Inilah Pengertian Alat Peraga dan Menurut Para Ahli

Memahami seputar pengertian alat peraga dan menurut para ahli dilengkapi dengan contoh alat peraga yang ada di sekolah – Dalam tulisan kali ini kami akan memberikan penjelasan secara lebih lengkap mengenai alat peraga dan berikut penjelasannya.

A. Jelaskan Pengertian Alat Peraga?

Alat peraga adalah semua atau segala sesuatu yang bisa digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep-konsep pembelajaran dari materi yang bersifat abstrak atau kurang jelas menjadi nyata dan jelas sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat para siswa yang menjurus kearah terjadinya proses belajar mengajar.

Alat peraga merupakan suatu alat yang dipakai untuk membntu dalam proses belajar-mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh pengajar atau guru. Penggunaan alat peraga ini mempunyai bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran. Alat peraga yang dipakai dalam proses belajar-mengajar dalam garis besarnya memiliki manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat membangkitkan minat perhatian dan aktivitas para siswa.

B. 4 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli atau Pakar

Menurut Wijaya & Rusyan [1994] – yang dimaksud Alat Peraga Pendidikan adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar & dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan – tujuan belajar.

Terus menurut Nasution [1985] – alat peraga pendidikan adalah alat pembantu dalam mengajar agar efektif.

Lalu menurut Sudjana [2009] – Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata & telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif & efisien.

Dan menurut Faizal [2010] – Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik & membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

C. 3 Tujuan Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran

Berikut ini beberapa tujuan alat peraga disebutkan selain di atas tadi, ialah sebagai berikut:

  • Alat peraga dalam pendidikan  memiliki tujuan supaya proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar para siswa.
  • Alat peraga pendidikan dapat memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana siswa belajar dengan banyak sekali kemungkinan, sehingga belajar dapat berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
  • Alat peraga pendidikan mempunyai manfaat supaya belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas, alat peraga dapat memungkinkan mengajar lebih sistematis dan juga teratur.

D. Manfaat Alat Peraga

Untuk lebih jelas dan terperinci, berikut ini manfaat dari penggunaan alat peraga pendidikan yaitu antara lain sebagai berikut ini:

  • Menimbulkan minat sasaran pendidikan.
  • Mencapai sasaran yang lebih banyak.
  • Dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam hambatan dalam proses pendidikan.
  • Dapat merangsang sasaran dari pendidikan untuk mengimplementasikan ataupun melaksanakan pesan-pesan kesehatan atau pesan pendidikan yang akan disampaikan.
  • Dapat membantu sasaran pendidikan untuk belajar dengan cepat serta belajar lebih banyak materi atau bahan yang disampaikan .
  • Merangsang sasaran pendidikan untuk bisa meneruskan berbagai pesan yang disampaikan yang memberi materi kepada orang lain.
  • Dapat mempermudah saat penyampaian materi pendidikan atau informasi oleh para pendidik.
  • Dapat Mendorong keinginan orang-orang maupun individu untuk mengetahui, lalu kemudian lebih mendalami, lalu pada akhirnya mendapatkan pengertian yang lebih baik. Individu yang melihat sesuatu yang memang ia diperlukan tentu akan menarik perhatiannya. Dan juga apa yang dilihat dengan penuh perhatian akan dapat memberikan pengertian baru untuknya, yang merupakan pendorong untuk melakukan ataupun memakai sesuatu yang baru tersebut.
  • Membantu menegakkan pengertian atau informasi yang diperoleh. Sasaran pendidikan di dalam menerima sesuatu yang baru, manusia memiliki kecenderungan untuk melupakan/lupa. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, AVA (Audio Visual Aido – alat bantu atau peraga audio visual) dapat membantu menegakkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah diterima oleh sasaran pendidikan sehingga apa yang diterima akan lebih lama tersimpan di dalam ingatan si penerima.

E. 3 Contoh Alat Peraga

Contoh alat peraga pada bidang pendidikan dan pembelajaran, misalnya seperti:

1. Alat peraga Jam

Berikut ini alat peraga yang bisa digunakan untuk mempelajari waktu atau jam yang bisa digunakan untuk mengenalkan dan mempelajari waktu kepada anak-anak.

contoh alat peraga jam
Alat peraga jam

2. Alat peraga bangun ruang

Berikut Alat yang digunakan untk mempermudah anak-anak atau siswa dalam mempelajari berbagai macam bangun ruang seperti kubus, balok, dll.

Alat peraga bangun ruang

3. Alat peraga sempoa

Sempoa merupakan contoh alat peraga yang bisa digunakan anak-anak untuk belajar berhitung, bisanya sering digunakan oleh anak sekolah dasar.

Alat peraga sempoa

4. Globe

Globe adalah alat peraga yang berupa gambaran bentuk bumi yang di perkecil dengan yang sama dengan kedaan sebenarnya, globe sering digunakan untuk mempelajari geografi.

globe contoh alat peraga
Alat peraga globe

Akhir kata…, Itulah artikel yang singkat tentang pengertian alat peraga pembelajaran, semoga dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, sekian dan terimakasih.