Pengertian Isolator dan Contohnya yang Mudah di Temukan

Posted on

Memahami tentang pengertian isolator dan beberapa contohnya yang ada di sekitar kita – Suatu benda yang digunakan untuk mengambat, menghalangi maupun menutup aliran listrik atau panas sering disebut dengan isolator. Jika di sekolah benda ini sering di bahas dalam mata elajaran IPA atau Fisika. Isolator menjadi suatu material yang sangat di butuhkan terutama dalam aktivitas sehari-hari, oleh karena ini mari kita bahasa bersama-sama.

A. Apa Yang Dimaksud Dengan Isolator?

Pengertian isolator adalah bahan maupun zat yang tidak bisa di aliri istrik atau tidak bisa menghantarkan panas. Dalam kelistrikan Isolator diguakan untuk menghambat atau menutupi aliran listrik, hal ini supaya manusia terhindar dari sengatan setrum atau untuk menutupi kebocoran listrik pada sambungan kabel.

Saat ini dikenal ada dua Isolator yaitu Isolator Listrik dan Isolator Panas. Secara umum keduanya tentu memiliki perbedaan baik dari segi fungsi dan meterial bahannya. Dengan menggunakan Isolator maka aliran litrik atau panas tidak akan bisa lewat, sehingga menjadi mustahil untuk mengalirkan arus listrik maupun panas.

pengertian isolator
sumber: rofaeducationcentre.blogspot.com

Isolator panas adalah benda terbuat dari material yang sulit atau tidak bisa untuk menghantarkan panas, sehingga material yang digunakannya bisa menghambat aliran panas. Contohnya yang sederhana pada termos air panas, karena materialnya tidak bisa menghantarkan panas maka air bisa tetap panas dalam waktu yang lama.

Sedangkan isolator listrik  adalah benda yang terbuat dari material yang sifatnya tidak bisa menghantarkan listrik. Jadi dengan memakai meterial ini arus listrik tidak bisa di alirkan. Contohnya saat menyambungkan kabel listrik, pada bagian sambungan pada umumnya akan di tutup dengan isolasi tujuannya supaya listrik tidak bocor dan manuisa terhindar dari sengatan listrik yang berbahaya.

B. Sifat-Sifat Isolator

Berikut ini sifat atau karakteristik isolator yang harus diketahui, misalnya:

1. Tahanan Listrik atau Panas Pada Tingkat tertentu

Bahan isolator tentunya harus terbuat dari material yang tahan arus listrik atau panas, jenis bahannya tentu harus sesuai dengan kegunaannya.

2. Bahan tidak mudah rusak

Bahan yang digunakan tidak mudah rusak, maksudnya bahannya memiliki tegangan maksium dan mampu bertahan dalam batasan tertentu sehingga tidak mudah rusak saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Beratnya Ringan

Isolator tentunya harus memiliki berat yang ringan, hal ini supaya tidak mengganggu atau menghambat saat pengunaan medianya.

C. Material Bahan Isolator

Perlu di ingat lagi “Bahan/Material Isolator Tergantung Penggunaannya Untuk Apa? Listrik atau Panas” karena pada umunya bahan yang digunakan berbeda. Bahan isolator alami biasanya terbuat dari material kayu, sedangkan bahan isolator saat ini yang ada di pasaran terbuat dari bahan sintetis seperti plastik, kulit, karet, hingga ada yang terbuat dari bahan lain tergantung pengunaanya.

D. Contoh Penggunaan Isolator

1. Pegangan Spatula

Kamu tahu spatula untuk memasak? pada pegangan spatula biasanya dilapisi atau terbuat dari kayu atau plastik, kedua bahan ini dikenal sebagai isolator yan baik supaya bisa menahan panas.

2. Bahan Termos Air

Termos air panas, terbuat dari bahan yang tidak mudah menhantarkan panas sehingga air didalamnya tetap panas dalam jangka waktu yang lama.

3. Isolasi Untuk Lapisan Sambungan Kabel

Pengunaan isolasi pada sambungan kabel listrik, pada umumnya isolasi sering digunakan pada sambungan kabel yang dialiri arus listrik dengan tegangan tertentu isolasi bisa menahannya sehingga tidak terjadi kebocoran dan tidak membahayakan penggunanya.

4. Pembungkus Kabel Listrik

Kabel yang dialiri listrik dibungkus oleh bahan yang tebruat dari karet, hal ini supaya aman dari kebocoran atau sengatan listik karena karet merupakan bahan baku yang baik untuk isolator istrik maupun panas dengan tingkatan ternentu.

Baca Juga: Pengertian Listrik Statis dan Contohnya

Baca Juga: Pengertian Listrik Dinamis dan Contohnya

E. Kesimpulan 

Jadi Apa yang dimaksud dengan isolator? pengertian isolator adalah bahan maupun zat yang tidak bisa di aliri istrik ataupn tidak bisa menghantarkan panas. Tentunya material isolator untuk listrik dan panas kadang berbeda. Adapun karakteristiknya, misalnya:

1. Tahanan Listrik atau Panas Pada Tingkat tertentu

2. Bahan tidak mudah rusak

3. Memiliki Berat Yang Ringan

Contoh Penggunaan Isolator di lingkungan kita:

1. Pembungkus kabel listrik

2. Bahan yang digunakan untuk termos air panas

3. Bahan yang digunakan pada pegangan spatula untuk memasak

4. Sarung tangan anti panas untuk mengangkat panggangan di oven

Dengan menggunakan isolator kita dapat terhindar dari marabahaya sekaligus memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari terutama dalam menggunakan benda-benda yang menggunakan energi panas dan enerigi listrik. Semoga pembahasan ini dapat memebrikan manfaat dalam menambah wawasan kamu, jika kamu menemukan kesalahan mohon maaf dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.