Pengertian Administrasi Secara Sempit dan Luas

Berikut ini pengertian administrasi secara sempit dan luas, beserta kegiatan, serta fungsinya secara umum. Apakah itu administrasi? pada kesempatan kali ini saya akan menposting tentang materi definisi administrasi, ini hanya untuk sekedar menambah wawasan kamu. Berikut di bawah ini penjelasannya.

pengertian administrasi
pixabay.com

Penjelasan Administrasi Secara Umum

Secara luas administrasi adalah proses kegiatan dengan bantuan berbagai sumber untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan pengertian administrasi secara sempit adalah berasal dari kata administratie (bahasa: Belanda), yang meliputi kegiatan seperti catat-mencatat, pembukuan ringan, surat-menyurat , ketik-mengetik, agenda, dan lain-lain, yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha adalah sebagian kecil contoh kegiatan dari Administrasi.

1. Pengertian Administrasi Secara Sempit

Pengertian Administrasi secara sempit merupakan penyusunan sekaligus pencatatan data-data maupun informasi secara sistematis yang dimaksudkan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali.

Administrasi dalam arti sempit lebih tepatnya disebut dengan tatausaha (office work, clerical work), kegiatan administrasi dalam tatausaha dapat dirangkum atau disimpulkan kedalam tiga kelompok, diantaranya sebagai berikut ini:

a. Korespondensi (Correspondence)

Yaitu surat-menyurat adalah rangkaian aktivitas yang berkenaan dengan pengiriman informasi secara tertulis di mulai dari penyusunan, penulisan hingga pengiriman informasi hingga sampai kepada pihak yang telah dituju.

b. Ekspedisi (Expedition)

Merupakan kegiatan administrasi mencatat setiap informasi yang dikirim atau diterima, baik untuk kepentingan intern maupun kepentingan ekstern.

c. Pengarsipan (Filing)

Merupakan suatu proses pengaturan dan penyimpanan informasi secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dan cepat ditemukan kembali saat diperlukan.

Baca Juga: Pengertian Administrasi Perkantoran

2. Pengertian Administrasi Secara Luas

Pengertian administrasi secara luas adalah berasal dari kata administration (bahasa: Inggris) sebenarnya istilah administrasi berkaitan dengan kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia ataupun sekelompok orang atau masyarakat hingga tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.

Pengertian dari kerja sama adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau masyarakat secara bersama-sama yang teratur dan juga terarah berdasarkan pembagian tugas-tugas sesuai dengan kesepakatan bersama yang disetujui sebelumnya.

administrasi adalah
pixabay.com

Fungsi Administrasi

1. Planning (Perencanaan)

Dalam perencanaan diperlukan administrasi misalnya mngumpukan data, oenginputan data, hingga penyusunan perencanaan. Baca Juga: Pengertian Perencanaan (Planning)

2. Pengorganisasian

Bisa diartikan sebagai membentuk hubungan antar angota, membangun komunikasi yang tepat sehingga tujuan bisa tercapai.

3. Staffing

Adminitrasi berguna untuk menyusun manajemen perosnalia atau menyusun kelompok divisi pada organisasi, sehingga setiap usaha yang dilakukan pekerja lebih maksimal

4. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)

Memberikan bimbingan, pengarahan hingga tugas secara tepat sesuai yang direncanakan sebelumnya

5. Coordinating

Melakukan kegiatan supaya berjalan dengan baik sehingga terhindar dari kekacauan dengan begitu kerja sama dapat terarah dalam mencapai suatu tujuan.

6. Reporting

Menyampaikan laporan kepada yang berwenang menerimanya mengenai gambaran pelaksanaan tugas, perkembangan, seta pelaksanaan program yang dilaksanakan pekerja.

7. Budgeting

Kegiatan yang rutin dalam mengelola dan merencanakan keuangan atau anggaran perusahaan, dengan begitu bisa terhindar dari kesalahan yang berpotensi merugikan perusahaan dari segi keuangan.

Itulah penjelasan atau definisi administrasi secara sempit dan secara luas, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kamu.