7 Contoh Tumbuhan Xerofit: Pengertian dan Ciri-Cirinya Secara Umum

Posted on

Berikut ini 7 contoh tumbuhan xerofit dilengkapi dengan pengetian xerofit dan cirinya secara umum – Banyak jenis tumbuhan di bumi ini, mulai yang bisa bertahan hidup di air, daerah lembab, hingga daerah kering sekalipun dengan kandungan air terbatas. Untuk kali ini kita akan membahasa mengenai tumbuhan yang bisa bertahan hidup di daerah kering atau yang disebut tanaman xerofit.

A. Apa itu Tumbuhan Xerofit ?

Pengertian Tumbuhan Xerofit adalah jenis tumbuhan yang telah beradaptasi dan bisa bertahan hidup di lingkungan yang kering atau di daerah dengan curah hujan rendah.Definisi lainnya tumbuhan yang bisa tumbuh dan bertahan hidup di tanah kering dengan kandungan air sangat sedikit dalam tanah.

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa sebagian besar tanaman tidak dapat bertahan hidup di tempat yang kering karena sejatinya tanamanan membutuhkan air yang cukup untuk bertahan hidup. Tapi tidak dengan tumbuhan Xerofit, yang dimana tumbuhan ini mampu bertahan hidup meski di tempat kering sekalipun dengan air yang sedikit. Berikut yang termasuk tumbuhan xerofit adalah kaktus, pohon kurma, pohon palm, dan lain-lain.

B. Ciri-Ciri Tumbuhan Xerofit

1. Permukaannya Dilapisi Lapisan Lilin

Ciri tumbuhan xerofit yang pertama adalah permukaannya memiliki lapisan lilin sehingga terlihat mengkilap. Lapisan ini berguna untuk mengurangi penguapan yang berlebihan sehingga terhindar dari kekurangan cairan.

2. Memiliki ukuran daun yang kecil

Pada umumnya tumbuhan xerofit memiliki daun yang berukuran kecil seperti menyerupai jarum/duri, banyak orang menyebutnya tumbuhan xerofit itu berdaun duri, hal ini juga berguna untuk mengurangi penguapan.

3. Berakar panjang

Ciri Tumbuhan Xerofit lainnya yaitu memiliki akar yang panjang. Akar ini akan mencari air ke dalam lebih kedalam, itulah mengapa akarnya selalu panjang dan rimbun.

4. Berbatang Tebal

Biasanya tumbuhan yang hidup di tempat gersang memiliki batang yang tebal. Batang ini berguna untuk menyimpan cadangan air untuk bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan yang rendah.

Baca Juga: Pengertian Adaptasi Morfologi Dan Contohnya

Baca Juga: Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

C. 7 Contoh Tumbuhan Xerofit

Adapun berikut yang termasuk tumbuhan xerofit adalah:

1. Kaktus

Yang paling umum dan paling sering diketahui jenis tumbuhan xerofit adalah kaktus. Tumbuhan ini memiliki daun berbentuk jarum/duri dengan batang tebal, mengandung air, dan memiliki banyak jenis. Kaktus juga memiliki lapisan lilin pada batangnya yang berguna untuk mengurangi penguapan. Saat ini terdapat beberapa jenis kaktus yang digunakan sebagai tanaman hias karena perawatannya yang gampang.

Contoh tumbuhan xerofit kaktus
Kaktus (Gambar:pxhere.com)

2. Pohon Kurma

Contoh Tumbuhan Xerofit selanjutnya Pohon kurma yang bisa bertahan hidup di daerah yang kering dan tandus sekalipun. Pohon kurama banyak tumbuh di negara Arab atau Negara Timur Tengah yang sebagain besar wilayahnya merupakan padang pasir/gurun. Pohon kurma memiliki buah yang sering di jadikan manisan dan memiliki rasa yang enak untuk di konsumsi. Batangnya pohonnya tebal dan memiliki tinggi 10 hingga 30 meter serta bisa menghasilkan buah hingga 100 kg dalam satu pohonnya.

contoh tumbuhan xerofit pohon kurma
pohon kurma (gambar: pxfuel.com)

3. Pohon Buah Naga

Pohon ini menyerupai kaktus, tapi bisa merambat dengan batangnya yang tebal. Pohon buah naga saat ini banyak di budidayakan karena bisa menghasilkan buah yang dapat di konsumsi karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

pohon buah naga

4. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya sering disebut juga aleo vera, tanaman banyak sekali jenisnya diperkirakan lebih dari 4000 jenis dan terbagi menjadi beberapa anak suku. Tanaman ini memiliki ciri berdaun tebal dan berlapis lilin, saking banyak jenisnya banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias hingga ada yang bisa digunakan sebagai tanaman herbal. Kita sering menemukannya yang berjenis lidah buaya Aloe barbadensis Miller. Lidah buaya jenis Aloe barbadensis Miller ini sering dimanfaatkan untuk bahan dasar kosmetik kecantikan hingga obat herbal.

Lidah Buaya Aloe barbadensis Miller

5. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman lidah mertua atau Sansevieria yang populer ini sering di tanam untuk hiasan rumah baik indood atau outdor. Tanaman ini perawatannya sangat mudah tidak terlalu membutuhkan banyak air dan hanya membutuhkans edikit pencahayaan saja. Lidah mertua banyak jenisnya tapi cirinya yang umum berdaun keras dengan ujung meruncing, dna termasuk tanaman sekulen.

sansevieria lidah mertua
Lidah mertua (Gambar: pixabay.com)

6. Pohon Palem

Pohon palem sering ditaman di tempat yang gersang karena daya tahannya yang cukup baik. Pohon palem memiliki berbagai macam jenis, tapi ciri umumnya seperti daunnya yang panjang dan tidak mudah gugur, lalu akarnya yang serabut banyak, dan tidak memiliki ranting. Ada beberapa jenis palem yang sering dijadikan sebagai tanaman hias karena perawatannya yang mudah.

palem trees
pohon palem (gambar: hippopx.com)

7. Adenium

Tanman yang sangat populer ini banyak di pelihara untuk hiasan. Adenium sendiri merupakan nama ilmiah untuk tumbuhann berjenis kamboja. Seperti tanaman adenium Obisum yang dapat tumbuh di daerah gersang karena dapat menimpan cadangan air dalam batangnya, lalu adenium obisum juga memiliki bunga yang cantik pada setiap cabangnya, maka tak heran banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Adenium
adenium (gambar: pixabay.com)

Akhir kata, itulah beberapa contoh tumbuhan xerofit beserta pengertian, dan ciri-cirinya secara umum. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan, cukup sekian pembahasan ini dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.