik dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, diantaranya yaitu grafik: batang, garis, dan lingkaran.

Jenis-Jenis Grafik dan Contoh Grafik

1. Grafik Batang

Grafik batang atau yang dikenal juga dengan sebutan histogram dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Grafik jenis ini merupakan grafik yang paling sederhana, sangat mudah untuk dipahami dan hanya menggambarkan data dalam bentuk batang.

Panjangnya batang menggambarkan presentase dari data, sedangkan lebarnya semuanya berukuran sama. Tetapi umumnya data yang dapat diperbandingkan tidak terlalu banyak, maksimalnya hanya delapan data. Untuk lebih memperjelas perbandingan antara batang yang satu dengan yang lainnya diperlukan warna-warna yang berbeda.

pengertian grafik barang
Contoh grafik batang

2. Grafik Garis

Grafik garis adalah jenis grafik berbentuk garis yang dihubungkan dari titik-ke titik sesuai periode waktu tertentu, pada umumnya sering digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.

Contoh grafik garis

3. Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran dalah entuk penyajian dari data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran atau gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau nilai keseluruhan.

Contoh grafik lingkaran

Fungsi Grafik dan Tujuannya

1. Tujuan

Tujuan pembuatan grafik yaitu untuk menunjukkan perbandingan, informasi yang kualitatif dengan cepat dan sederhana. Data-data dalam bentuk uraian deskriptif yang ruwet dan juga kompleks bisa disederhanakan dengan menggunakan grafik. Jadi, jika sebuah grafik sulit dibaca atau dipahami berarti akan kehilangan manfaatnya yang berharga.

BACA: Pengertian Diagram dan Jenis-jenisnya beserta Contohnya

2. Fungsi

Fungsi grafik yaitu untuk menggambarkan data-data dalam bentuk angka (data kuantitatif) secara teliti dan menerangkan perkembangan serta perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Jadi dapat disimpulkan fungsi grafik:

  1. Menggambarkan data kuantitatif dengan teliti.
  2. Menerangkan perkembangan, perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Grafik disusun berdasarkan prinsip-prinsip matematika dengan menggunakan data-data yang komparatif.

Itulah artikel mengenai definisi atau pengertian grafik, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.