Inilah Pengertian Memo Lebih Lengkap

Berikut ini pengertian memo dilengkapi jenis da cara menulis memo yang baik dan benar – Apakah yang dimaksud dengan memo? berikut penjelasannya, harap simak baik-baik supaya dapat kamu pahami.

A. Penjelasan Tentang Memo

Memo adalah suatu tulisan singkat, jelas dan padat tentunya mudah di pahami, yang di tujukan kepada seseorang bersifat informal biasanya penulisannya tidak lebih dari 10 (sepuluh) baris, penulisanya bisa di ketik ataupun dengan tulisan tangan.

Fungsi memo yaitu di gunakan untuk mengingatkan, menegaskan tentang suatu hal maupun urusan. Adapun isi dari memo berupa permintaan, instruksi, pemberitahuan, saran, pesan, dan tugas-tugas tertentu.

pengertian memo
sumber: pixabay.com

B. 3 Bagian-Bagian Memo

Bagian-bagian Memo sama saja seperti surat biasa, seperti kepala, badan, dan bagian kaki memo. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di bawah ini:

  • Kepala: Nama, Alamat, Lambang atau biasanya Logo Instansi.
  • Badan: isi / pesan singkat (memberikan informasi, perintah ataupun laporan).
  • Kaki: tanda tangan dan nama jelas pembuat memoat memo.

C. Inilah Jenis-Jenis Memo

Terdapat juga jenis-jenis memo, diantaranya seperti:

  • Memo bersifat resmi – Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya.
  • Memo bersifat pribadi Memo bersifat pribadi – digunakan dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan akrab. Itulah mengenai pengertian memo resmi dan tidak resmi.

D. Cara atau Langkah-Langkah Menulis Memo

Dan inilah langkah-langkah menulis atau membuat Memo:

  • Siapkan blangko Memo yang akan dipakai.
  • Penulisannya boleh di ketik atau dengan tulisan tangan.
  • Menyampaikan pesan atau instruksi dengan bahasa yang tepat, singkat dan dapat dipahami.
  • Dan Menandatangani serta menyertakan nama jelas pembuat memo, mengirim memo kepada orang yang di tuju.

Akhir kata, jadi pengertian memo adalah suatu tulisan singkat, jelas dan padat, tentunya mudah di pahami, yang di tujukan kepada seseorang untuk menginformasikan sesuatu. Itulah artikel mengenai penjelasan¬†memo, semoga dapat di pahami terutama dalam menambah wawasan kamu. Jikada ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih…