Pengertian Perencanaan (Planning): Sifat dan Jenisnya

Berikut mengenai pengertian perencanaan (planning) lengkap dengan sifat, jenis-jenisnya yang dibahas secara lengkap. Planning merupakan istilah yang sering digunakan di dunia manajemen untuk upaya mencapai suatu tujuan organisasi, baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek, perencanaan harus di susun dan di rundingan secara serius supaya tingkat keberhasilan mencapai tujuan semakin tinggi.

Jelaskan Pengertian Perencanaan!

Yang dimaksud dengan perencanaan adalah proses upaya untuk mencapai tujuan, misalnya dengan membuat strategi dan mengembangkan aktivitas kerja untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam manajemen proses perencanan merupakah hal terpenting, karena tanpa perencanaan proses pengawasan dan pengarahan tidak akan pernah berjalan dengan baik. Oleh karena itu hal ini menjadi bagian terpenting untuk merumuskan cara mencapai tujuan organisasi.

Secara umum renacna dibagi menjadi dua yaitu recana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan umumnya bukan merupakan tujuan bersama dari semua anggota organisasi. Sedangkan yang dimaksud rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilakukan oleh setiap anggota organisasi dan berlaku dalam jangka waktu tertentu.

pengertian perencanaan adalah
gambar: pixabay.com

Sifat Perencanaan

a. Disesuaikan dengan tujuan

Dalam membuat perencanan harus sesuai dengan tujuan utamanya untuk apa, dengan begitu dalam membuat perencanaan dapat disusun dengan baik.

b. Konsisten

Sebuah rencana harus konsisten sesuai dengan tujuannya, karena jika sering terjadi perubahan kemungkinan besar rencana yang sudah dirumuskan tidak akan terpakai atau tujuan sudah berbeda.

c. Biasa dikembangkan

Bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan organisasi.

d. Lengkap

Perencanaan memiliki uraian yang lengkap dan menyeluruh sehingga sangat jelas.

e. Mudah di Pahami

Kata-katanya mudah di pahami karena menggunakan kalimat yang sederhana dan jelas sehingga bisa dihindari salah penafsiran.

Baca Juga: Pengertian Pengawasan dan Fungsinya

Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional

Jenis-Jenis Perencanaan

1. Berdasarkan Waktu

a. Jangka Panjang

Dalam bahasa Inggris long term planning adalah rencana yang dirumuskan dan harus dilaksanakan setiap anggota, berlaku antara 10 hingga 25 tahun.

b. Jangka Menengah

Dalam bahasa inggris medium range planning adalah perencanaan yang dirumuskan dalam periode 5 hingga 7 tahunan.

c. Jangka Pendek

Dalam bahasa Inggris disebut short range planning adalah perencanaan yang umumnya berlaku untuk tujuan jangka pendek, berlaku dalam periode 1 tahun.

2. Berdasarkan Tingkatan

a. Rencana Induk

Master plan atau Rencana induk adalah suatu perencanaan yang menfokuskan kepada rincian kebijakan organisasi, bisanya memuat tujuan jangka panjang seperti visi dan misi atau rencananya memiliki runglingkup luas.

b. Rencana Operasional

Operational planning atau rencana operasional menfokuskan kepada petunjuk atau pedoman dalam menjalankan program yang di intruksikan.

c. Rencana Harian

Day to Day planning atau rencana harian adalah berisi uraian tentang aktivitas harian yang bersifat rutin, biasanya rencana ini tidak tertulis.

3. Berdasarkan Ruang Lingkup

a. Rencana strategis

Rencana strategis berisikan uraian mengeani kebijakan atau tujuan jangka panjang dengan waktu peleksanaann yang lama, sehingga perencanaan ini isisnya sulit untuk di ubah.

 b. Rencana Taktis

Rencana taktis berisikan perencanaan dengan jangka relatif pendek, dan aktivitas kerjanya mudah di sesuaikan asal tujuan utamanya tidak berubah.

c. Rencana menyeluruh

Rencana menyeluruh isinya berupa uraian-uraian mengenai tujuan dan peleksanaan kerja yang lengkap dan menyeluruh.

d. Rencana Terintegrasi

Rencana terintegrasi adalah perencanaan yang sifatnya terpadu berisikan uraian-urain lengkap dan menyeluruh.

Akhir kata…, Itulah secara singkat penjelasan pengertian perencanaan atau planning dilengkapi dengan sifat, dan jenis-jenisnya.semoga pembahasna ini bisa memberikan manfaat terutama dalam menambah wawasan, jika di temukan beberapa kesalahan mohon maaf, terimakasih…