Pengertian IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lengkap

Inilah pengertian IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara lengkap dengan dampak positif dan dampak negatifnya yang dapat kamu baca dan pahami di artikel kali ini – Ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi saat ini memang berkaitan satu samalain, semakin berkembangnya pengetahuan maka kemajuan teknologi juga semakin pesat.

A. Jelaskan Pengertian IPTEK !

Pengertian IPTEK adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi. Dapat juga dikatakan, definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri.

Semakin pesat kemajuan teknologi itu menandakan semakin pesat juga kemajuan ilmu pengetahuan. Kemajuan pesat bidang IPTEK selalu menimbulkan dampak bagi manusia, baik itu dampak positif yang dapat memebrikan keuntungan dan dampak negatif yang menimbulkan kerugian.

Salah satu contoh dampak positif perkembangan IPTEK yaitu teknologi dan ilmu pengetahuan mempermudah kinerja manusia karena bermunculan peralatan teknologi baru. Sedangkan sisi negatifna manusia semakin ketergantungan menggunakan perangkat teknologi, contoh saja smartphone hampil setiap jam manusia menggunaakan smartpohe baik itu orang dewasa hingga anak-anak.

pengertian iptek
sumber: pixabay.com

B. Berikut Ini Pengertian Ilmu, Pengetahuan & Teknologi

Lalu kita bahas mengenai pengertian Ilmu, Pengetahuan dan teknologi:

1. Ilmu

Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.

2. Pengetahuan

Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.

3. Teknologi

Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktifitas. Baca Juga: Pengertian TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi

C. Dampak Negatif dan Positif IPTEK

Saat ini IPTEK telah berkembangan sangat pesat/cepat. Dapat dilihat dari semakin banyaknya bermunculan berbagai macam teknologi canggih yang dapat membantu aktifitas dalam kehidupan manusia. Bengan semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, sehingga menimbulkan efek negatif dan positif, seperti misalnya:

1. Dampak Negatif IPTEK
  • Dapat merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti misalnya konten yang berbau negatif dan yang lainnya.
  • Dapat menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan. Akan tetapi disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.
  • Dapat membuat orang semakin malas, karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah & memanjakan manusia. Jadi manusia akan semakin malas sebab sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.
2. Dampak Positif IPTEK
  • Dapat meringankan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
  • Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.
  • IPTEK juga membawa manusia kearah lebih maju dan modern

Baca Juga: Pengertian Era Digital dilengkapi Dampaknya

D. Contoh Perkembangan IPTEK

1. Siaran Televisi

Siaran televisi asalnya menggunakan sinyal analog yang bisa di tangkap dengan antena tv biasa, tapi sekarangmuncul teknologi DTV atau televisi digital yang bisa menangkap sinyal digital berupa bit data informasi, sama halnya stearming Youtube sehingga gambar lebih jernih dibanding televisi sinyal analog.

2. Internet

Jika dahulu internet hanya bisa digunakan untuk browsing saja atau berkirim email, tapi saat ini internet sudah bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, misalnya menjual produk di marketplace, mempromosikan produk, dan sebagainya.

3. Transportasi

Saat ini transportasi masih menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin tapi saat ini juga sudah mulai dikembangkan dan digunakan transportasi dengan tenaga listrik yang lebih hemat biaya dan ramah lingkungan. Lalu contoh lainnya jika pada dahulu kereta api masih menggunakan bahan bakar batu bara atau bertenaga uap sekarang sudah ada kereta api listrik yg lebih ramah lingkungan.

4. Bidang Industri

Contoh perkembangan IPTEK di dunia industri jika pada jaman dahulu untuk memproduksi produk membutuhkan banyak tenaga kerja tapi saat ini sudah banyak industri yang menggunakan mesin atau robot, hal ini tentunya dapat menghemat biaya dan mengurangi resiko kesalahan pekerjaan, tapi dampak negatifnya mengurangi banyak tenaga kerja karena digantikan robot atau mesin.

5. Teknologi Jaringan Seluler

Dulu ada jaringan 3G seiring perkembangan jaman munculah jaringan 4G yang lebih cepat, dampaknya dari perkemabangn jaringan ini bermunculan perusahaan berbasis startup seperti grab, gojek, uber, dan berbagai marketplace. Hingga saat ini muncul kembali yang terbaru yaitu 5G dan di prediksi semakin berkembang lagi.

Jadi gunakanlah teknologi sesuai kebutuhan dan harus bijak menggunakannya, terutama pada anak-anak disini peran penting orang tua untuk mengawasinya jangan sampai menimbulkan dampak negatif yang merugikan.

Dengan demikian itulah pengertian IPTEK, yaitu suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia slah satunya perkembangan bada bidang teknologi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dna terimakasih…