Proses Terbentuknya Minyak Bumi: Pemanfaatan dan Dampaknya

Posted on

Seputar pembahasan bagaimana proses terbentuknya minyak bumi dilengkapi pengertian, pemanfaatan, dan dampak positif maupun negatif – Minyak bumi sering dijuluki sebagi emas hitam yang saat ini keberadaanya sangat penting karena bisa digunakan sebagai sumber energi. Saking pentingnya jika ada suatu negara yang memiliki cadangan minyak bumi sangat banyak negara tersebut di pastikan sangat kaya dan makmur. Pengertian Minyak bumi adalah jenis cairan yang kental, berwarna coklat gelap atau kehitam-hitaman, mudah terbakar yang letaknya di dalam lapisan kerak bumi.

A. Jelaskan Proses Terbentuknya Minyak Bumi!

Proses terbentuknya minyak bumi berasal dari senyawa organik atau senyawa mikroorganisme seperti jasad tumbuhan dan hewan yang terkombinasi dengan mineral teretentu lalu tertimbun di bawah tanah, bisa tertimbun oleh endapan seperti lumpur, pasir, dan zat lainnya dengan waktu yang sangat lama mencapai jutaan tahun dan senyawa tersebut mendapatkan tekanan ekstrim serta mendapatkan panas bumi secara alami.

Ketika senyawa mikroorganisme tersebut mendapatkan penguraian oleh bakteri kecil yang membersihkan zat kimia tertentu, proses penguraian ini berlangsung sangat lambat, oleh sebab itu untuk membentuk minyak bumi membutuhkan waktu yang lama sekali. Jadi minyak bumi termasuk kedalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbharui karena proses pembentukannya yang sangat lama. Kita sebagai manusia yang tidak pernah lepas dari penggunaan minyak bumi harus menggunakannya secara tepat, bijak, dan jangan berlebihan.

proses terbentuknya minyak bumi
Tambang / Kilang Minyak Bumi (gambar: pixabay.com)

Manfaat minyak bumi adalah sebagai sumber energi untuk mendukung kegiatan manusia terutama dunia Industri. Cairan ini sebagain besar di olah untuk dijadikan bahan bakar mesin terutama mesin kendaraan dan mesin produksi.

Meski banyak teori yang memaparakan bagaimana minyak bumi terbentuk, tapi dari sekian banyak teori, teori tadi paling banyak digunakan dan dipercayai terutama dalam dunia studi pembelajaran di sekolah. Sehingga secara garis besar minyak bumi terbentuk dari senyawa organisme atau mikroorganisme yang tertimbun selama jutaan tahun.

B. 7 Contoh Pemanfaatan Minyak Bumi Oleh Manusia

1. Bahan bakar

Minyak bumi bisa diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar untuk kendaraan misalnya menjadi Bensin, Aviation Gasoline, dll. Inilah yang menjadikan minyak bumi bergitu berharga karena bisa menjadi bahan baku untuk membuat bahan bakar mesin. Baca Juga:

2. Bahan Pembuatan Plastik

Kamu tahu plastik seperti bungkus makanan ringan? dan sekarang Plastik menjadi salah satu jenis sumber limbah permasalahan dunia karena sulitnya terurai oleh tanah. Perlu kamu ketahui salah satu bahan dasar untuk membuat plastik yaitu berasal dari minyak bumi.

3. Bahan pembuatan Pelumas Mesin / Oli

Kamu tahukan Oli atau Pelumas mesin? Cairan tersebut merupakan salah satu contoh dari pemanfaatan minyak bumi. Oli berguna untuk melancarkan kinerja mesin misalnya pada mesin kendaraan dan mencegah mesin panas berlebihan.

4. Pembuatan Pestisida

Pestisida merupakan zat yang dapat membasmi hama pada tanaman, dalam memproduksi pestisida membutuhkan kandungan minyak bumi sehingga zat-nya dapat menempel dan menimbulkan bau yang dapat mengusir sekaligus membasmi hama pada tanaman.

5. Pembuatan Gas Cair

Minyak bumi yang sudah di olah bisa menjadi gas cair. Gas cair ini disimpan dalam tabung besi yang bisa digunakan untuk memasak misalnya gas LPG.

6. Mendukung Kegiatan Industri

Industri petrokimia menghasilkan bebagai macam produk seperti pupuk, cat, karet, serat pakaian, hingga kosmetik. Tentunya untuk mendukung perindustian tersebut membutuhkan minyak bumi.

7. Pembuatan Aspal

Jalan raya yang sering kita gunakan dan di lalui sebagian besar terbuat dari aspal. Aspal sendiri merupakan meterial penting dalam pembuatan jalan raya karena memiliki sifat merekat dan tahan air sehingga jalan tidak mudah rusak. Aspal sendiri berasal dari alam yang umumnya berasal dari olahan minyak bumi, oleh sebab itu aspal memiliki harga yang mahal.

Jika di perhatikan secara teliti dari manfaat minyak bumi di atas, maka dapat kita ketahui betapa dibutuhkannya minyak bumi untuk mendukung aktivitas manusia seperti pada kegiatan industri, itulah mengapa saat ini keberadannya sangat di butuhkan meski semakin kesini cadangan minyak bumi semakin menipis. Oleh sebab itu banyak peneliti atau ilmuan yang berlomba-lomba mencari sumber energi alternatif, seperti jaman sekarang banyak bermunculan kendaraan listrik, kompor listrik, hingga bahan bakar alternatif seperti biogas, biodisel, dll. >>Baca Juga: Pengertian Biogas dan Biodiesel

C. Dampak Positif Minyak bumi

Karena minyak bumi yang bisa diolah menjadi bahan bakar atau sumber energi maka perekonomian menjadi lancar terutama dalam distribusi dan produksi berbagai produk sehingga kebutuhan sehari-hari manusia dapat terpenuhi. Lalu dengan keberadaannya banyak terbuka lapangan pekerjaan mulai dari industri pengolahan minyak bumi yang menyerap banyak tenaga kerja hingga terbukanya industri baru seperti industri petrokimia. Selain itu energi yang dihasilkan oleh minyak bumi juga banyak dimanfaatkan untuk industi rumah tangga seperti UMKM.

E. Dampak Negatif Minyak Bumi

Rusaknya lingkungan karena eksploitasi secara berlebihan seperti pengeboran tanah, pencemaran lingkungan oleh limbah untuk mendapatkan minyak bumi. Lalu terjadinya pencemaran udara yang dihasilkan dari pembakarannya menjadi energi, banyaknya limbah yang sulit terurai seperti plastik, dan banyak negara yang memperebutkan keberadaan minyak bumi maka tak heran sering terjadi konflik yang merugikan. >>Baca Juga: Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara

F. Kesimpulan Pembahasan

Dari penjelasan diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa proses terbentuknya minyak bumi yaitu berasal dari senyawa organik atau senyawa mikroorganisme seperti jasad tumbuhan dan hewan yang terkombinasi dengan mineral teretentu yang tertimbun di bawah tanah bisa berada di dasar laut atau di darat dengan waktu yang sangat lama mencapai jutaan tahun.

Sebagian besar manusia membutuhkan minyak bumi sebagai bahan untuk membuat sumber energi dan bahan dasar untuk kebutuhan Industri. Perlu diketahui bahwa cairan ini merupakan sumber daya alam yang sulit di perbharui karena membutuhkan waktu yang sangat lama sekali dalam pembentukannya. Oleh sebab itu kita sebagai manusia yang memanfaatkannya harus bisa menggunakannya secara bijak dan jangan berlebihan.

Akhir kata, itulah pengertian dan proses terbentuknya minyak bumi yang dilengkapi dengan pengertian, contoh pemanfaatan, serta dampaknya. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat dalam menambah pengetahuan, jika ada kesalahan mohon maaf, sekian dan terimakasih banyak.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.