Pengertian Motherboard dan Fungsi Komponennya atau Bagiannya

Lebih lengkap tentang pengertian motherboard dan fungsi komponennya yang menjadi bagian terpenting pada komputer. Di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai motherboard, kalau kamu sering menggunakan komputer atau kamu yang menekuni dunia IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen komputer yang satu ini.

Komponen ini menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada komputer kena menjadi tempat menempelnya berbagai komponen lain. Jika kamu belum mengetahui definisi maupun fungsi dari slot-slot yang terdapat pada motherboard berikut ini penjelasannya, maka harap baca dan pahami baik-baik.

Pengertian Motherboard atau Mainboard

Motherboard adalah papan induk elektronik atau mainboard yang dimana semua device komputer dipasang di slot-slotnya. Cara kerjanya di dalam sistem komputer, peripheral – peripheral akan saling terkoneksi atau saling terhubung di dalam mainboard dan juga dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board.

Semua peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah sistem komputer yang utuh. Sementara fungsi mainboard adalah menyalurkan arus input dan juga arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam sebuah komputer.

Fungsi Komponen atau Slot pada Motherboarad

Berikut ini fungsi komponen motherboard :

Bagian/komponen pada motherboard.
Komponen pada motherboard.

1. Soket Processor

Soket Processor adalah soket yang merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket sendiri menentukan processor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Kesimpulannya soket tertentu hanya bisa dipasang processor tertentu. Sedangkan Merek processor yang paling terkenal adalah merek Intel dan juga AMD. BACA: Pengertian Processor dan Cara Kerjanya

2. Soket RAM

Slot ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis dari slot memori sendiri juga berbeda-beda, tergantung dengan sistem yang digunakannya. BACA: Pengertian RAM dan Fungsinya pada komputer

3. Northbridge

Northbridge adalah sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan juga saluran utama motherboard.

4. Southbridge

Southbridge adalah sebuah sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal yang lainnya.

5. Slot PCI Express x16

Slot PCI Express x16 adalah slot khusus yang bisa digunakan atau dipasangi kartu VGA generasi terbaru.

6. Slot PCI Express x1

Slot PCI Express x1 adalah slot untuk memasang periferal (card) lainnya selain kartu VGA.

6. Slot AGP

Slot AGP adalah merupakan slot khusus untuk memasangkan kartu VGA, generasi sebelum adanya slot PCI Express. BACA: Pengertian VGA Card Komputer dan Jenisnya

7. Slot PCI

Slot PCI adalah merupakan slot umum, biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan juga PCI Express.

8. BIOS

Basic Input-Ouput System adalah program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM / Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard atau mainboard. BACA: Pengertian BIOS dan fungsinya lengkap

9. Baterai CMOS

CMOS adalah baterai yang khusus digunakan untuk memberikan daya pada BIOS (Basic Input-Ouput System).

10. Port SATA

Port SATA adalah merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa dipakai untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer. BACA: Pengertian Harddisk dan Fungsinya

11. Port IDE

Port IDE adalah merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.

12. Port Floppy Disk

Port Floppy Disk adalah port yang menghubungkan media removable atau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu seperti Disket atau juga Floppy Disk.

13. Port Power

Port Power adalah port yang berfungsi memberikan daya ke sistem komputer.

14. Black Panel

Back Panel adalah kumpulan port yang biasanya diletakkan di bagian belakang casing atau wadah komputer PC (Personal Computer). Port yang biasanya ada di bagian belakang casing komputer PC seperti:

15. Port PS2 Mouse

Port PS2 Mouse adalah port yang berfungsi untuk menghubungkan mouse dengan komputer.

16. Port PS2 Keyboard

Port PS/2 Keyboard adalah port yang berfungsi untuk memasang keyboard ke komputer.

17. Port Paralel

Untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data 8 bit. Biasanya dipakai untuk memasang printer sebelum generasi USB.

18. Port Serial

Port Serial adalah berfungsi untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Akan tetapi saat ini jarang sekali digunakan.

19. Port SPDIF

Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.

20. Port Firewire

Berfungsi untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau seperti streaming video.

21. Port RJ45

Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan komputer seperti LAN (Local Area Network).

22. Port USB

Berguna untuk antarmuka dengan periferal / peralatan eksternal generasi terbaru yang menggantikan port paralel dan port Serial.

23. Port Audio

Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan juga line-out.

Itulah pembahasan mengenai pengertian motherboard dan fungsi komponen motherboard, semoga dapat bermanfaat bagi kamu.

Bagikan Ke: