Pengertian Modem dan Fungsinya Lengkap

Inilah pengertian modem, fungsi dan jenis-jenisnya secara umum – Di jaman yang sudah moderen ini umumnya orang-orang pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Disini kita akan belajar bersama untuk memahami tentang pengertian, fungsi dan jeni-jenis modem. untuk lebih lengkapnya bisa di baca di bawah ini.

A. Apa Pengertian Modem?

Modem adalah kependekan dari modulator dan demodulator. Modulator yang berfungsi sebagai memproses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya dapat dikirimkan ke penggunanya melalui media tertentu, proses tersebut biasanya sering disebut dengan proses modulasi. Pada proses tersebut data dari komputer/pc yang bentuknya sinyal digital akan diubah jadi sinyal analog.

Sedangkan Demodulator yang berfungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang telah dikirim oleh pengirim. Pada proses tersebut data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi serta data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali jadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer/pc.

A. Apa Fungsi Modem?

Fungsi modem adalah sebagai pengubah sinyal digital (komputer/pc) menjadi sinyal analog (internet) ataupun sebaliknya, proses pengubahan itu dinamakan dengan modulasi. Sedangkan untuk cara kerjanya modem dibagi menjadi dua bagian, diantaranya bekerja sebagai modulator dan juga bekerja sebagai demodulator.

pengertian modem
sumber gambar: pixabay.com

Fungsi dari modulator yaitu, modem akan mengubah sinyal digital pada komputer/pc untuk dijadikan sinyal analog supaya bisa mengakses internet. Sementara itu fungsi dari demodulator yaitu, modem bekerja dengan mengubah sinyal analog menjadisinyal digital.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer.

Baca Juga: Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya.

B. Macam atau Jenis-Jenis modem

Setelah mengetahui fungsi modem yang utama, perlu diketahui juga bahwa banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis modem sendiri dapat kita dibedakan berdasarkan pemasangannya dan juga jaringannya. Kalau berdasarkan pemasangannya modem dapat dibedakan menjadi modem internal dan juga modem eksternal. Sedangkan kalau berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu, modem dengan media kabel serta meodem dengan media tanpa kabel (nirkabel).

1. Modem internal

Merupakan sebuah kartu (card) yang dipasang pada slot motherboard/mainboard. Kelebihan dari modem ini yaitu cara pemasangannya yang  mudah serta harganya relatif murah.

2. Modem eksternal

Sebuah modem yang dipasangkan diluar komputer/ PC, biasanya jenis modem dipasangkan/ditancapkan pada slot USB.

3. Modem Media kabel

Jenis modem yang menggunakan media kabel adalah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya (Jaringan telepon dan TV kabel).

4. Modem Tanpa Kabel

Modem tanpa kabel adalah modem yang menggunakan media tanpa kabel sebagai perantaranya (modem GSM, CDMA, Wirelles, dsb.)

C. Jenis Modem Berdasarkan Teknologi atau Jenis Koneksinya

1. Modem Analog

Modem analog adalah sebuah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data lalu kemudian menubahnya jadi data digital untuk dikirimkan ke komputer/ PC, ataupun sebaliknya. Jenis modem ini biasanya dipakai untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, karena itulah disebut modem dial up.

sumber gambar: pixabay.com

2. Modem DSL

Pengertian Modem DSL (Digital Subscriber Line) adalah sebuah modem untuk menerima dan juga  mengirimkan data menggunakan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi. Dalam teknologi ini data-data yang diterima atau yang dikirim oleh modem DSL berupa bentuk data digital, sehingga akses internet jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan modem analog.

Terdapat 2 (dua) jenis modem DSL diantaranya ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) kecepatan men-downloadnya lebih cepat dibandingkan kecepatan upload dan jenis SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) kecepatan men-downloadnya sama dengan kecepatan upload.

3. Modem Kabel

Modem kabel adalah modem yang menerima dan juga mengirim data internet yang melalui jaringan dari TV Kabel. Data-data yang diterima serta data yang dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara dengan modem DSL, kabel untuk menyambungkan PC ke internet biasanya kabel RJ45.

4. Modem CDMA

Modem CDMA adalah sebuah modem dial up Wireless yang bekerja menggunakan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access).

5. Modem GSM

Pengertian Modem GSM adalah sebuah modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon seluler GSM. Modem GSM mendukung layanan GPRS/EDGE, 3G, 4G, 5G, dan mungkin hingga generasi jaringan selanjutnya.

Itulah diatas mengenai pengertian modem dan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Bagikan Ke: