Definisi atau Pengertian Supervisi dan Menurut Para Ahli

Memahami seputar pengertian supervisi secara umum dan menurut para ahli. Supervisi jika dilihat dari sudut etimologi berasal dari kata “super” dan kata “vision” yang dimana masing-masing kata itu berarti atas dan juga penglihatan. Jadi kalau secara etimologis arti supervisi yaitu penglihatan dari atas, definisi tersebut merupakan arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi yang melihat berkedudukan lebih tinggi dari pada yang dilihat.

Jelaskan Pengertian Supervisi!

Jadi dapat diartikan secara umum pengertian supervisi adalah pengarah serta pengendalian kepada tingkat karyawan yang berada di bawahnya dalam suatu organisasi atau kelompok. Orang yang menjalankan kegiatan supervisi biasanya di sebut dengan sebutan Supervisor.

Supervisor bukan hanya pejabat atau petugas dari kantor pembinaan saja, tapi kepala sekolah, para guru dan bahkan murid-pun dapat disebut sebagai supervisor, jika misalnya diserahahkan tugas untuk mengetuai kelas, organisasi ataupun kelompoknya.

pengertian supervisi
pixabay.com

Sedangkan pengertian supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa tuntunan atau pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya serta peningkatan mutu mengajar, belajar dan juga belajar pada khususnya.

Lalu pengertian supervisi klinis adalah supervisi yang difokuskan kepada perbaikan pembelajaran melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan, pengamatan serta analisis yang intesif terhadap penampilan pembelajarannya yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Pengertian supervisi akademik yaitu sebuah rangkaian kegiatan untuk membantu pimpinan untuk mengembangkan proses pengolahan suatu kegiatan untuk mencapai target dari kegiatan tersebut. BACA: Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Supervisi Menurut Para ahli

Umumnya pengertian supervisi menurut para ahli ini seputar dunia pendidikan yang diantaranya:

Menurut Ross L. (1980) menyebutkan bahwa supervisi adalah bentuk pelayanan pada guru-guru yang tujuannya menghasilkan perbaikan dari segi pengajaran, cara pembelajaran, dan kurikulum. Dapat disimpulkan bahwa Ross L. memandang supervisi sebagai cara pelayanan kapada guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan di bidang pendidikan.

Menurut Bafadal (2005) supervisi artinya layanan profesional yang bentuknya berupa bantuan kepada para personel dalam upaya meningkatkan kemampuan sehingga mampu untuk mempertahankan maupun melakukan perubahan penyelengaraan sekolah dalam upaya encapaian tujuan sekolah.

Sedangkan menurut Mulyasa (2006) mengartikan supervisi sebagai pengendalian yang dapat dilaksanakan oleh kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor, tapi pada sistem organisasi modern dibutuhkan supervisor khusus yang lebih independent dan dapat meningkatkan objektivitas dalam pembinaan dan pelaksanaan tugas.

Lalu menurut Purwanto (1987) menyebutkan bahwa definisi supervisi yaitu suatu kegiatan pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru maupun pegawai sekolah dalam melakukan pekerjaannua supaya lebih efektif.

Akhir kata, Itulah di atas pembahasan tentang definisi supervisi, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.