Pengertian Data dan Menurut Para Ahli Lengkap

Berikut ini pengertian data secara umum dan menurut para ahli beserta jenis-jenisnya, yang akan dibahas secara singkat disini. Sering kita jumpai dan mendengar istilah Data baik itu di dalam kehidupan sehari-hari, terutama di tempat kerja. Akan tetapi belum banyak orang yang tau apa arti dari data yang sebenarnya.

Apa itu Data?

1. Pengertian data secara umum

Yang dimaksud dengan data adalah kumpulan fakta maupun kejadian yang digunakan sebagai penyelesai suatu masalah yang sebelumnya sudah di olah menjadi informasi.

Biasa juga, data artinya catatan-catatan berupa kumpulan fakta yang bisa diolah menjadi informasi untuk menyelesaikan suatu persoalan.

2. Pengertian data menurut para ahli

Arikunto (2002) mendefinisikan bahwa data adalah seluruh fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan dalam menyusun suatu informasi, informasi sendiri merupakan hasil dari pengolahan data yang digunakan untuk suatu kepentingan.

pengertian data adalah
pixabay.com

H. J. Sriyanto mengartikan bahwa data merupakan sebuah keterangan atau sebuah informasi mengenai objek penelitian.

Siagian (2002) mendefinisikan bahwa data sebuah bahan mentah, yang merupakan input setelah di olah berubah bentuk berupa output yang disebut sebagai informasi.

Turban (2010) pengertian data adalah suatu deskripsi dasar dari benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang direkam, dikategorikan, lalu disimpan tapi belum terorganisir untuk nyampaikan maksud tertentu.

Anhar, menyebutkan data artinya suatu kenyataan yang menggambarkan kejadian dan merupakan satu kesatuan ynyata yang nanti bisa digunakan sebagai bahan infromasi.

Baca JugaPengertian Informasi dan Fungsinya

Baca Juga: Pengertian Analisis Data dan Tujuannya

Pembagian atau Jenis-Jenis Data

1. Data berdasarkan jenisnya

  • Data kuantitatif adalah suatu data yang dipaparkan kedalam bentuk angka-angka.
  • Data kualitatif adalah suatu data yang disajikan kedalam bentuk kata-kata yang mengandung makna-makna.

2. Data menurut cara memperolehnya

  • Data primer adalah suatu data secara langsung yang diambil dari objek tersebut.
  • Data sekunder adalah suatu data yang didapatkan secara tidak langsung dari objek tersebut.

3. Data Berdasarkan sumbernya

  • Data internal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi pada suatu organisasi secara internal. Contohnya: Data jumlah karyawan suatu pabrik.
  • Data Eksternal adalah data yang menggambarkan sebuah situasi maupun kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya: Data jumlah pemakai produk pada pelanggan.

4. Data berdasarkan sifatnya

  • Data diskrit adalah subuah data yang nilainya bilangan asli atau ril. Contohnya : Data tinggi badan seseorang.
  • Data kontinyu adalah sebuah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu/berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Contohnya : pengunaan kata kira-kira, sekitar, dan lain-lain.

Akhir kata, Itulah pengertian data menurut para ahli dan secara umum, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih banyak.