Pengertian DNS, DHCP, FTP dan Fungsinya

Berikut ini pengertian DNS, DHCP, FTP dan fungsinya yang dibahas secara umum. Tiga istilah ini sering kita demukan pada jaringan komputer karena dapat membantu dalam proses komuniaksi antar perangkat pada jaringan. Oleh karena itu pada kesmpatan kali ini mari kita pelajari bersama-sama mengenai pengertian DNS, pengertian DHCP, pengertian FTP dan beberapa fungsinya.

Pengertian DNS atau Domain Name System

DNS adalah kepanjangan dari Domain Name System (DNS server), yaitu nama sebuah sistem database yang berguna untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan / sumber daya yang terhubung ke dalam jaringan internet / jaringan komputer pribadi. Atau definisi lainnya adalah merupakan sistem database yang terdistribusi, digunakan sebagai pencarian nama komputer di dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS memiliki kelebihan ukuran database yang tak terbatas serta mempunyai performa cukup baik.

Fungsi DNS

  • Menerjemahkan nama host (host names), jadi nomor IP address atau sebaliknya, sehingga nama-nama tersebut mudah diingat oleh para pengguna internet.
  • Memberikan suatu informasi mengenai suatu host kepada seluruh jaringan internet. DNS mempunyai keunggulan misalnya seperti: DNS sangat mudah sebab user tak lagi direpotkan untuk mengingat IP (IP address) sebuah komputer/pc cukup host name. Konsisten, IP (IP address) sebuah komputer boleh saja berubah akan tetapi host name tidak boleh berubah.
pengertian dns
pixabay.com

Pengertian DHCP server atau Dinamyc Host Configuration Protocol

DHCP Server adalah kependekan dari Dinamyc Host Configuration Protocol, yaitu suatu layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. PC/komputer yang memberikan no IP inilah yang disebut dengan DHCP server, sedangkan komputer yang meminta atau merequest disebut dengan DHCP Client.

Fungsi DHCP

  • Mempunyai fungsi utama yaitu mendistribusikan IP (IP address) secara otomatis ke setiap client/pengguna yang terhubung dengan jaringan komputer.
  • Memberikan kemudahan untuk network administrator, ketika dalam mengelola jaringan komputer, sebab alokasi IP dapat ditentukan secara otomatis.
  • DHCP server selain bisa memberikan nomer IP address secara dinamik, bisa juga bisa memberikan IP address secara statis kepada client/pengguna yang terhubung kepada jaringan komputer.
  • Dapat memberikan suatu kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer/PC.

Baca Juga: Pengertian Router, Modem, Switch, NIC, Repeater, HUB, Bridge, Access Point Dan Fungsinya

Pengertian FTP atau File Transfer Protocol

FTP adalah kependekan dari “File Transfer Protocol” yaitu suatu protokol yang memiliki fungsi untuk tukar-menukar file di dalam suatu network/jaringan komputer yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

FTP server adalah server yang menjalankan software/perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai yang memberikan layanan tukar-menukar file yang dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan File Transfer Protocol apabila mendapat request dari FTP client.

Fungsi FTP

  • Bertujuan untuk sharing data.
  • Untuk menyediakan indirect ataupun implicit remote komputer.
  • Bertujuan menyediakan tempat penyimpanan bagi pengguna/user.
  • Untuk menyediakan transfer data,file yang reliable serta efisien.

Baca Juga: Pengertian ADSL dan Fungsinya

FTP client adalah Komputer yang meminta/merequest koneksi ke FTP server bertujuan untuk tukar-menukar file. Kalau sudah terhubung dengan FTP server, maka client dapat melakukan men-upload, merename, men-download, men-delete, dan sebagainya sesuai dengan permission yang telah diberikan oleh FTP server.

Itulah artikel mengenai pengertian DNS, DHCP, FTP dan fungsinya, semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah ilmu pengetahuan kamu.