Pengertian Farmasi Yang Lebih Jelas

Inilah pengertian farmasi, yang saat ini menjadi salah satu bidang paling digemari beberapa orang di jurusan sekolah hingga dunia kerja. Mungkin kita pernah mendengar istilah Farmasi dalam kehidupan kita, apa itu di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat, hingga di dunia kerja. Pada kesmpatan ini kami akan memberikan pembahasan yang singkat mengenai Farmasi.

Apa Pengertian Farmasi?

Farmasi adalah jika dalam bahasa Yunani disebut dengan “Farmakon” (medika/obat). Farmasi sendiri yaitu seni dan ilmu dalam penyediaan bahan-bahan sumber alam dan bahan sintetis yang sesuai untuk didistribusikan dan juga dipakai dalam pengobatan serta pencegahan suatu penyakit.

Pada umumnya, Farmasi meliputi pengetahuan mengenai identifikasi, kombinasi, analisa dan juga standarisasi obat serta pengobatan. Termasuk juga sifat – sifat obat dan distribusinya serta dalam hal penggunaannya.

pengertian farmasi
sumber: pixabay.com

Atau definisi farmasi yaitu suatu suatu profesi yang berkaitan dengan kesehatan yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan kesehatan dan juga kimia. Farmasi ialah suatu profesi di bidang kesehatan yang meliputi berbagai kegiatan di bidang: penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, maupun distribusi obat. Dalam ilmu farmasi terdapat empat bidang yang dipelajari, diantaranya yaitu farmasi: industri, ains, klinik dan obat tradisional.

Ada juga definisi dari farmasi adalah seseorang yang meracik dan menyerahkan ataupun membagikan obat. Atau farmasis yaitu seseorang yang ahli dalam obat – obatan dan pada umumnya pakar kesehatan yang mengoptimalkan penggunaan dari obat kepada pasien untuk kesehatan yang lebih baik.

Saat ini sudah banyak jurusan Farmasi di kampus atau sekolah, hingga ada sekolah khusus farmasi karena jurusan ini memiliki prospek yang bagus di dunia kerja maupun dunia usaha. Saat lulus sekolah biasanya sesorang yang mengambil jurusan farmasi bisa bekerja di industri obat, menjadi apoteker, laboratorium klinik, bekerja di rumah sakit, di dunia pendidikan, instansi pemerintah, dan sebagainya.

Baca Juga: 11 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Menjanjikan

Kesimpulan Pembahasan

Jadi farmasi adalah ilmu yang digunakan dalam memanfaatkan sumber daya alam dan bahan lain untuk pengobatan, mencegah penyakit hingga menjaga kesehatan. Didalamnya terdapat penemuan, pengembangan, produksi, hingga pendistribusian.

Saat ini industri farmasi telah berkembang pesat, hingga ada sekolah yang mengkhususkan mempelajarinya, dan banyak sekali orang yang terjuan ke duania farmasi karena gajinya yang tergolong cukup besar.

Akhir kata, Itulah artikel yang singkat mengenai definisi atau pengertian farmasi, apakah sekarang kamu sudah memahaminya? semoga artikel ini dapat kamu pahami atau kamu mengerti, terimakasih telah membaca dan berkunjung…