Pengertian WLAN atau Wireless LAN: Komponen, Kekurangan dan Kelebihan

Secara singkat pengertian WLAN adalah jaringan komputer nirkabel, dan disini akan membahas juga komponen, kekurangan dan kelebihannya jika digunakan pada jaringan komputer lokal.

Jelaskan Pengertian WLAN?

Pengertian WLAN adalah singkatan “Wireless Local Area Network”, jaringan komputer lokal yang menggunakan gelombang radio (wireless) sebagai media transmisinya. Jadi untuk menghubungkan antar perangkat seperti antar komputer, atau komputer ke internat menggunakan sinyal wireless.

Saat ini jaringan komputer WLAN sudah banyak digunakan terutama di perusahan-perusahan karena tergolong praktis, efesien, dan rapi karena pemeliharaannya yang mudah serta tidak banyak menggunakan kabel jaringan.

pengertian wlan adalah
pixabay.com

4 Komponen WLAN

Komponen yang menyusun WLAN sebagian umum terbagi menjadi 4 seperti:

1. WLAN Interface

a. Pada Laptop

Berbentuk perangkat akses untuk pengguna yang memakai laptop dan biasanya sudah terpasang pada port PCMCIA. Tetapi untuk komputer dekstop harus ditambahkan perangkat seperti wireless adapter.

b. Pada Komputer Dekstop

Merupakan alat yang bisa dipasangkan pada perangkat komputer dekstop biasanya pada bagian motherboard, jika pada laptop ada alat yang terpasang pada port PCMIA, maka untuk komputer dekstop memerlukan perangkat khusus yang bernawm wireless adapter yang di sambungkan pada port PCI atau Port USB.

2. Access Point

Menjadi perangkat yang sangat penting bagi jaringan WLAN karena merupakan perangkat yang sentral untuk menghubungan antar perangat dan bisa menghubungkan ke ISP. Access-Point mempunyai fungsi untuk memancarkan sinya wireless. Selain itu juga berfungsi untuk mengatur MAC adress, sebagai DHCP server, dll. oleh sebab itu perangkat ini menjadi inti dalam jaringan WLAN.

3. Antena

Antena ini biasanya merupakan antena external yang sering di tambahkan pada perangkat supaya dapat memperkuat sinyal pemancar dan bersifat tidak wajib.

creately.com

5 Kelebihan WLAN

1. Mobilitas Yang Baik

Selama dalam jangkauan sinyal Acess point memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan sehingga informasi mudah di dapatkan, jadi tidak perlu di satu rungan tempat kerja saja untuk mengakses informasi, lalu dengan mobilitas yang baik ini maka dapat meningkatkan produktivitas khusunya dalam bekerja.

2. Mudah Instalasi

Dalam penerapannya WLAN tergolong mudah dan juga cepat di instalasi, karena tanpa diperlukan memasang kabel jaringan terlebih dahulu. Coba bayangkan jika menggunakan kabel dalam jaringan LAN yang besar maka diperlukan banyak kabel jaringan belum lagi memasangkan konektornya, maka dengan Mnggunakan teknologi wireless maka hal tersebut dapat di percepat.

3. Sangat Fleksibel

Pengguna dapat terhubung ke jaringan dimana saja selama terjangkau sinyal, selain itu sedikit menggunakan kabel atau bahkan tidak menggunakan kabel.

4. Minim biaya perawatan

Meski pada awal pemasangan WLAN memerlukan biaya yang cukup mahal, tapi dalam perawatan jaringannya cukup murah karena tidak memerlukan kabel.

4. Bisa digunakan banyak topologi jaringan

Dapat digunakan berbagai macam topologi jaringan, hal ini karena tidak dibutuhkan kabel untuk terkoneksi ke jaringannya.

Baca Juga: Pengertian Topologi Star

Baca Juga: Pengertian Topologi Bus

5 Kekurangan WLAN

1. Kerahasian atau Keamanan Kurang Terjamin

Karena untuk menghubungkan perangkat komputer dll. menggunakan teknologi nirkabel, jadi kerahasiaan data atau keamanan data kurang terjamin sebab jaringan bisa di akses oleh siapa saja jadi pentingnya memperhatikan sistem pengamanannya.

2. Peralatan Relatif Mahal

Pada awal pembuatan atau perancangan tentunya membutuhkan peralatan yang relatif mahal misalnya dibutuhkan Access Point, wirelles adapter, dll. Perangkat yang digunakan-pun harus memiliki teknologi nirkable, misalnya ingin menghubungan printer, maka printer tersebut harus memiliki teknologi wireless.

3. Delay

Maksudnya jika sinyal terhalang, terpantul, dan jika lalu lintas jaringan padat berpotensi mengalami keterlambatan untuk mengakses serta menerima informasi.

4. Access Point Rawan Gangguan

Jika perangkat access point mengalami kerusakan maka banyak perangkat yang terhubung ke jaringan akan mengalami gangguan bahkan tidak bisa terhubung ke jaringan.

Akhir kata, itu lah pengertian WLAN beserta komponen kelebihan hingga kekurangannya pada jaringan komputer, semoga pembahasan ini bermanfaat terutama dalam menambah wawasan, terimakasih…