Pengertian Anggaran dan Jenis-Jenisnya Secara Lengkap

Inilah pengertian anggaran dan jenis-jenis anggaran yang ada dalam perusahaan yang perlu kamu ketahui terutama bagi yang mengelola akutansi maupun anggran pada perusahaan, untuk memahaminya secara jelas dan lengkap kamu dapat membacanya dibawah ini.

Definisi Anggaran

Pengertian anggaran adalah suatu rencana yang telah disusun secara sistematis, di mana meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu atau periode tertentu,  perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka periode tertentu yang akan datang.

Bisa juga arti anggaran adalah rencana keuangan yang akan menghabiskan sejumlah uang dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program. Sebesar apapun suatu perusahaan tentu memiliki anggaran terbatas, sehingga dibutuhkan penyusunan anggaran untuk menjalankan programnya.

pengertian anggran
www.pixabay.com

Sedangkan pengertian anggaran perusahaan adalah suatu proses perencanaan serta pengendalian kegiatan operasi perusahaan yang dinyatakan dalam suatu kegiatan. Di sini yang dinyatakan dalam suatu kegiatan dalam satuan uang yang memiliki tujuan untuk memproyeksikan operasi perusahaan dalam proyeksi keuangan. BACA: Pengertian Akuntansi Keuangan dan Fungsinya

Jenis-Jenis Anggaran

Di bawah ini jenis-jenis anggaran beserta pengertiannya secara singkat dan jelas:

1. Anggaran Penjualan

Arti dari Anggaran penjualan adalah jenis perencanaan penjualan dalam periode waktu tertentu tapi bisanya dalam kurun waktu satu tahun. Anggaran ini dinyatakan dalam satuang uang maupun kuantitas penjualan.

Anggaran Penjualan sering disebut juga sebagai anggaran kunci dalam proses penyusunan anggaran, sebab anggaran tersebut merupakan dasar dari penyusunan jenis-jenis anggaran yang lain, diantaranya yaitu: Anggaran Produksi, Anggaran Kas , Anggaran Biaya Nonproduksi, serta Anggaran Rugi-Laba.

Jadi anggaran penjualan merupkanan suatu anggaran yang menerangkan secara detail tentang penjualan perusahaan untuk masa mendatang. Di dalamnya terdapat rencana tentang jenis-jenis barang, jumlah, harga, waktu, maupun tempat penjualan barang tersebut.

BACA: Pengertian Penjualan dan Pemasaran

2. Anggaran Produksi

Anggaran produksi adalah jenis anggaran yang isinya berupa rencana unit yang diproduksi selama periode tertentu. Taksiran produksi ini ditentukan berdasarkan rencana penjualan maupun persediaan yang diharapkan.

Bisa dikatakan anggaran produksi merupakan dasar dari penyusunan anggaran biaya produksi, diantaranya yaitu anggaran: biaya overhead pabrik, biaya bahan baku ,dan juga biaya tenaga kerja langsung.

jenis anggaran
pxhere.com

3. Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran biaya bahan baku adalah taksiran bahan baku yang dibutuhkan ketika proses produksi yang dinyatakan dalam satuan uang dan kuantitas bahan baku. Lalu dari anggaran ini akan diketahui pembelian bahan baku yang dianggarkan, yang selanjutnya dipakai sebagai dasar penyusunan Anggaran Kas dan Rugi-Laba.

4. Aggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Pengertian anggaran biaya tenaga kerja langsung yaitu taksiran biaya tenaga kerja langsung selama waktu (priode) anggaran, yang selanjutnya dipakai sebagai dasar dalam penyusunan Anggaran Kas dan Rugi-Laba. Biasanya untuk menyusun perhitungan biaya tenaga kerja langsung ini dikenal 2 (dua) macam dasar perhitungan, diantaranya upah per unit produk, serta upah per jam.

5. Anggaran overhead pabrik

Anggaran ini mengenai taksiran biaya overhead pabrik selama periode anggaran yang dipakai dalam penyusunan Anggaran kas dan Rugi-Laba.

6. Anggaran Persediaaan

Anggaran persediaan adalah berisikan perencanaan anggaran persediaan yang dibutuhkan perusahan dalam satu periode tertentu. Anggaran ini merupakan anggaran yang merencanakan secara terperinci dan jelas berapa nilai persediaan pada periode yang akan datang. Sedangkan pada perusahaan manufaktur persediaan yang ada terdiri dari tiga jenis yaitu persediaan material, persediaan barang setengah jadi, dan juga persediaan barang jadi.

7. Anggaran Biaya Produksi

Anggaran biaya produksi adalah perencanaan yang terdiri dari pengelolaan bahan baku, Anggaran biaya pemasaran, dan juga biaya administrasi. Anggaran ini juga selalu digunakan sebagai bahan dasar dalam penyusunan anggaran kas dan laporan rugi-laba.

BACA: Pengertian Produk dan Contohnya yang Dihasilkan Perusahaan

8. Anggaran Program

Arti anggaran program adalah anggaran operasi yang disusun berdasarkan berbagai program utama perusahaan, misalkan program penelitian dan pengembangan. Anggaran program pada umumnya dipakai untuk menganalisis keterkaitan di antara berbagai program perusahaan.

pengertian anggaran program
www.pxhere.com

9. Anggaran Pertanggung Jawaban

Merupakan nggaran operasi yang disusun berdasarkan pusat pertanggung jawaban yang terdapat di dalam perusahaan. Program pertanggung jawaban ini digunakan sebagai alat pengendalian setiap manajer dan sebagai pusat pertanggung jawaban yang pimpinan.

10. Anggaran Pengeluaran Modal

Anggaran pengeluaran modal adalah rencana yang isinya mengenai rencana perubahan aktiva tetap perusahaan selama periode tertentu. Anggaran ini disusun berdasarkan proyeksi penjualan, serta dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran kas, biaya overhead pabrik, dan biaya nonproduksi.

11. Anggaran Kas

Anggaran kas adalah rencana yang memuat taksiran penggunaan kas selama periode tertentu. Isinya di susun dari anggaran operasi dan pengeluaran modal, lalu dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran Neraca. Serta penyusunan anggaran kas bagi suatu perusahaan sangatlah penting sekali, artinya bagi penjagaan likuiditas perusahaan itu.

BACA: Pengertian Akuntansi Biaya, Tujuan, dan Klasifikasinya

12. Anggaran Rugi-Laba

Anggaran ini berisi mengenai taksiran rugi maupun laba perusahaan selam periode (waktu) anggaran. Anggaran rugi-laba ini disusun dari anggaran operasi, danjuga dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran neraca.

13. Anggaran Neraca

Anggaran yang berisi mengenai rencana posisi keuangan (aktiva, utang, dan modal) perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran. Anggaran neraca ini disusun dari anggaran kas dan anggaran rugi-laba, dan dipakai untuk dasar penyusunan anggaran perubahan posisi keuangan.

14. Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Anggaran ini isinya mengenai rencana perubahan utang, aktiva, modal perusahaan selama periode (waktu) anggaran. Anggaran ini disusun dari anggaran neraca.

Mungkin itulah pembahasan menganai pengertian anggaran dan jenisnya semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan dalam pembahasan mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: