Definisi atau Pengertian File Secara Jelas serta Contohnya

Secara ringkas pengertian file secara umum dan menurut para ahli dilengkapi dengan jenis-jenis file, dan contoh ekstensinya – Di jaman yang serba digital ini baik itu dalam bidnag pendidikan, maupun saat malakukan pekerjaan kita tidak pernah lepas menggunakan perangkat komputer yang didalamnya tersimpan banyak file yang penting. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar besama-sama menganai file.

A. Jelaskan Pengertian File!

Yang dimaksud dengan file adalah kumpulan berbagai macam informasi atau data yang tersipan pada storage komputer atau gadget. Dilihat dari segi konsep pembentuknya pada komputer file terdiri dari beberapa tipe data seperti data numeric, karakter, dan binary, ada juga yang berjenis program.

Singkatnya file artinya data yang tersipan di dalam perangkat komputer atau gadget. File yang disimpan pada komputer umumnya disimpan dalam folder, hal ini supaya dapat dikelompokan sesuai jenisnya, hal ini berguna supaya penyimpanan pada komputer rapi sehingga saat di butuhkan file tersebut bisa di temukan dengan mudah.

pengertian file
Gambar: pixabay.com

B. Contoh dan jenis file serta ekstensinya

Berikut ini contoh jenis file pada komputer dan berbagai macam ekstensinya:

1. File System

File system merupakan file yang berguna untuk menjalankan program pada komputer, selain itu ada juga untuk instalasi aplikais, contoh ekstensinya: .sys, .com, .exe, .tmp, .bak, .bat, .html, .php.

2. File Video

Merupakan jenis file yang memuat video di dalamnya, saat ini file video memiliki berbagai macam ekstensi misalnya .avi, .mkv, .mpg, .mp4, .3gp, .flv, .mpg dan lain-lian. Semakin besar resolusinya semakin besar ukutan filenya dna semakin jernih gambarnya. Untuk membukanya membutuhkan software pemutar video misalnya seperti VLC media player. Baca Juga: Pengertian Manajemen File

3. File Gambar

File gambar di dalamnya memuat gambar atau foto dengan berbagai macam resolusi dari yang rendah hingga yang tinggi, atau dari gambar berbasis vektor hingga bitmap. Contoh ekstensinya: .jpg, .jpeg, .png, .gif, .psd, dan sebagainya.

4. File Suara

Meupakan file yang memuat suara, misalnya music atau rekaman audio tertentu. Contoh ekstensinya seperti: .mp3, .flac. .wav, dan lain-lain. Setiam ekstensi mempengaruhi kejernihan suara, semakin jernih semakin besar ukuran filenya. Untuk mebukannya dibutuhkan software pemutar audio misalnya Aimp, Winamp, VLC, Gom, dan sebaginya.

5. File Dokumen

Contoh file dokumen yang sering di temukan misalnya .doc, .docx yang sering digunakan untuk dokumen microsoft world. Contoh ekstensi file dokumen lainnya seperti: .xls, .pdf, .ods, .ppt, .ppt, dan lain-lain. Baca Juga: Pengertian Dokumen dan Dokumentasi

C. Berikut ini Pengertian File Menurut Para ahli

Menurut Hendrayudi menyebutkan pengertian file adalah data yang disimpan pada media yang memiliki informasi besar seperti file, tanggal penyimpanan, jam penyimpanan file, nama filr, ciri aplikasi yang memmbuatnya, dan attribut.

Rachmad Hakim S menyebutkan arti file yaitu dokumen yang memuat informasi tertentu dan bisa di buka dengan program tertentu.

Sedangkan Sindhunata mengartikan file sebagai kompulan catatan ataupun kumpulan arsip.

Mcleod (PEARSON) menyebutkan definisi file yaitu koleksi record yang saling berhubungan, seperti satu file terdiri dari record berisikan filed kode mata kuliah dan namanya.

Edi S. Mulyanta menyebutkan bahwa file merupakan urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital lalu untuk urusan penyimpanan data maupun pertukaran data.

Akhir kata, Itulah secara ringkas mengenai definisi file dilengkapi jenis, dan contoh ekstensinya, semoga pembahasan kali ini dapat bermanafaat khususnya dalam menambah ilmu pengetahuan, dna jika ditemukan kesalahan mohon d maafkan, terimakasih.