Pengertian Moral dan Etika Lengkap dengan Perbedaannya

Berikut ini pembahasan tentang pengertian moral dan etika lengkap dengan jenis-jenis, hingga perbedan moral dan etika – Kedua istilah tersbut sering dikaitkan dengan sikap tatakrama, perbuatan, atau tingkah seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Lalu pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai dua istilah tersbut dengan lengkap.

Pengertian Moral dan Etika

1. Pengertian Moral

Pengertian moral adalah suatu pengetahuan atau wawasan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik, buruknya perbuatan dan kelakuan. Moralisasi yaitu uraian (pandangan dan ajaran) tentang perbuatan serta kelakuan yang baik. Demoralisasi, yaitu kerusakan moral.

pengertian moral
picserver.org

Menurut asal-usul katanya “moral” berasal dari kata mores dari bahasa Latin, lalu kemudian diartikan atau di terjemahkan jadi “aturan kesusilaan” ataupun suatu istilah yang digunakan untuk menentukan sebuah batas-batas dari sifat peran lain, kehendak, pendapat atau batasan perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik maupun buruk.

2. Pengertian Etika

Pengertian etika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan-perbuatan yang di lakukan oleh manusia untuk dikatakan baik atau buruk, dengan kata lain aturan ataupun pola-pola dari tingkah laku yang di hasilkan oleh akal manusia. Karena adanya etika pergaulan dalam masyarakat/bermasyarakat akan terlihat baik & buruknya.

pengertian moral dan etika
pixabay.com

Etika itu bersifat relatif yaitu dapat berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman. Etika juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari kebaikan & keburukan dalam hidup manusia khususnya perbuatan manusia yang didorong oleh kehendak serta didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan.

Etik adalah suatu cabang ilmu filsafat. Yang secara sederhana dapat dikatakan bahwa etik yaitu disiplin yang mempelajari tentang baik & buruk sikap dari tindakan manusia. Etika merupakan sebuah bagian filosofis yang sangat berhubungan erat sekali dengan nilai manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah benar atau salah, dan juga penyelesaiannya baik ataupun tidak.

Sedangkan menurut bahasa, Etik dapat diartikan sebagai – YUNANI áEthos, kebiasaan ataupun tingkah laku, INGGRIS á Ethis, tingkah laku / perilaku manusia yang baik ? tindakan yang harus dilaksanakan manusia sesuai dengan moral pada umumnya.

Sedangkan dalam koteks yang lain secara luas dinyatakan bahwa: Etik yaitu aplikasi dari proses & juga teori filsafat moral terhadap kenyataan yang sebenarnya. Hal ini juga berhubungan dengan prinsip-prinsip dasar serta konsep yang membimbing makhluk hidup dalam hal berpikir dan juga bertindak serta menekankan nilai-nilai mereka.

BACA: Pengertian Kelompok Sosial

Macam atau Jenis-Jenis Etika

Karena sebagai suatu ilmu maka Etika terdiri atas berbagai macam-macam jenis dan juga ragamnya diantaranya :

1. Etika Deskriptif

Memberikan gambaran & ilustrasi tentang tingkah laku manusia ditinjau dari nilai-nilai baik dan juga buruk serta hal-hal yang mana yang boleh dilakukan sesuai dengan norma etis, yang dianut oleh masyarakat.

2. Etika Normative

Membahas & mengkaji ukuran baik, buruknya tindakan manusia, yang biasanya dikelompokkan menjadi, sebagai berikut ini:

3. Etika Umum

Membahas berbagai macam berhubungan dengan kondisi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam kebijakan berdasarkan teori-teori dan juga prinsip-prinsip moral.

4. Etika khusus

Etika yang terdiri dari etika sosial, etika individu & etika terapan, pengertiannya yaitu:

  • Etika sosial adalah yang menekankan tanggung jawab sosial & hubungan antar sesama manusia dalam aktivitas yang dilakukannya.
  • Etika individu adalah lebih menekankan kepada kewajiban manusia sebagai pribadi.
  • Etika terapan adalah etika-etika yang diterapkan pada sebuah profesi.

BACA: Pengertian Norma Hukum dan Contohnya

Apa Perbedaan Moral dan Etika?

Meski Etika dan Moral sama artinya tetapi pemakaiannya dalam sehari-hari ada sedikit perbedaan. Moral digunakan untuk perbuatan individu yang sedang di nilai, sedangkan etika digunakan untuk sistem nilai yang ada.

Jadi jika di ambil kesimpulan perbedannnya seperti:

  • Moral terbentuknya dipengaruhi keluarga dan masa lalu seseorang, sedangkan etika terbentuk dari berbagai hal bisa budaya, agama, kelompok, dan sebagainya.
  • Moral sifatnya lebih ke individual, sedangkan etika sifatnya berlaku dalam kelompok.
  • Moral sifarnya bisa berubaha dengan cepat, sedangkan etika dapat berubah saat dalam kelompok terjadi perubahan.

Jadi itulah pengertian moral dan etika serta perbedaanya secara lengkap. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat banyak bagi kamu khususnya dalam menambah ilmu pengetahuan, dan jika ditemukan kesalahan selama pembahasan ini mohon maaf.

Bagikan Ke: