Ketahui Pengertian Perangkat Lunak Atau Software Komputer

Seputar pengertian perangkat lunak atau software komputer dan jenis-jenisnya dapat kamu pahami di postingan kali ini secara lebih lengkap dan juga lebih jelas.

A. Apa itu Perangkat Lunak Komputer?

Pengertian perangkat Lunak adalah, lebih sering disebut dengan software yaitu suatu kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan untuk mesin komputer untuk menyimpan perintah, serta dokumen maupun arsip yang lainnya.

Atau definisi yang lainnya yaitu program komputer yang memiliki fungsi untuk sarana interaksi antara pengguna atau user dengan hardware (perangkat keras). Perangkat lunak dapat dikatakan juga sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh hardware, itulah definisi softwere atau perangkat lunak komputer.

pengertian perangkat lunak
sumber: pixabay.com

Perangkat Lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software ini merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun berupa instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun oleh catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginan tersebut di buat atau dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang sering disebut dengan program dan data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal, diantaranya seperti sistem operasi (OS), program dan juga data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin komputer.

B. 3 macam perangkat lunak atau softwere

Perangkat lunak/software ini dibagi menjadi ke dalam 3 (tiga) macam diantaranya:

1. OS (Operating System)

Sistem Operasi adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung serta menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas ataupun fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jenis-jenis Sistem Operasi misalnya seperti: Micorsoft Windows, Linux, Mac OS, dan yang lainnya. (Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi Komputer)

2. Softwere Aplikasi

Pengertian perangkat lunak aplikasi (Software Application) adalah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jenis-jenis aplikasi komputer misalnya seperti: Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice, Pengolah angka – Microsoft Excel, Presentasi – Microsoft PowerPoint, Anti virus dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Softwere Bahasa Pemerograman

Software Bahasa Pemrograman (Language Program) adalah suatu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat diterima dan juga dipahami oleh komputer. Atau suatu program untuk pengembangan sistem seperti bahasa pemrograman turbo pscal, Visual Basic, Delphi, pemrograman editor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah diatas tadi mengenai pengertian perangkat lunak komputer semoga dapat di mengerti dan bermanfaat…

Bagikan Ke: