10 Contoh Tumbuhan Hidrofit: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Beradaptasi

Posted on

Mengenal pengertian dan contoh tumbuhan hidrofit yang ada di sekitar kita – Banyak sekali jenis tumbuhan di bumi, mulai yang hidup dan tumbuh di darat hingga di air. Lalu pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tumbuhan yang bisa bertahan hidup di air, dan beberapa contohnya yang ada di sekitar kita yang mudah di temukan.

A. Definisi Tumbuhan Hidrofit

Singkatnya pengertian tumbuhan hidrofit adalah jenis tumbuhan yang beradaptasi dan bisa pertahan hidup di air atau daerah ber-air. Tumbuhan ini mengalami adaptasi, biasanya dapat kita temukan di daerah sungai, pantai, hingga pinggir-pinggir danau. Salah satu tumbuhan hidrofit yang memiliki manfaat yaitu pohon bakau karena dapat mencegah abrasi di pesisir pantai.

B. Ciri-Ciri Tumbuhan Hidrofit

1. Hidup Di Daerah Ber-Air

Maksudnya tanaman hidrofit ada yang hidup di dalam air, ada yang akarnya atau sebagian bagian tanamnnya selalu tergenang air, ada juga yang terapung di air. Jadi intinya tempat tumbuhnya selalu di daerah yang ber-Air.

2. Memiliki Daun Yang Lebar

Pada umumnya tanaman hidrofit selalu memiliki dain yang lebar, hal ini berguna untuk memudahkannya mengapung di dair, seperti bunga teratai.

3. Batang Berongga

Ciri-ciri tumbuhan hidrofit selanjutnya memiliki batang berongga atau terlihat seperti menggembung hal ini berguna untuk memudahkannya mengapung di air.

4. Memiliki Akar Yang Banyak

Akarnya banyak, hal ini memudahkannya untuk menyerap air sehingga dengan mudah menyebarkannya ke daun. Ada juga akar yang lebat dan menancap kuat seperti pohon bakau.

C. Cara Tumbuhan Hidrofit Beradaptasi

1. Jenis Tanaman Air berbunga

Dalam proses penyerbukannya tanaman air yang memiliki berbunga selalu memekarkan bubunganya di atas permukaan air, hal ini supaya serangga seperti lebah dapat membantu proses penyerbukan. Baca Juga: Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya serta Proses Penyerbukan

2. Batang berongga

Dengan adaptasi ini membuat beberapa tanaman air bisa dengan mudah mengapung di atas permukaan air sehingga tidak tenggelam.

3. Bentuk Daun

Sebagian besar tanaman hidrofit memiliki bentuk daun yang tipis dan lebar, hal ini berguna juga untuk membuatnya tetap mengapung di atas air.

Baca Juga: Pengertian Adaptasi Dan Jenisnya Beserta Contohnya

Baca Juga: 7 Contoh Tumbuhan Xerofit: Pengertian dan Ciri-Cirinya

D. 10 Contoh Tumbuhan Hidrofit

Berikut di bawah ini beberapa contoh tanaman hidrofit yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita, misalnya:

1. Bunga Teratai

Tanaman teratai merupakan jenis tumbuhan air suku Nymphaeaceae, teratai sering disebut juga water lily. Teratai memiliki bunga indah yang mekar di atas permukaan air, daunnya yang tipis dan lebar membuatnya tetap mengapung di atas permukaan air, dan habitatnya bisa di temukan di per-airan tawar yang dangakal. Banyak orang yang menggunakan teratai sebagai hiasan terutama hiasan kolam buatan.

contoh tumbuhan hidrofit teratai air
Teratai (sumber: pixabay.com)

2. Eceng Gondok

Contoh tumbuhan hidrofit yang mudah ditemukan yaitu eceng gondok. Tanaman ini sering dianggap sebagai hama, karena perkembangannya yang sangat cepat yag dapat menutupi permukaan air sehingga sinar matahari terhalang masuk ke dalam air. Meski sering disebut hama banyak orang yang menjadikannya penghias kolam buatan karena ecenggondok dapa berbunga cukup indah. Eceng gondok sendiri memiliki ciri daun yang lebar, batang menggembung, dan sering di temukan di perairan tawar yang dangkal seperti sawah, kolam ikan, hingga pinggir danau.

eceng gondok
Eceng gondok (sumber: pixabay.com)

3. Kangkung Air

Tanaman yang sering dikonsumsi ini sering digolongkan kedalam jenis tumbuhan hidrofit karena memiliki ciri batang berongga dan bisa bertahan hidup di daerah tergenang air. Banyak petani yang membudidayakannya karena bernilai ekonomis. Kangkung juga selain bisa tumbuh di air bisa juga tumbuh di darat.

kangkung air (sumber: pertanianku.com)

4. Bambu Air

Tanaman ini bentuknya menyerupai batang pohon bambu yang ada di daratan tapi memiliki ukuran yang pendek dan berdiameter kecil. Bambu air sering dijadikan tanman hias, bisa bertahan hidup di tempat yang tergenang air, dan memiliki beragam jenis.

tanaman hidrofit  bambu air
bambu air (sumber: piqseles.com)

5. Amazon Frogbit

Amzon frogbit merupakan jenis tanaman berukuran mini yang dapat mengapung di atas air, dengan ciri berdaun bulat, akar serabut, dan berkembang dengan rimpang. Tanamn ini perkembangbiakannya cepat, saat ini amazon frogbit banyak digunakan untuk tanaman hias kolam, aquascape, dan lain-lain.

amazon frogbit
amazon frogbit (sumber: pixabay.com)

6. Pohon Bakau/Mangrove

Pohon bakau disebut juga sebagai pohon mangrove, merupakan tanaman berakar banyak yang mampu menancap kuat di pesisir pantai. Bakau bisa ditemukan di perairan payau. Pohon bakau bermanfaat untuk mengurangi dampak abrasi (terkikisnya pantai oleh air laut) hingga bermanfaat untuk penghijauan.

contoh tanaman hidrofit pohon bakau
Pohon bakau atau mangrove (sumber: pixabay)

7. Apu-Apu

Tanaman apu-apu bisa di temukan di perairan dangkal dan berarus tenang. Sama seperti amazon frogbit tanaman ini memiliki daun yang lebar dengan akar serabut yang banyak sehingga mampu mengapung di air. Meski banyak yang mengangapnya sebagai tanaman hama, tapi saat ini banyak yang menjadikan apu-apu sebagai hiasan kolam buatan, aquascapr, hingga aquarium.

apu-apu
apu-apu (sumber: pixabay.com)

8. Ganggang Air Tawar

Tidak semua tanaman air itu berdaun lebar, misalnya seperti ganggang air ini yang memiliki daun berbentuk jarum, yang bisa membuatnya hidup di dalam air atau mengambang dengan bebas di air, karena bentuknya yang unik ini lah banyak pencinta aquascape dan ikan hias menjadikannya sebagai tanaman hias.

ganggang air

9. Genjer

Genjer merupakan salah satu contoh tanaman hidrofit yang tumbuh di rawa-rawa atau area pesawahan dan memiliki bunga berwana kuning, jika dalam bahasa internasional sering disebut limnocharis. Masyarakat Indoensia sering mengkonsumsi genjerdimasak dengan cara di oseng atau di jadikan lalapan.

Genjer (sumber: thegorbalsla.com)

10. Salvinia Molesta (Kiyambang)

Salvinia molesta adalah sebuah tumbuhan air yang mengampung dengan akarserabut yang banyak atau tanaman ini sering disebut dengan Kiambang. Tumbuhan kiyambang termasuk kedalam jenis tanaman paku-pakuan, lebih tepatnya tanaman paku air yang bisa dengan mudah di temukan mengapung di perairan dangkal dan tenang, seperti kolam, sawah, rawa, hingga danau dangkal. Petani sering menganggap tanaman ini sebagai hama yang mengganggu tanaman padi di sawah.

Kiyambang (sumber:idtools.org)

Akhir kata, jadi tumbuhan yang beradaptasi dan mampu bertahan hidup di air atau di darah ber-air disebut sebagai tumbuhan hidrofit, tumbuhan ini memiliki ciri tersendiri seperti daun yang lebar, akar yang banyak hingga batang yang berongga. Itulanh pengertian dan beberapa contoh tumbuhan hidrofit yang hidup di lingkungan sekitar kita, semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.