Pengertian Field, Record, Table, File, Data, dan Basis Data Lengkap

Mempelajari tentang pengertian field, record, tabel, file, data dan basis data secara lengkap di artikel yang singkat ini – Jika kamu mempelajari database atau sering mengolah data dalam bentuk table maka tidak asing dengan istilah tersebut, setidaknya mengetahui bentuk dan kegunaannya. Untuk memelajarinya maka pada kesempatan ini kami akan memberikan pembahasannya dengan ungkapan yang mudah di mengerti.

1. Pengertian Filed

Filed adalah kumpulan karakter yang membentuk suatu arti, misal dalam filed selalu ada KodeBarang, NamaBarang, KodeBarang, JenisBarang, dan sebagainya, maka semua acuannya harus yang berkaitan dengan KodeBarang. Biasa juga arti filed merupakan tempat berupa kolom yang ada pada table untuk mengisi data, yang biasanya ada pada kolom database seperti di Microsoft Acces atau Database lainnya.

2. Pengertian Record

Record adalah kumpulan field yang lengkap dan kompleks, biasanya satu record dihitung dalam satu baris yang ada pada table basis data. Singkatnya basis data (database) merupakan element data yang berkaitan satu sama lain. Misalnya pada table memiliki komlom KodeBarang, NamaBarang, JenisBarang, TanggalExpiredBarang, maka yang dimaksud record yaitu satu baris data dari KodeBarang hingga TanggalExpiredBarang.

pengertian field, record dan table
Gambar: pengertianku.net

3. Pengertian Table / Tabel

Table adalah kumpulan dari field dan record. Ada juga yang mengartikan table merupakan susunan antara baris dan kolom, sehingga strukturnya lebih kompleks. Tabel sering digunakan pada penelitian, analisis data, hingga basis data. Database sendiri bentuknya berupa table, dna dalam table tersebut berisi kumpulan data yang kompleks, data tersebut diolah kembali hingga menampilkan berbagai bentuk bisa berupa diagram, daftar data yang di inginkan, dan sebagainya.

4. Pengertian File

File adalah sering disebut sebagai berkas komputer (computer file) yang disimpan dalam komputer bisa di akses, diatur, di modifikasi oleh pengunanya. File didalamnya terdiri dari data, table yang menggambarkan kesatuan data. Dalam basis data file biasanya merupakan table dengan kumpulan data yang sejenis, misalnya ada file berisikan table NamaBarang maka semua isinya merupakan yang berkaitan dengan NamaBarang. Baca selengkapnya: Pengertian File

5. Pengertian Data

Data adalah kumpulan fakta, kejadian, hasil analisis, dll yang bisa digunakan sebagai informasi. Data byang dikumpulkan bisa di olah sehingga dapat di mengerti oleh orang lain. Database sendiri isinya merupakan kumpulan data yang banyak yang di input oleh pengguna kedalam sistem, dengan metode menggunakan aplikasi tertentu data dalam database di olah lalu di tampilkan pada layar sehingga mudah di mengerti pengguna atau ditampilkan sesuai kebutuhan pengunanya. Misal data dalam database memuat informasi mengenai stok barang, lalu di olah oleh sistem untuk menampilkan jenis stok brang tertentu.

6. Pengertian Basis Data / Database

Basis data adalah sering disebut sebagai Databse merupakan kumpulan data yang diklompokan dalam table, tersimpan, dan bisa di akses secara digital oleh sistem komputer. Semakin banyak data yang tersimpan maka database akan semakin kompleks. Saat ini database banyak sekali digunakan terutama oleh perusahaan yang mengolah data secara digital. Database bisa di rancang sesuai kebutuhannya, software basis data ada yang gratis seperti mySQL dan ada juga yang berbayar seperti Oracel, contoh sederhana yang sepaket dengan microsoftofice syaitu microsoft access. Baca selengkapnya: Pengertian Database

Akhir kata, demikian artiikel yang singkat mengenai pengertian field, record, table, file, data dan basis data. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon di mmaafkan cukup sekian dna terimakasih banyak.

Bagikan Ke: