Pengertian WWW dan Fungsinya serta Sejarahnya

Seputar pengertian WWW dilengkapi fungsi dan sejarahnya secara ringkat yang sering kita tulis saat mengunjungi suatu website di internet. Apakah yang dimaksud dengan WWW, yang sering kita temui atau tulis saat akan membuka alamat suatu website? jika ingin mengetahui dan memahaminya baca penjelasannya di artikel ini.

Apa Pengertian WWW?

Istilah WWW sendiri yaitu kependekan dari World Wide Web, yang diambil dari sebuah istilah untuk menidentifikasikan media jaringan Internet. WWW ini menjadi hal yang penting dalam dunia internet, karena memudahkan orang untuk membagikan sumbe rdaya berupa teks, video, dan suara di internet.

Fungsi WWW adalah sebuah informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet atau lebih dikenal dengan sebutan user ke server serta user lain untuk menyajikan data-data, dokumen, serta berbagai macam  informasi yang dapat digunakan bersama dengan menggunakan bahasa HTML. Itulah mengenai pengertian world wide web.

WWW ini dapat kita lihat atau tulis biasanya terletak pada address bar Web browser. Tapi tidak semua website menampilkannya hal ini tergantung settingan website tersebut.

pengertian www
openclipart.org

Sejarah WWW

WWW (World wide web) mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet yang lainnya. Pada sekitar tahun 1995, WWW menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas jaringan Internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga terkadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidak sama.

Web adalah sistem pengiriman dokumen yang tersebar yang berjalan di internet. Web telah dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), yaitu suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuannya semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai macam lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

BACA: Pengertian Domain dan Subdomain

WWW (World wide web) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991-an. Pada walnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya dan untuk itu, ia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadinya.

Sistem tersebut adalah program peranti lunak yang dinamai Equire. Dengan program itu, Berners-Lee telah berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip-arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi sebuah dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

BACA: Pengertian, Contoh dan Fungsi ISP

Itulah artikel singkat tentang pengertian, fungsi dan sejarah WWW yang sering kita temukan di Internet. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, terimakasih.

Bagikan Ke: