Pengertian Mimikri Adalah: 7 Contoh dan Perbedaannya dengan Kamauflase

Posted on

Singkatnya yang dimaksud dengan mimikri adalah suatu kemampuan dalam menyesuaikan diri yang dikalukan oleh beberapa jenis hewan untuk tujuan tertentu seperti mencari mekan hingga untuk melindungi diri dari bahaya, kemampuan ini sangat unik karena hanya dimiliki oleh beberapa spesies hewan saja. Salah satu contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri yaitu bunglon yang dapat mengubah warna kulitnya sesuai tempatnya.

A. Apa Yang Dimaksud Mimikri ?

Pengertian mimikri adalah proses perubahan yang dilakukan suatu spesies hewan supaya dapat menyerupai tempat yang di diaminya, atau arti mimikri yaitu proses perubahan yang dilakukan jenis hewan tertentu untuk menyesuaikan dengan tempatnya bahkan meniru perilaku hewan lainnya.

Istilah mimikri sendiri berasal dari kata Mimic yang bisa di artikan sebagai Meniru. Sehingga mimikri sering dikatakan suatu kemampuan yang dimiliki hewan tertentu dalam meniru suatu objek. Sebagian besar kemampuan ini sering digunakan supaya terhindar dari bahaya yang mengancamnya hingga untuk menangkap mangsa.

B. Apa perbedaan Mimikri dan kamuflase?

Singkatnya mimikri adalah proses perubahan warna dan tingkah laku pada hewan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungnnya dan muntuk menghindari ancaman. Sedangkan Kamuflase adalah usaha penyamaan bentuk dan warna tubuh terhadap lingkungannya. Jadi dalam kamuflase hewan tidak melakukan perubahan warna hanya menyamakan diri saja, misalnya hewan memiliki tubuh warna hijau dia melakukan kamuflase dengan dedaunan yang berwarna hijau. Baca Juga: Pengertian Adaptasi dan Jenisnya beserta Contohnya

C. 7 Contoh Hewan Mimikri

1. Bunglon

Jika diperhatikan bunglon saat berada di daun pohon maka tubuhnya akan berwarna hijau, sedangkan jika saat di tanah warnanya berubah menjadi coklat. Dari hal tersebut menunjukan bahwa bunglon merupakan salah satu contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri. Bunglon merubah warna tubuhnya supaya bisa terhindar daribahaya dan bisa juga untuk mempermudah menangkap mangsanya.

mimikri adalah -Bunglon
Jenis Bunglon (gambar: pixabay.com)

2. Thaumoctopus Mimicus (Gurita Penyamar / Mimic Octopus)

Contoh hewan mimikri selanjutnya yaitu gurita penyamar, spesies gurita ini sebenarnya memiliki kulit berwarna krem, dia suka memangsa ikan kecil, kepiting, dan hewan laut kecil lainnya. Banyak tekstur dan berbagai benda yang dapat di tiru oleh gurita ini sepeti bebatuan, pasir laut, kerang, ikan pipih, dll. Kemampuan mimikrinya selain untuk memudahkan dalam memangsa seperti hewan kecil, berguna unga untuk menghindari bahaya predator lain. Baca Juga: Pengertian Adaptasi Fisiologi dan Contohnya

mimic optopus
Gurita penyamar (gambar: flickr.com)

3. Kumbang Kura-Kura Emas / Kepik Emas

Serangga ini habitatnya di area pesawahan dan ladang. Memiliki bentuk yang sangat unik dengan warna emasnya yang mempesona. Kepik emas ini merupakan hewan yang terkenal dan saat ini keberadaanya sudah mulai langka karena habitatnya rusak, salah satu penyebabnya karena penyemprotan pestisida. Kepik emas warnanya dapat berubah mengikuti musim atau saat mereka merasa gelisah karena suatu ancaman.

kepik emas
Kepik emas (gambar: flickr.com)

4. Ikan Flounder

Ikan Flounder atau ikan sebelah ini merupakan hewan yang unik, selain bentuknya yang sangat unik seperti hanya sebelah dia mempunyai kemampuan mimikri yaitu merubah warna kulitnya sesuai situasi dan sesuai tempat yang di diaminya, sedangkan warna asli kulit ikan sebelah ini yaitu berwarna coklat.

Ikan flounder

5. Kuda Laut

Beberapa jenis kuda laut dapat melakukan perubahan warna sesuai keadaannya, kemampuan tersebut bisa untuk menyamar, menakuti hewan lain, dan menarik lawan jenisnya. Perubahn warananya dapat dilakukan secara cepat dan perlahan-lahan tergantung keadaan, jika merasa terancam akan berupah secara cepat tapi jika tidak perubahannya terjadi secara perlahan-lahan.

kuda laut
kuda laut (gambar: pixabay.com)

6. Katak Pohon Pasific

Hewan ini habitatnya tersebar di wilayah pantai bagian Barat Amerika dan sering menempel di pohon-pohon serta memiliki kemampuan merubah warna sesai lingkungnnya. Perubahan warnanya-pun bisa beragam tergantung tempat, suhu, hingga musim di habitatnya. Kemampuan mimikrinya dapat digunakan untuk mencari makan dan melindungi diri dari predator.

katak pojon pasifik
katak pohon fasifik (gambar: pxfuel.com)

7. Sotong

Sotong sering memangsan hewan laut kecil seperti kepiting, udang, ikan kecil, dll. Meskipun hidup di laut beberapa studi menyebutkan bahwa Sotong bukan termasuk ikan melainkan Moluska. Beberapa jenis sotong memiliki kemampuan mimikri yaitu merubah warna pada kiltnya saat dikejar pemangsa, sotong akan mengubah warnanya sesuai dengan lingkungan sekitarnya sehingga menjadikannya sulit di tangkap.

sotong
Sotong (gambar: pixabay.com)

D. Kesimpulan

Akhir kata, jadi yang dimaksud mimikri adalah suatu kemampuan yang dimiliki hewan tertentu untuk merubah warna hingga prilakunya sesuai keadaan dan lingkungannya. Kemampuan ini tentunya tidak dimiliki oleh semua hewan, hanya jenis tertentu saja contohnya bunglon, mimic octopus, ikan sebelah, sotong, dll. Kemampuan ini bisa digunakan untuk menyamar supaya terhindar dari bahaya pemangsa lain dan untuk mencari makan.

Demikian pembahasan yang bisa kami berikan, semoga dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam menambah wawasan, jika di temukan beberapa kesalahan dalam pembahasan ini mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.