Mengenal Pengertian TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berikut ini Pengertian TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi baik itu secara umum dan menurut para ahli. Teknologi merupakan suatu alat yang saat ini sering digunakan oleh semua orang. Bisa dikatakan saat ini semua orang hidupnya sangat bergantung kepada teknologi dan informasi. Lalu di dini kita akan pelajari dan pahami bersama-sama apa yang dimaksud dengan TIK pada.

Definisi TIK

Pengertian TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris Information and Communication Technologies, jika di singkat ICT dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi.

Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “Technologia” atau “Techne” yang memiliki arti “Keahlian” dan juga “Logia” yang artinya “Pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.

pengertian tik
pixabay.com

2 Aspek TIK

TIK mencakup 2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Teknologi Informasi

Teknologi informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.

2. Teknologi Komunikasi

Lalu teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atauhal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Dari dua definisi tersebut bahwa teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah 2 buah konsep yang sangat tidak terpisahkan. Oleh karena itu, TIK mengandung pengertian luas yaitu segala atau semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan juga pemindahan informasi antar media yang satu ke media yang lainnya.

BACA: Pengertian IPTEK

Pengertian TIK Menurut Ahli

Di bawah ini beberapa pengertian TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) menurut par ahli:

Menurut Eric Deeson : Teknologi informasi dan Komunikasi adalah suatu kebutuhan manusia dalam mengambil, memindahkan, mengolah maupun memproses informasi dalam konteks sosial yang dapat menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

Menurut Menurut Susanto : Teknologi  Informasi dan Komunikasi  adalah sebuah media / alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi baik secara satu arah ataupun dua arah.

BACA: Pengertian Informasi dan Fungsinya

3 Cara Menyampaikan Informasi

Adapun tiga cara dalam menyampaikan informasi yaitu :

1. Secara Natural

Natural / Manusia, penyampaian informasi secara Natural atau manusia, ialah penyampaian informasi masih menggunakan tangan manusia. Seperti misalnya: Pada zaman dahulu biasanya berupa goresan atau gambar-gambar pada batu atau dinding-dinding goad an Cina, Mesir dan Romawi, memakai alat seperti abacus atau suan pan dan jari tangan serta memakai media seperti lempung dan juga kertas.

2. Secara Mekanis

Mekanis, penyampaian informasi secara mekanis yaitu penyampaian informasi yang dilakukan memakai peralatan yang berbentuk mekanik serta digerakkan oleh tangan manusia.

Seperti misalnya secara Elektronis, penyampaian informasi secara elektronis adalah penyampaian informasi yang dilakukan menggunakan peralatan yang bekerja secara elektronik. Misalnya seperti: Komputer generasi I, II, III, IV, dan sebagainya.

Istilah TIK sendiri muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi Komputer (baik perangkat keras maupun lunak) dengan menggunakan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut terus berkembang pesat melampaui bidang teknologi yang lainnya. Hingga pada awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai macam perubahan dan belum sama sekali terlihat titik jenuhnya.

Itulah di atas penjelasan atau pengertian TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi), semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.

Bagikan Ke: