Pengertian Diagram dan Jenis-Jenisnya beserta Contohnya

Memahami seputar pengertian diagram dan jenis-jenisnya serta contoh diagram – Sering sekali kita melihat diagram dengan berbagai bentuk baik itu di sekolah atau lingkungan kerja. Jika kamu belum mengtahui definisinya berikut penjelasannay secara lebih lengkap.

Apa Pengertian Diagram?

Diagram adalah suatu gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan suatu data yang akan disajikan. Atau definisi diagram yang lainnya adalah lambang-lambang tertentu yang dapat dipakai untuk menjelaskan sarana, prosedur serta kegiatan-kegiatan yang sudah biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.

Contoh-Contoh Diagram

Jenis-jenis, dan contoh diagram yang ada dalam statistika seperti:

1. Diagram Garis

Penyajian data statistik dengan memakai diagram berbentuk garis lurus disebut dengan diagram garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang didapat berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan, Sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan juga pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, Lalu selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan didapat diagram garis atau sering disebut juga grafik garis.

pengertian diagram dan Contoh diagram garis
Contoh diagram garis

BACA: Pengertian Data Dan Menurut Para Ahli

2. Diagram Lingkaran

Penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lalu bagian-bagian dari daerah lingkaran, menunjukkan persen data. Untuk membuat diagram lingkaran, pertama-tama terlebih dahulu ditentukannya besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Contoh diagram lingkaran

3. Diagram Batang

Pada umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan berbagai keterangan dengan batang-batang tegak ataupun mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah.

Contoh diagram batang

4. Diagram Batang Daun

Dapat diajukan sebagai contoh penyebaran data. Di dalam diagram batang daun, data yang telah terkumpul diurutkan terlebih dahulu dari data ukuran terkecil sampai data dengan ukuran yang terbesar. Diagram ini terdiri dari dua bagian, diantaranya yaitu batang dan daun. Pada bagian batang memuat angka puluhan serta bagian daun memuat angka satuan.

Contoh diagram batang-daun

5. Diagram Kotak Garis

Data statistik yang dipakai untuk menggambarkan diagram kotak garis yaitu statistik Lima Serangkai, yang dimana terdiri dari data ekstrim (data yang terkecil dan data yang terbesar), Q1, Q2 dan Q3.

Contoh diagram kotak garis

BACA: Pengertian Analisis Data

Kesimpulan Pembahasan

Jadi yang dimaksud diagram adalah cara menggambarkan untuk memperlihatkan atau menerangkan suatu data, umumnya berupa data peningkatan dan penurunan mengenai sesuatu. Jenis-jenis diagram pada dasarnya dibagi menjadi 5 diantaranya garis, batang, batang daun, Lingkaran dan kotak garis. Fungsi diagram secara umum adalah untuk memberikan gambaran menganai suatu data hasil analisi supaya mudah di mengerti oleh pembaca.

Akhir kata, Itulah pengertian diagram dan contohnya semoga dapat bermenfaat untuk kamu yang membaca, dan terimakasih banyak telah membaca artikel ini…

Bagikan Ke: