Pengertian Informasi dan Fungsinya serta Nilai Informasi

Pembahasan seputar pengertian Informasi, ciri informasi yang baik, pengelompokan berdasarkan penggunanya, dna menentukan nilai informasi yang berkualitas.

Apa Definisi Informasi secara Umum?

Pengertian Informasi adalah data yang sebelumnya telah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau juga keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik di masa sekarang atau masa yang akan datang.

Ciri Informasi yang Baik

1. Membantu Penerima

Apabila informasi itu tujuannya untuk memberi sebuah bantuan, maka informasi itu harus membantu si penerima dalam apa yang di carinya untuk memecahkan masalahnya.

2. Ketelitian penyampaian dan pengolahan data

Dalam memberikan atau menyampaikan dan mengolah data, inti, dan pentingnya informasi harus dipertahankan.

pengertian informasi
pixabay.com

3. Up to Date

Apakah informasi tersebut masih up-to-date? jadi ada beberapa informasi yang biasanya selalu di perbharui sesuai pekembangannya.

3. Ruang atau Tempat yang Tepat

Aakah informasi tersebut tersedia dalam ruangan atau tempat yang tepat? jadi Informasi yang di tujukan harus tepat sasaran.

4. Dikemas dengan bentuk yang mudah di pahami

Informasi yang baik dikemas dengan bentuk yang mudah di pahami oleh si penerima, supaya isi di dalamnya bisa berguna secara efektif untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

5. Semantik

Apakah hubungan antara kata-kata dan arti yang diinginkan sudah cukup jelas? Jadi informasi yang sistematik berguna supaya penerima tidak salah menafsirkan kata-kata.

BACA: Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Fungsinya bagi Perusahaan

Kualitas informasi yang baik Menurut Ahli

Kualitas informasi (Prabu, 2006) diantaranya ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu :

1. Relevan

Dalam hal ini informasi yang diterima harus memberikan manfaat bagi pemakainya.

2. Akurat

Berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan.

3. Tepat waktu

Informasi yang dibutuhkan oleh si pemakai tidak dalam hal penyampaiannya tidak boleh terlambat (usang) karena informasi yang usang maka informasi tersebut tidak mempunyai nilai yang baik dan kualitasnya pun menjadi buruk sehingga tidak berguna lagi.

Informasi di Kelompokan Berdasarkan Penggunanya

Berdasarkan tingkatan manajemen, informasi dapat digolongkan atau dikelompokkan berdasarkan penggunanya, yaitu sebagai berikut :

1. Informasi Strategis

Di gunakan untuk mengambil keputusan, terutama keputusan jangka panjang. Jika dalam perusahaan biasanya mencakup informasi eksternal seperti pelanggan, tindakan pesainn, rencana perluasan perusahaan, dan lain-lain.

2. Informasi Taktis

Di gunakan untuk mengambil keputusan jangka menengah. Cakupan informasi ini seperti trend penjualan produk yang dimana isi informasinya dipakai untuk menyusun perencanaan penjualan.

3. Informasi Teknis

Di gunakan untuk kebutuhan atau keperluan operasional sehari-hari. Contohnya dalam perusahaan seperti informasi persedian stock, retur penjualan, laporan setoran, dan juga laporan kas harian.

BACA: Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Manfaatnya

Sifat Informasi yang Menentukan Nilai dari Informasi

10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi, yaitu sebagai berikut :

1. Mudah di Peroleh

Informasi memperoleh nilai yang lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah.

2. Luas dan Lengkap

Informasi akan mempunyai nilai yang lebih sempurna jika mempunyai lingkup atau cakupan yang luas dan isinya lengkap.

3. Akurat (accuracy)

Informasi akan memiliki nilai lebih sempurna apabila mempunyai ketelitian yang tinggi atau isinya sangat akurat.

4. Cocok dengan Pengguna atau Relevan

Informasi mempunyai nilai lebih sempurna apabila sesuai dengan kebutuhan penggunanya, atau isinya sesuai dengan apa yang di inginkan pengguna maupunsasaran informasi tersebut.

5. Tepat Waktu

Informasi akan semakin berkualitas jika bisa di terima atau disampaikan pada pengguananya dengan waktu yang tepat.

6. Kejelasan

Informasi yang isi pembahasannya sangat jelas, mudah di mengerti akan meningkatkan kesempurnaan nilai informasi tersebut.

7. Fleksibilitas

Nilai informasi akan semakin sempurna jika pembahasannya memiliki fleksibilitas yang tinggi.

8. Kebenarannya dapat di buktikan

Nilai informasi akan semakin sempurna jika isi informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya atau isinya sesuai fakta yang ada.

9. Tidak ada prasangka

Informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut tidak menimbulkan prasangka dan keraguan, jadi isinya tidak ada kesalahan.

10. Dapat diukur

Beberpa Informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur agar keputusan yang di ambil nantinya dapat mencapai nilai sempurna.

Itulah pengertian informasi serta fungsi, kualitas, nilai dari Informasi semoga dapat menambah wawasan atau ilmu pengetahuan kamu.

Bagikan Ke: